Ingin tetap sehat meski berada di lingkungan orang-orang sakit? Lakukan 6 hal ini!

Saat musim hujan dan pancaroba, biasanya kita sering terkena dan mudah ketularan penyakit flu. Kalau pun berhasil bertahan, teman-teman yang tumbang akibat flu dan batuk lama-lama membuat kita ketularan juga.

Kuman penyakit flu dan batuk menyebar dengan sangat cepat. Ketika seseorang bersin, batuk, atau bahkan berbicara, mereka menyebarkan tetesan kecil yang berisi virus flu. Virus flu ini akan terbawa udara dan mampu menetap di permukaan keras setidaknya dalam satu hari.

Hmm, coba bayangkan kalau itu menempel di meja atau barang-barang yang kita pakai. Wajar ya kita sudah ketularan meskipun nggak beriteraksi dalam jarak yang sangat dekat dengan orang yang terkena flu.

 

BACA JUGA: Sudah berulang kali diet tapi badan nggak kurus-kurus? Mungkin ini penyebabnya

 

Kalau sudah begini nih, ada 6 hal yang harus Kawan Muda lakukan supaya nggak ikutan ketularan saat semua orang di sekitarmu sakit.

1. Lebih sering cuci tangan setelah memegang barang-barang yang digunakan bersama

via: people.com

Cuci tangan adalah cara terbaik untuk menghilangkan kuman, menghindari sakit, dan mencegah penyebaran kuman ke orang lain. Kalau Kawan Muda memegang barang-barang yang ada di sekitar orang yang terkena flu atau bersalaman dengannya, usahakan untuk mencuci tangan.

Hal ini untuk mencegah kuman yang ada di tangan masuk ke selaput lendir mata dan hidung saat kamu mengusap wajah. Kalau nggak memungkinkan mondar-mandir, kamu bisa kok pakai hand sanitizer yang mengandung alkohol.

2. Hindari kebiasaan menyentuh atau mengusap wajah

via: wallpaperswide.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mata dan hidung adalah akses mudah bagi virus flu untuk masuk ke dalam tubuh.

 

BACA JUGA: 9 tips agar mata yang sering kamu pakai untuk stalking mantan itu bisa jadi sehat lagi

 

Itu sebabnya, saat kamu rajin cuci tangan dan berusaha nggak menyentuh atau mengusap wajah dengan tangan, virus flu akan kesulitan menemukan titik masuk ke dalam tubuh.

3. Bersihkan dan lap meja kerjamu

via: pinterest.com

Kuman-kuman flu bisa hinggap dan tinggal di permukaan meja. Agar menghindari penumpukan kuman dan kemungkinan tertular, rajin-rajinlah untuk membersihkan meja kerjamu. Saat musim flu dan batuk, gunakan desinfektan untuk membersihkannya.

4. Lakukan upaya pencegahan dengan vaksinasi flu

via: techtimes.com

Pencegahan paling efektif bisa kamu lakukan dengan suntik vaksin flu dan kamu bisa melakukannya setiap waktu (meski sedang tidak musim flu), Kawan Muda. Nah, vaksin flu yang disuntikkan ke tubuh kamu akan membentuk antibodi yang akan melindungimu dari virus flu.

 

BACA JUGA: Aneh tapi nyata, minum air putih terlalu banyak ternyata berbahaya!

 

Kemungkinan kamu tertular memang masih ada, tetapi gejala flu yang kamu alami akan lebih ringan. Jika kamu memutuskan untuk mendapatkan vaksinasi flu, lakukan ini dengan rutin setiap satu tahun sekali ya.

5. Istirahat dan tidurlah yang cukup

via: returnofkings.com

Saat tubuh dalam kondisi yang fit, kamu akan lebih mudah terhindar dari kemungkinan terserang penyakit. Untuk mendapatkan tubuh yang fit, salah satu cara mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan tidur yang cukup. Kalau kamu punya banyak aktivitas dan kurang tidur, tubuh bakal nggak siap melawan bakteri dan virus yang malah bikin kamu lebih gampang sakit.

6. Selalu terapkan pola hidup sehat; makan dan olah raga teratur

via: biggiesboxers.com

Makan sehat dan berolahraga secara teratur juga bikin kekebalan tubuh meningkat lho. Tubuh kamu yang dapat asupan makanan bergizi dan rajin olah raga akan lebih fit. Ini nih yang menyebabkan kamu nggak mudah sakit dan tertular penyakit.

 

BACA JUGA: Ini dia 7 pekerjaan yang dianggap paling buruk bagi kesehatan. Kamu gak bakal nyangka!

 

Saat semua orang sakit, jadikan pola hidup sehat sebagai acuan sekaligus pengingat supaya kamu nggak lupa makan teratur dan nggak malas-malasan berolahraga.