Wajib Jeli! 10 Trik Super Mudah Memilih Pakaian yang Bagus dan Berkualitas

cek kualitas baju
Source : brightside.me

Ketika membeli pakaian baru, tas, atau aksesoris lainnya, Kawan Muda tentunya ingin membeli yang kualitasnya bagus, dong. Masa iya sih kamu mau membeli barang yang  baru dipakai beberapa kali saja sudah robek, aus, atau bahkan pudar warnanya setelah dicuci? No way!

Namun pada kenyataannya, sering banget kita mengalami zonk saat membeli baju baru. Kita pun harus menerima kenyataan pahit bahwa baju baru tersebut hanya bisa bertahan dalam waktu yang singkat. Sedihnya lagi kalau harganya mahal, ugh, berapa uang yang terbuang percuma!

Nah, biar besok-besok Kawan Muda enggak zonk lagi saat beli pakaian baru, Kita Muda punya beberapa trik mudah untuk mengetahui apakah pakaian atau barang tersebut berkualitas atau tidak. Yuk, langsung saja disimak tips-nya.

1. Untuk mengetahui kualitas bahan katun, genggam dan remaslah pakaian tersebut selama beberapa detik. Jika kainnya menjadi kusut seperti gambar di bawah ini, mereka akan menjadi kasar setelah pencucian pertama. Ada baiknya kamu tidak membelinya.

cek kualitas baju
via: brightside.me

2. Kamu juga harus memeriksa jahitannya dengan menarik masing-masing sisi yang dijahit. Jika ada celahnya, wah, jangan pernah membeli pakaian tersebut! Karena pakaian yang kualitasnya bagis enggak akan ada celah jahitan ketika ditarik.

cek kualitas baju
via: brightside.me

3. Pastikan untuk membeli pakaian atau aksesoris dengan risleting logam yang tersembunyi. Yup, risleting plastik yang terbuka seperti gambar di bawah ini, mudah sekali pecah/rusak.

cek kualitas baju
via: brightside.me

4. Pakaian yang berkualitas biasanya memiliki jahitan keliman atau jahitan tepi selebar 2-4 cm.

cek kualitas baju
via: brightside.me

5. Pakaian yang kualitasnya baik itu saat ditarik akan kembali ke ukuran semula, bukannya makin melar, hehe. Kalau melar ya bisa dipastikan kualitas kainnya buruk.

cek kualitas baju
via: brightside.me

6. Ketika membeli pakaian yang ada risletingnya, coba cek dulu apakah risletingnya memiliki tinggi yang sejajar dan warnanya matching.

cek kualitas baju
via: brightside.me

7. Jangan pernah menyepelekan label karena label bisa berbicara tentang kualitas pakaianmu! Pakaian yang terbuat dari katun 100% lebih mudah menyusut setelah dicuci. Oleh karena itu, pilihlah pakaian pakaian yang terbuat dari campuran bahan lainnya.

cek kualitas baju
via: brightside.me

8. Selalu amati setiap detil barang yang kamu beli seperti pola kain dan warna benangnya. Pastikan pola jahitannya rapi dan dibuat dengan benang yang berwarna sama.

cek kualitas baju
via: brightside.me

9. Kemudian perhatikan juga lubang kancingnya. Kelihatannya sepele, sih, tapi dari jahitan kancing dan lubang kancing bisa kelihatan, lho, mana baju yang berkualitas dan mana yang enggak.

cek kualitas baju
via: brightside.me

Itulah cara mudah yang bisa Kawan Muda praktikkan untuk mengetahui kualitas pakaian atau aksesoris yang kamu beli. Kalau begini, enggak bakal kena zonk lagi deh pas beli baju. Ya, kecuali Kawan Muda beli online, sih. Itu sudah beda cerita lagi, hehe.

Selamat mencoba dan semoga tips di atas bermanfaat, ya 🙂

Sumber: Brightside.me