18338 views

5 tradisi keluarga di Indonesia ketika merayakan Natal

“Selamat Natal… Selamat Natal… Selamat Natal… dan tahun baru.”

Menjelang pergantian tahun, Kawan Muda pasti akrab dengan kalimat tersebut. Ya, perayaan Natal (yang jatuh pada tanggal 25 Desember) memang dekat dengan pergantian tahun. Jadi jangan heran kalau si penulis liriknya dulu menggabungkan Natal dan tahun baru dalam satu lagu.

Setiap negara pasti memiliki tradisi yang berbeda dalam mengisi hari Natal. Seperti di India misalnya, di sana pohon Natal tidak terbuat dari pohon cemara, melainkan pohon mangga atau pisang. Lalu rumah mereka akan didekorasi menggunakan daun mangga, dan di atap rumah serta atas tembok terdapat lampu minyak.

Tradisi unik lainnya juga terjadi di Jepang. Di sana, Natal berarti ayam goreng, karena unggas termasuk binatang langka di Jepang. Lalu, bagaimana ya tradisi Natal di Indonesia? Kurang lebih seperti ini:

1. Menghias pohon Natal bersama dengan keluarga atau dengan sahabat terdekat.

via: www.acehardware.co.id

Adalah sebuah kelaziman apabila umat Nasrani di setiap negara melakukannya dengan menghias rumah menggunakan mistletoe serta pohon Natal. Termasuk di Indonesia. Biasanya, mereka melakukannya bersama keluarga atau sahabat terdekat.

BACA JUGA: Kebiasaan orang Indonesia saat Natal

Tradisi menghias pohon Natal menggunakan pohon cemara dimulai pada abad ke-16 di Jerman. Pertama kali pohon Natal dipajang di Negara selain Jerman ialah di Pennsylvania, Amerika Serikat, yakni sekitar tahun 1830-an. Pohon cemara dipilih karena melambangkan hidup kekal, sebab di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara yang senantiasa hijau daunnya.

2. Menonton film-film yang disiarkan oleh televisi.

via: AthenaCinema.com/elf

Natal, kurang lengkap tanpa menonton film bersama keluarga tercinta. Beberapa film yang mungkin bisa Kawan Muda tonton ketika Natal tiba di antaranya ialah: Elf, The Holiday, The Polar Express, Love Actually, Arthur Christmas, A Christmas Story, The Santa Claus, The Grinch Who Stole Christmas, The Family Man, Christmas Vacation, dan banyak lagi lainnya. Kalau Kawan Muda punya referensi yang lebih up to date, mungkin bisa langsung ditulis pada kolom komentar. Hehe.

3. Memasak, membuat kue, dan masak-masak bersama.

via: ResepMakanan-Indonesia.com

Natal ialah saat yang membahagiakan untuk berkumpul bersama keluarga. Ada beragam menu yang bisa Kawan Muda masak mandiri, baik bersama keluarga, saudara, maupun kolega. Beberapa masakan khas Natal tersebut di antaranya ialah Roasted Turkey yang merupakan kalkun panggang dengan tekstur lembut, atau Kaki Kambing yang biasanya dipanggang lama dan diberi bumbu seperti Rosemary. Untuk menemani menu tersebut, terutama Roasted Turkey, Kawan Muda bisa membuat sendiri Cranberry Sauce (saos yang terbuat dari buah cranberi) yang rasanya manis.

BACA JUGA: Biar masak mie instan nggak gitu-gitu aja, resep berikut ini wajib kamu coba!

Untuk camilan, makanan khas Natal biasanya ialah Gingerbread Man yang bentuknya lucu-lucu. Atau mungkin Candy Cane, yang biasanya dipajang di pohon-pohon Natal itu loh. Lalu untuk minuman, yang biasanya khas Natal sih Egg Nog, yakni minuman yang terbuat dari rum, susu dan telur. Kalau Kawan Muda belum pernah meminumnya, maka selamat merasakan sensasi rasa rum dengan rasa manis dari susu. Oh ya, tolong dicatat ya, Egg Nog ini bukan STMJ. Jadi tolong bedakan. Hehe.

4. Memberikan atau saling tukar kado.

via: HuffingtonPost.com

Kalau lagi ngumpul keluarga gitu, biasanya sering ada tradisi tukar kado antar anggota keluarga. Soal isinya, sebetulnya bebas, sih. Apa pun bisa Kawan Muda jadikan kado. Namun yang paling tepat ialah memberikan hal yang ia (orang yang ingin kamu beri kado) sukai.

Tapi kalau Kawan Muda bingung mau mengisinya dengan apa, maka tak ada salahnya juga kalau memberikan mug yang berisi nama orang yang akan kamu beri kado, bisa juga scrapbook yang malah bisa meninggalkan kesan yang mendalam, atau fram foto, bisa pula sarung bantal yang ada gambar foto orang yang ingin kamu beri kado, bisa juga gelang, dan banyak lagi.

5. Berkumpul dan mengabadikan momen bersama dengan menggunakan smartphone andalan.

via: sydney.com

Di era sosial media yang merajalela seperti sekarang, disertai gadget yang makin hari makin canggih saja, maka tentu tak lengkap apabila agenda keluarga isinya hanya kumpul-kumpul saja. Memiliki kesempatan untuk berkumpul dan berserikat bersama seluruh keluarga serta saudara tercinta merupakan momen yang langka, maka sayang sekali kalau sampai tak diabadikan.

infinix zero 4
Foto : Infinix

Untuk mengabadikan foto dengan hasil terbaik ketika sedang berkumpul bersama keluarga di hari Natal dan Tahun Baru, Kawan Muda bisa menggunakan smartphone merek Infinix Zero 4 yang dilengkapi dengan kamera 16MP f/2.0 + 8MP f/2.2.

Bukan cuma hebat di kamera aja, smartphone besutan Infinix ini juga dibekali dengan 8 core 64bit, 32GB ROM + 3GB RAM, 4x sharper zoom / PRO MODE, OIS, dan laser focus.

Kalau Kawan Muda ingin yang lebih keren lagi, gunakan aja smartphone Infinix Zero 4 Plus yang dilengkapi dengan kamera 20.7MP + 13MP f/2.0, pasti deh, dengan spesifikasi kamera seperti ini, hasil fotonya maknyus!!!

Smartphone ini juga dilengkapi dengan Helio x20 10 core tri cluster, 32GB ROM + 4GB RAM, sharper zoom / PRO MODE, OIS, dan laser focus.

Kita Muda sih yakin, fitur-fitur tersebut tentu akan memberikan hasil foto yang sangat memuaskan, sehingga momen kumpul bersama keluarga ketika Natal tiba bisa terabadikan secara sempurna!

BACA JUGA: 10 orang yang WAJIB kamu ‘block’ di sosial media mulai sekarang!

Selain 5 poin di atas, tradisi apa yang biasa Kawan Muda lakukan bersama keluarga dan saudara ketika Natal tiba? Tulis di kolom komentar ya!