Selalu merasa dikejar-kejar waktu? 5 tips ini akan membantumu memaksimalkan setiap menit dalam hidup

‘ARGGH! Kenapa sih sehari cuma 24 jam saja! KURAANG!!’

Waktu yang segitu-segitu saja tapi jadwal menupuk, deadline tugas atau kerjaan sedang sibuk-sibuknya, kadang bisa bikin kita stres tingkat dewa ya. Ada kalanya kita berharap dapat waktu tambahan supaya bisa santai-santai sedikit. Setidaknya pas sudah sampai di rumah masih bisa ngobrol bareng keluarga atau sekedar santai nonton TV (dan nggak ada yang dikerjain lagi!).

Hmm, tapi gimana caranya supaya nggak keteteran terus sama jadwal yang menumpuk begini? Padahal sudah nyicil dikerjain dari kemarin-kemarin tapi belum kelar-kelar juga. Waktu sehari kayaknya lenyap begitu saja dan bahkan nggak bisa menikmati apa pun yang dikerjakan hari itu!

 

BACA JUGA: Sering mengenakan baju baru tanpa dicuci dahulu? Kamu WAJIB tahu fakta menyeramkan ini!

 

Kalau Kawan Muda sedang mengalami hal yang sama, kamu bisa menerapkan 5 tips ini agar bisa mengatur dan memaksimalkan waktumu dengan baik.

1. Buatlah agenda kegiatan yang akan kamu lakukan dalam seminggu ke depan

via: aspiringdocsdiaries.org

Di balik hasil yang memuaskan pasti ada perencanaan yang baik. Coba deh, kamu catat apa saja yang akan kamu lakukan minggu ini. Tulis berdasarkan prioritasnya, kerjakan dahulu yang deadline dan baru mencicil yang lain. Jika ada tugas yang masih jauh dari deadline, lebih baik kamu jangan mencicilnya di hari yang sama dengan tugas-tugas yang sudah dekat deadline.

Ingin sempurna boleh, tapi jangan sampai kamu ngoyo mengerjakan hal yang sebenarnya belum mendesak. Bisa-bisa yang sudah deadline malah keteteran!

2. Alokasilkan waktu dan pasang alarm-mu

via: nowgocook.com

Tentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan kegiatan-kegiatan  yang sudah kamu catat. Di sini kamu harus pintar-pintar nih melihat kegiatan mana saja yang memerlukan waktu lama dan tidak. Jangan sampai ya mengerjakan kegiatan yang sebenarnya bisa dikerjakan dalam waktu satu jam, eh kamu malah kebablasan.

 

BACA JUGA: Kulit kepala terasa nyeri kalau nggak keramas berhari-hari? Mungkin ini penyebabnya…

 

Kalau perlu, kamu bisa pasang alarm sebagai pengingat saat waktumu telah berakhir. Kalau pakai alarm begini, kamu akan merasa dituntut untuk bisa mengerjakan sesuai dengan waktu yang telah dialokasikan.

3. Jauhkan diri dari segala sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian dan fokus, khususnya gadget

via: upi.com

Saat sedang banyak tugas atau pekerjaan, ada saja yang membuat kita salah fokus dan malah beralih mengerjakan hal lain. Nah, godaan tersebut salah satunya datang dari smartphone kamu. Notifikasi chat yang selalu menyala bikin kita pingin cek pesan (dan akhirnya terus-terusan membalas). Belum lagi hasrat untuk buka sosial media!

Alangkah baiknya kamu silent dulu deh notifikasi chat di smartphone kamu atau jika tidak ada hal penting (menunggu telepon penting misalnya)  kamu bisa mematikannya.

4. Belajar berkata tidak pada diri sendiri dan orang lain

via: businessinsider.in

Gampang tergiur melakukan kegiatan di luar jadwal yang sudah kamu atur? Bisa-bisa ini nih yang bikin jadwalmu selama ini berantakan. Kalau memang jadwalmu sudah padat, jangan sampai menyetujui tawaran-tawaran untuk jalan bareng teman atau sekedar melipir ke mall dengan alasan refreshing sebentar. Bukannya malah segar karena jalan-jalan, kamu malah capek dan tugas-tugasmu terbengkalai.

 

BACA JUGA: Diundang ke acara reuni SMA? Yuk, baca 7 tips ini dulu biar reunimu jadi menyenangkan!

 

So, kamu bilang deh ke dirimu sendiri untuk sabar sampai semua tugas kelar. Kamu juga bisa menolak ajakan temanmu untuk sementara waktu.

5. Fokus boleh, tapi jangan lupa curi-curi waktu sedikit untuk meregangkan badan dan pikiran

via: atwillmedia.com

Kamu ingin memaksimalkan waktu sebaik mungkin, jangan sampai ada yang terlewat untuk bersantai-santai ria. Bagus sih niatan kamu, tapi ya jangan sampai serius di depan komputer dan nggak mengalihkan pandangan sama sekali.

Coba sesekali ambil jeda untuk sekedar olah raga ringan (menggerak-gerakkan tangan dan leher) atau menonton TV sebentar. Kalau ada di rumah, jika kamu merasa lelah nggak ada salahnya untuk tidur sebentar. Kalau susah bangun pasang saja alarm atau minta tolong orang rumah membangunkanmu.

***

Ingat Kawan Muda, menyelesaikan tugas-tugas dengan maksimal dan tepat waktu memang penting. Tapi, jangan terlalu menekan dirimu sendiri. Nikmatilah setiap kegiatan yang kamu lakukan dan semuanya akan berjalan dengan lancar.