Pengin Hubunganmu dan Pasangan Mesra Terus? Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Tidur

Kamu dan pasangan tentunya punya kesibukan masing-masing setiap harinya dan ini membuat komunikasi kalian berkurang. Padahal, komunikasi yang baik (walaupun hanya sebentar) bisa membuat hubungan kalian lebih bahagia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Profesor Richard Wiseman dari University of Hertfordshire, pasangan yang terbiasa melakukan kontak sebelum tidur, lebih bahagia daripada mereka yang tidak melakukan kontak apa pun sebelum tidur.

Supaya hubunganmu dan pasangan awet mesra nih, berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan bersama pasangan sebelum tidur, sebagaimana dilansir dari Brightside.me.

1. Stop bermain smartphone dan atur smartphone-mu ke modus senyap.

via: brightside.me

Jangan mengorbankan komunikasi yang intim dengan pasangan hanya demi kepo media sosial orang lain atau balas chat di grup. Ini bisa menimbulkan perdebatan hingga kecemburuan dalam hubungan kalian.

Kalau sudah di tempat tidur, ya, alangkah baiknya singkirkan smartphone-mu dan pasang modus senyap jika perlu.

2. Jangan membawa pembicaraan yang harusnya dibicarakan di kantor ke rumah.

via: brightside.me

Mungkin kamu pengin banget curhat tentang pekerjaan ke pasangan. Namun, kamu bisa melakukannya di luar jam tidur, kan? Sepulang kerja atau saat santai sambil nonton TV mungkin?

Agar tidur kalian nyenyak dan stres hilang, bicarakan hal-hal menyenangkan saja. Jangan bercerita tentang pekerjaan, masalah keuangan, atau hal-hal  lain yang bisa membuat pasangan khawatir.

3. Tidurlah di waktu yang sama dengan pasangan.

via: brightside.me

Menurut Kurt Smith, terapis pernikahan, kebiasaan tidur beda waktu dengan pasangan sebisa mungkin harus dihindari. Apalagi kalau kamu dan suami “berpisah” seharian karena keduanya bekerja.

Tidur di waktu yang sama menjadi momentum yang pas untuk menyapanya dan mengajaknya mengobrol sedikit sebelum tidur.

4. Luangkan waktu mengobrol minimal 10 menit sebelum tidur.

via: brightside.me

Pasangan yang bahagia pasti akan menyempatkan waktunya untuk ngobrol dari hati ke hati dengan pasangannya sebelum tidur. Entah itu membicarakan harapan kalian kedepannya atau saling bertukar pikiran.

Namun ingat, hindari pembicaraan yang berat atau negatif seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya.

5. Pisahkan kamar kalian dengan kamar anak agar momen kemesraan tidak terganggu.

via: brightside.me

Menurut psikolog Michael Viner-Davis, kalian hanya boleh tidur dengan anak ketika mereka mengalami mimpi buruk saja! Selebihnya, usahakan kamar menjadi tempat yang intim untukmu dan pasangan.

6. Memberikan pijatan yang menenangkan sebelum tidur.

via: brightside.me

Dibanding menghujani pasangan dengan curhatan tentang hal-hal yang sebenarnya enggak penting dan bisa bikin dia makin senewen, lebih baik kamu memberikan pijatan yang bisa membuatnya rileks.

Entah itu di pundak, tangan, atau kakinya. Cara ini sangat dianjurkan para spesialis dari National Foundation of Sleep karena terbukti bisa mendekatkan pasangan dan membantunya menyingkirkan kecemasan sebelum tidur.

7. Berikan pelukan dan ciuman hangat, serta jangan lupa mengucapkan ‘I Love You’ atau pujian lainnya.

via: brightside.me

Mungkin kamu berpikir ini sangat sepele dan klise. Namun ritual sepele ini bisa mempererat hubungan kalian. Menurut Psikolog Ryan Howes nih, ketika kamu melakukan melakukan ritual ini dengan pasangan, mereka akan merasa terus dicintai. Tidur sambil memeluk pasangan juga menjauhkan hubunganmu dari masalah.

Meskipun bukan perkara mudah, mempertahankan rumah tangga yang harmonis dan mesra ternyata bisa diusahakan melalui cara-cara sederhana di atas, kan?

Apa ruginya, sih, meluangkan waktu minimal 10 menit sebelum tidur untuk berkomunikasi dengan pasangan? Selamat mencoba dan semoga hubunganmu awet romantis, ya, Kawan Muda 🙂