Hari gini bau kaki sudah enggak zaman! Yuk, rendam kakimu di cairan ini biar enggak tengsin lagi!

Masalah bau kaki memang sangat menjengkelkan dan terkadang membuat orang menjadi minder. Yup, apalagi kalau kamu harus membuka sepatu di tempat umum. Tengsin kan kalau baunya menyebar kemana-mana. Apa yang bakal dipikirin orang-orang tentangmu? Wew, jangan sampai deh ya diomongin jelek di belakang

Nah, bau kaki disebabkan bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu dan ini bisa menimpa siapa saja, sehingga perlu upaya untuk mengantisipasinya.


Baca Juga: Punya followers terbanyak di Instagram, Selena Gomez bisa raup hingga Rp 7,3 M sekali posting iklan! Amaziiiing…


Ada banyak cara untuk menghilangkan bau kaki, salah satunya adalah mencuci kaki dengan antiseptik atau cairan khusaus yang bisa menghilangkan bau kaki. Kali ini Kita Muda bakal share resep cairan khusus tersebut, seperti yang dilansir dari Hipwee.com. Yuk lah, langsung saja kita lihat cara membuat dan mengaplikasikannya.

1. Rendam kakimu selama 20 menit di air hangat yang telah diberi garam dapur.

via: healthcap.com

Merendam kaki dalam air hangat yang telah dicampur garam dapur akan menghilangkan bakteri yang bersarang di kaki. Selain itu, cara ini sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan bisa mengatasi kaki kering atau pecah-pecah juga, lho.

Cara membuatnya mudah kok, campurkan saja air hangat dengan garam secukupnya. Rendam kaki selama 20 menit, sikatlah dengan lembut lalu bilas deh.

2. Kandungan vitamin C pada lemon bisa membantu mengelupas sel kulit mati sehingga mengurangi bau kaki.

via: bestshoes2016.com

Buah yang satu ini memang terkenal akan khasiatnya, salah satunya nih menghilangkan bau kaki. Yup, air lemon akan mengelupas sel-sel kulit mati (penyebab bau kaki) yang menumpuk di kaki. Nah, yang kamu butuhkan untuk membuat air lemon ini adalah 2 buah lemon berukuran sedang dan air hangat.

Peras air lemon dan campurkan dengan air hangat beserta dengan sisa potongan lemon yang sudah diperas. Rendam kakimu selama 15—20 menit, sambil sesekali digosok halus dengan sisa potongan lemon tadi. Kalau sudah, bilas kaki hingga bersih dan keringkan.

3. Wow, teh mengandung antibiotik alami, lho. Coba deh, rendam kakimu dalam air teh selama 15 menit.

via: remediesandherbs.com

Teh mengandung asam tanin yang ampuh menyempitkan pori-pori kulit, sehingga dapat mengurangi keringat di kaki. Tak hanya itu, teh merupakan antibiotik alami yang bisa membunuh bakteri di kaki.

Untuk membuat air rendaman ini, pertama-tama rebus dua kantung teh hitam selama 15 menit. Setelah matang, pindahkan air tersebut di baskom atau ember dan beri air dingin pada air teh tadi. Rendam kakimu selama 15 menit sambil disikat lembut.

4. Scrub kaki dengan soda kue juga bisa mengangkat sel kulit mati pada kaki yang menjadi penyebab bau kaki.

via: losingweightdone.com

Soda kue bisa dijadikan scrub alami untuk kaki, lho. Kamu hanya perlu mengoleskan soda kue yang telah dilarutkan dengan air di kaki lalu gosok dan pijat sesekali kakimu. Setelahnya, kamu bisa merendam kaki selama 20 menit di air hangat yang telah dicampur soda kue.

5. Punya cuka kan di rumah? Jangan dianggurin, karena cuka bisa usir bakteri penyebab bau kaki…

via: remediesandherbs.com

Cuka biasa maupun cuka apel, keduanya bisa membantu mengatasi permasalahan bau kaki. Bahan satu ini memang mengandung zat anti bakteri dan anti jamur yang sangat tinggi.

Untuk menghilangkan bau kaki dengan cara ini, kamu hanya perlu merendam kaki selama lebih kurang 20 menit di dalam air hangat yang telah di campur cuka.


Baca Juga: Serangan jerawat di bagian-bagian tersembunyi? Jangan geregetan, atasi dengan cara mudah ini!


Nah, itulah cara mudah dan efektif untuk mengatasi masalah bau kaki. Apabila Kawan Muda rutin melakukan tips di atas, dijamin deh enggak bakal tengsin lagi kalau harus membuka sepatu di tempat umum. Selamat mencoba di rumah, Kawan Muda 🙂