6 kesalahan yang paling sering dilakukan di kamar mandi. Kamu pernah?

Source : find-way.net

Kita semua tahu bahwa mandi adalah salah satu hal yang wajib dilakukan setiap harinya agar badan tetap segar dan sehat. Ritual ini tampaknya sangat sederhana dan mudah ya, sehingga tak memerlukan latihan khusus untuk bisa masuk kamar mandi.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan di kamar mandi dan mungkin sebagian besar dari kita enggak menyadarinya? Hal ini bisa terjadi karena kita sudah terbiasa mandi dengan cara tersebut dan belum mengetahui dampak buruknya bagi kesehatan.


BACA JUGA: Tak disangka, barang-barang yang akrab banget dengan kita ini ternyata jadi benda paling kotor!


Hemm, kira-kira kesalahan apa saja ya yang sering kita lakukan di kamar mandi?  Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini Kawan Muda!

1. Luluran atau scrubbing setiap hari

via: cosmopolitan.co.uk

Kawan Muda yang cewek-cewek mungkin beranggapan bahwa dengan luluran atau scrubbing setiap hari, tubuh akan menjadi lebih bersih, mengkilap, dan bersinar. Ternyata oh ternyata, anggapan seperti ini ternyata SALAH BESAR! Luluran atau scrubbing setiap hari itu malah membuat kulitmu berminyak dan tipis, sehingga kulit lebih mudah terpapar bakteri serta kotoran. Nah, luluran itu lebih baik dilakukan setiap seminggu sekali.

2. Meletakkan sikat gigi di dekat toilet

via: netdoctor.co.uk

Kawan Muda, jangan sembrono ya meletakkan sikat gigi di dekat toilet. Karena bakteri dan kuman yang berterbangan dari toilet bisa “mengenai” sikat gigimu. Setidaknya, sikat gigi dan toilet itu harus berjarak sekitar enam kaki atau 1,8 meter.


BACA JUGA: 15 kegunaan menakjubkan barang sehari-hari yang belum banyak orang tahu!


Kalau kamu pakai toilet duduk, pastikan untuk selalu menutup dudukan toilet sebelum menekan tombol flush.

3. Tidak memakai alas kaki

via: aliexpress.com

Mungkin Kawan Muda beranggapan bahwa lantai kamar mandi rumah itu bersih dan aman. Padahal, serajin apa pun kamu membersihkannya, lantai kamar mandi itu mengandung setidaknya dua juta bakteri per inci, lho! Karena itu, ada baiknya kamu menggunakan alas kaki ketika masuk ke kamar mandi.

4. Tidak pernah mengganti spon mandi

via: rsvpmagazine.ie

Tahukah kamu kalau spon mandi adalah sarang bakteri? Ratusan sel kulit mati dan bakteri dari tubuh telah bersarang di dalam rongga spon mandi tersebut.


BACA JUGA: Super efektif dan gak pake ribet, ini dia 10 tips pintar packing barang saat liburan!


Nah, dokter kulit menyarankan untuk mengganti spon mandi setiap 3 atau 4 minggu sekali. Meskipun kondisi spon mandi kamu masih bagus, jangan ragu untuk membuangnya, ya!

5. Menggunakan sampo terlalu banyak

via: lavishtrend.com

Menggunakan sampo terlalu banyak itu enggak akan membuat rambut menjadi halus. Minyak alami dalam rambut bisa hilang saat kamu terlalu banyak memakai sampo. Akibatnya, rambutmu akan jadi lebih kering. Selain itu, saat menggunakan sampo terlalu banyak dan kurang bersih membilasnya, sisa-sisa sampo bisa menyebabkan ketombe.

6. Menggosok gigi di bawah pancuran

via: bustle.com

Supaya bisa menghemat air, sebagian besar orang biasanya menggosok gigi dan keramas secara bersamaan. Namun, hal ini ternyata enggak boleh dilakukan, lho!


BACA JUGA: 10 kejorokan di kamar mandi yang sering kamu lakukan tanpa sadar


Menurut Timothy Chase, menggosok gigi di bawah pancuran air yang masih menyala deras di bawah kepala itu akan membuatmu kurang fokus pada proses menggosok gigi (yang menyebabkan gigi kurang bersih).