7 benda sehari-hari yang belum disadari kegunaanya oleh orang awam

Berbagai macam benda di sekeliling kita pasti memiliki fungsinya masing-masing. Seperti dompet untuk menyimpan uang, smartphone untuk alat komunikasi, piring untuk makan, gelas untuk minum dan lain sebagainya.

Tapi tau nggak sih, ada sejumlah benda yang kita kira hanya sebagai hiasan saja ternyata memiliki fungsi penting?! Kita mungkin familiar sekali dengan benda-benda ini, tapi kita nggak tahu alasan sebenarnya mereka ada di situ atau berbentuk seperti itu.

 

BACA JUGA: 

 

Kawan Muda penasaran benda-benda apa sajakah itu?! Mari kita lihat satu per satu:

1. Garis dan titik yang menonjol di huruf “F” dan “J” pada keyboard laptop atau komputer.

via: wonderfulengineering.com

Garis dan titik yang menonjol pada tombol keyboard tertentu ternyata memiliki fungsi yang sederhana. Kawan Muda pernah dengar tentang teknik mengetik sepuluh jari? Mengetik sepuluh jari adalah cara mengetik cepat dengan memanfaatkan sepuluh jari-jari kita dan tanpa melihat keyboard.

Nah, tonjolan di huruf “F” dan “J” tersebut membuat penggunanya secara akurat memposisikan tangannya ketika mengetik tanpa harus melihat keyboard.

2. Kancing logam pada saku celana jeans.

via: elitereaders.com

Mungkin sebagian besar orang menganggap kancing logam atau rivets yang ada pada celana jeans hanyalah dekorasi untuk mempercantik celana jeans kita. Ternyata nih, kancing tersebut berfungsi mengamankan bagian dari pola jeans untuk mencegahnya rusak.

 

BACA JUGA: 8 barang yang sering cewek pinjem dari cowoknya yang kayaknya enggak bakal dikembaliin

 

Jadi, dulunya jeans dirancang sebagai pakaian kerja untuk para tukang atau penambang. Biasanya nih, para penambang suka menyimpa alat-alat kerja dan paku di kantongnya sehingga nggak jarang saku celana mereka sering robek. Untuk mengindari ini, dipasanglah kancing logam pada ujung saku celana jeans.

3. Logam di bagian bawah stapler.

via: sun-gazing.com

Ternyata nih ada sedikit rahasia tersembunyi dalam logam yang terdapat di bagian bawah stapler. Logam tersebut sebenarnya memiliki fungsi untuk melebarkan atau memperpanjang hasil dari staples.

Nah untuk mengetahuinya, yang perlu kamu lakukan adalah sedikit memutar logam tersebut sebelum menggunakannya. Lalu, coba kamu gunakan staplernya dan lihat hasilnya. Hehe, Kawan Muda akan menemukan sebuah trik sederhana baru.

Biar nggak bingung, Kita Muda kasih videonya ya…

https://youtu.be/nHmZlINvWIc

4. Lubang dan gerigi pada ujung roll meter atau meteran.

via: brightside.me

Kawan Muda tahu kan meteran yang digunakan untuk mengukur kayu yang bisa digulung? Diujungnya pasti terdapat semacam logam yang ada lubanya dan bergerigi. Lubang yang ada ternyata dapat dimanfaatkan untuk pengukuran jauh dan nggak ada yang membantu memegang meteran.

 

BACA JUGA: Dari meja billiard sampai celana dalam! Ini nih 10 barang “unik” selebriti Hollywood yang pernah dilelang!

 

Kamu bisa menancapkan paku di lubang tersebut dan memakunya di permukaan yang akan diukur. Kalau fungsi gerigi yang ada di meteran adalah sebagai alat bantu untuk menandai hasil ukuran saat kamu lupa nggak bawa pensil.

5. Lubang di antara lensa kamera dan flash di iPhone.

via: cultofmac.com

Hayo, yang punya iPhone coba balik dan lihatlah ke arah kamera. Kamu pernah ngeh nggak apa sih lubang yang ada di tengah-tengah lensa kamera dan flash iPhone milikmu? Hiasan aja buat pembatas keduanya?

Hehe, buat yang belum tahu Kita Muda kasih tahu ya jawabannya: itu adalah mikrofon kedua. Alat ini sangat membantu saat kamu ingin merekam sesuatu dan nggak ingin hasilnya noise karena suara-suara di sekitarmu. Mikrofon ini akan mengurangi kebisingan dan membuat hasil rekamanmu lebih jelas.

6. Fungsi tanda panah pada indikator pengukur bahan bakar di mobil.

via: viralthread.com

Terdapat beberapa mobil yang menambahkan gambar anak panah pada indikator bahan bakarnya. Hmm, apa kaitannya ya tanda panah dengan indikator bahan bakar? Ternyata nih, fungsi  gambar anak panah tersebut adalah untuk mengetahui letak tangki bahan bakar mobil tanpa harus melihat ke luar.

7. Bagian yang lengket pada sticky notes atau post notes.

via: tinkurlab.com

Kawan Muda yang suka pakai sticky notes untuk menulis agenda atau menempelkan pesan, pasti paham betul bahwa kegunaan bagian yang lengket adalah untuk menempelkan sticky notes tersebut. Tapi, pernah nggak sih sticky notes kamu gagal nempel atau suka jatuh-jatuh karena nggak merekat di permukaan?

 

BACA JUGA: Tak disangka, barang-barang yang akrab banget dengan kita ini ternyata jadi benda paling kotor!

 

Kalau kamu mengalami hal tersebut, ada baiknya kamu mengubah arah saat ingin mengambil sticky notes. Biasanya, kamu merobeknya dari bagian yang nggak ada lemnya kan? Sekarang coba ubah sebaliknya, kamu ambil sticky notes dari bagian yang ada lemnya. Voila, sticky notes-mu nggak akan jatuh-jatuh lagi deh karena nggak merekat.