Mengalami berbagai macam keluhan kesehatan, tak selalu dibutuhkan bantuan medis. Memang, kita tidak boleh menyepelekan sebuah penyakit karena jika penyakit tersebut ternyata berbahaya, kita juga kan yang menyesal di kemudian hari.

Namun, apabila keluhan kesehatan yang Kawan Muda rasakan tidak terlalu serius, kamu tidak perlu pergi ke dokter. Karena ada beberapa pengobatan alami yang bisa Kawan Muda coba di rumah. Pengobatan rumah ini dijamin aman dan efektif sehingga kamu akan merasa lebih baik setelah mencobanya.

Dilansir dari Brightside.me, berikut 7 pengobatan alami di rumah yang patut Kawan Muda coba jika mengalami keluhan serupa.

 1. Sakit punggung

via: brightside.me
  • Kalau Kawan Muda punya keluhan sakit punggung, mintalah seseorang untuk memijat lembut di di daerah yang berada tepat di bawah pinggang dan di atas pinggul. Gunakan alkohol atau minyak cendana untuk memijat punggungmu. Oh ya, sebelum dipijat pastikan bersihkan bagian punggungmu terlebih dahulu ya.
  • Kamu juga bisa mengompres daerah yang sakit dengan handuk panas kemudian handuk dingin. Cara ini dinamakan terapi heat and cold. Untuk handuk panas, masak 1 liter air, ¼ liter cuka, dan 2 sdm minyak rosemary. Celupkan handukmu dalam cairan tersebut lalu kompres di bagian yang sakit. Lanjutkan dengan mengompres daerah tersebut dengan handuk dingin—es yang dibungkus dengan handuk lalu diletakkan di bagian yang sakit.

2. Sakit kepala

via: brightside.me
  • Jika mengalami sakit kepala, berbaringlah sejenak dan gosok-gosokkan es batu secara perlahan-lahan pada bagian kening, samping kepala, dan bagian belakang kepala.
  • Kawan Muda juga bisa mengonsumsi kentang. Ya, kekurangan kalium dalam tubuh bisa memicu sakit kepala dan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium akan melancarkan peredaran darah sehingga bisa menghilangkan rasa sakit.
  • Mengonsumsi teh peppermint atau teh chamomile hangat juga bisa menenangkan saraf yang tegang sehingga mengurangi rasa sakit di kepalamu.
  • Atau kamu bisa menghilangkan rasa sakit dengan memberikan pijatan lembut pada bagian leher, kulit kepala, bahu, dan pelipis.

3. Hidung tersumbat

via: brightside.me
  • Hidung tersumbat bisa diatasi dengan menghirup uap air rebusan daun kayu putih. Kamu juga bisa menghirup uap air panas biasa.
  • Kalau kondisi belum membaik, konsumsilah madu dan cuka apel. Cara membuatnya cukup mudah, campurkan segelas air dengan 2 sdm cuka apel dan 2 sdm madu. Biarkan dulu 3 selama menit sebelum diminum.

4. Eksim

via: brightside.me
  • Penyakit kulit yang menyebalkan ini bisa kamu atasi dengan salep oatmeal. Cara membuatnya cukup mudah kok. Masak 500 gram oatmel dan 1 liter air selama beberapa menit. Diamkan sampai dingin baru oleskan di daerah yang meradang.

5. Migrain

via: brightside.me
  • Percaya atau enggak, migrain bisa kamu atasi dengan bantuan kulit pisang, lho. Pertama-tama, percikan alkohol ke kulit pisang lalu kompreskan di wajahmu selama 30 menit. Kulit pisang ini akan menyerap racun dan mengurangi rasa sakit.
  • Kopi hitam tanpa gula atau teh chamomile juga bisa meringankan rasa sakitmu, lho.
  • Selain itu, makan 100 gram kacang almond setiap hari bisa mengurangi risiko terkena migraine.

6. Sembelit

via: brightside.me
  • Kalau tidak segera diatasi, sembelit bisa berakibat fatal dan menyebabkan kematian, lho. Nah, untuk mengatasinya Kawan Muda bisa memijat perutmu setiap hari dengan minyak zaitun. Pijatlah dengan gerakan memutar.
  • Makanlah apel tanpa kulit yang sudah direbus untuk membantu melancarkan pencernaan.
  • Selain itu, mengonsumsi jus jeruk dan kiwi di pagi hari saat perutmu masih kosong juga merangsang pencernaan dan meringankan sembelit.

7. Batuk, demam, dan flu

via: brightside.me
  • Ramuan sederhana yang bisa kamu buat untuk mengobati keluhan ini adalah jus jeruk asli. Minumlah jus jeruk setiap hari saat sarapan untuk menyembuhkan flu dan mencegah dirimu terkena penyakit flu.
  • Jika batuknya menjadi, konsumsilah sirup jeruk dan lemon. Untuk membuatnya, didihkan 2 cup air perasan lemon dan 7 sdm madu selama 1,5 jam. Setelah matang, diamkan dingin dulu baru simpan dalam jar atau botol. Minumlah 2 sdm sirup tersebut setiap jam-nya di hari pertama. Pada hari-hari berikutnya, minumlah sirup tersebut 1 sdm setiap 3 jam sekali.

Nah, itulah beberapa jenis pengobatan di rumah yang bisa Kawan Muda terapkan. Sederhana memang, tapi khasiatnya luar biasa, lho, untuk menyembuhkan penyakit-penyakit di atas. Selamat mencoba, Kawan Muda 🙂