5029 views

7 manfaat tersembunyi dari minuman bersoda yang membuat kamu mikir-mikir lagi untuk meminumnya!

Siapa sih yang nggak suka minum soda, apalagi saat cuaca panas dan kamu butuh yang segar-segar. Sekaleng atau sebotol soda akan menyegarkan tenggorokanmu. Tapi, sudah bukan rahasia umum lagi ya kalau minuman favorit banyak orang ini jika dikonsumsi terlalu sering memiliki efek yang buruk bagi tubuh.

Kandungan pemanis buatan dan pewarna dalam soda jika dikonsumsi terlalu banyak akan membahayakan tubuh. Hmm, tapi kamu tahu nggak sih ternyata nih selain bisa kamu nikmati, minuman bersoda juga memiliki manfaat lain yang luar biasa mengejutkan!

 

BACA JUGA: Tak disangka, barang-barang yang akrab banget dengan kita ini ternyata jadi benda paling kotor!

 

Daripada Kawan Muda penasaran, yuk kita lihat manfaat menakjubkan dari minuman bersoda (dalam kehidupan sehari-hari) berikut ini:

1. Kandungan asam fosfat pada cola dapat menghilangkan karat

via: tips.life

Asam fosfat adalah bahan aktif penting yang digunakan dalam produksi cola karena dapat memberikan rasa yang tajam. Nah, asam fosfat ini memiliki PH 2,8 atau tingkat keasaman yang lebih besar dari cuka atau lemon juice lho.

Tingkat keasaman tersebut nggak hanya memberikan rasa enak pada minuman cola saja, kamu bisa menghilangkan karat dengan cairan tersebut. Caranya, rendam paku dalam cola dan biarkan hingga 4 hari. Hasilnya menakjubkan, cairan cola bisa menghilangkan sebagian besar karat yang ada di paku, lho!!

2. Menghilangkan noda pada pakaian atau furniture layaknya detergen

via: tips.life

Percaya atau nggak nih Kawan Muda, sekaleng cola dapat membersihkan noda, minyak, dan kotoran pada pakaian atau furniture. Misalnya nih, untuk menghilangkan noda darah pada pakaian, kamu cukup meredam pakaianmu dalam cairan cola sekitar 5 menit saja. Ini bisa kamu terapkan pada noda darah yang sudah kering juga, lho!

 

BACA JUGA: Selain enak kalau dibikin jus, ternyata buah delima juga memiliki 10 manfaat ini

 

Selain pakaian, cola juga dapat membersihkan kotoran pada cermin dan noda di keramik atau porselen. Wah, bisa nih ya bersihin lantai kamar mandi pakai cola!

3. Menghapus dan membersihkan lapisan cat pada logam

via: tips.life

Kalau Kawan Muda punya perabotan yang terbuat dari logam (meja atau kursi) dan ingin mengecat ulang agar terlihat lebih menarik, kamu bisa menghapus cat lama dari kursi atau meja terlebih dahulu menggunakan cola.

Kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk menghapus cat yang ada sedikit demi sedikit atau rendam handuk dalam cairan cola lalu gosok-gosokkan pada barang logam yang ingin kamu hapus catnya.

4. Membantu melancarkan saluran air yang mampet

via: tips.life

Kalau wastafel airnya nggak kunjung surut dan mampet, kamu nggak perlu panik lagi. Dua liter soda akan membantumu menghilangkan kotoran-kotoran yang menyumbat pipa wastafelmu.

 

BACA JUGA: Kamu mudah emosi dan marah-marah tanpa sebab? Mungkin 8 hal ini pemicu utamanya!

 

Caranya gampang banget Kawan Muda, tuangkan perlahan-lahan dua liter soda di lubang wastafel. Nah, kandungan asam yang ada pada soda akan melunturkan lemak-lemak yang menempel pada pipa. Tunggu beberapa jam dan air di wastafelmu nggak akan menggenang lagi.

5. Menjaga bunga agar lebih segar dan awet dalam beberapa hari

via: tips.life

Bunga segar biasanya hanya bertahan sekitar 4—5 hari saja. Hmm, sayang kan kalau bunga dari pacar, hadiah bunga saat wisuda, atau sisa bunga di acara pernikahanmu busuk dalam waktu yang singkat? Padahal, bisa dijadikan pajangan untuk mempercantik sudut kamar atau ruang tamu.

Nah, ternyata soda bisa melakukan sihir agar bunga-bungamu lebih segar dan tahan lama. Kamu hanya membutuhkan ¼ cangkir soda untuk setiap vas bunga. Gantilah air soda secara rutin sebanyak dua atau tiga kali setiap harinya agar bungamu dapat bertahan hingga tiga minggu.

6. Khasiat cola untuk kecantikan

via: tips.life

Kalau Kawan Muda ingin punya kulit cantik dan mengkilap, campurkan saja sedikit cola dalam pelembabmu. Mungkin wajahmu akan terasa sedikit lengket. Tapi, jika rutin menggunakannya kulitmu akan lebih lembab, kenyal, dan mengkilap.

 

BACA JUGA: Tak perlu olahraga berat-berat, karena cukup dengan ketawa aja udah bisa bikin kamu sehat! Ini alasannya…

 

Selain itu, untuk kamu yang suka mewarnai rambut dan mulai bosan dengan warna rambutmu sekarang, kamu bisa menghilangkan warna rambut dengan cola. Cuci rambutmu dengan cola beberapa kali kemudian bilas dengan air sampai bersih.

7. Melepaskan permen karet yang menempel pada rambut, baju, atau perabotan

via: tips.life

Kamu suka mengunyah permen karet dan nggak sengaja nempel di rambut? Melepasnya susah dan kadang kamu harus merelakan sedikit rambut digunting untuk menyingkirkannya.

Nah, sekarang nggak perlu khawatir lagi karena noda permen karet di rambutmu akan hilang setelah rambut direndam dalam cairan cola selama beberapa menit. Kamu juga bisa menghilangkan noda permen karet yang menempel di meja atau dinding lho! Keren kan?