Kulit kepala terasa nyeri kalau nggak keramas berhari-hari? Mungkin ini penyebabnya…

Rambut di kepala selain membuat kita dapat bergaya (dan mahkota bagi cewek), juga punya fungsi melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Supaya keindahan dan kesehatan rambut terjaga, kita harus rajin-rajin nih merawatnya, Kawan Muda. Salah satunya dengan rajin keramas.

Sebagian dari kamu mungkin suka banget keramas setiap hari, ya meskipun kalau keseringan juga bisa bikin rambut kering. Keramas mungkin nggak menjadi prioritas saat mandi, bahkan bisa di-skip kalau kita nggak sempat. Pokoknya mandi bersih dan wangi, rambut bisa disiasati meski nggak dicuci berhari-hari.

Kalau udah nggak sempat keramas sampai berhari-hari nih, rambut dan kulit kepala bisa sangat berminyak! Dan nggak cuma berminyak saja ternyata! Lupa mencuci rambut hingga berhari-hari juga bisa bikin kulit kepala jadi sakit. Pernah ngerasain nggak?

Kalau Kawan Muda pernah mengalami ini dan bertanya-tanya kok kulit kepala bisa sakit begitu, ini nih penjelasan ilmiahnya.

1. Minyak yang berlebih pada batang rambut mempercepat pertumbuhan jamur pada kulit kepala

via: healthtoppriority.com

Kalau kamu nggak mencuci rambut beberapa hari, minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit kepala akan semakin menumpuk di batang rambut (akar rambut). Nah, rambutmu yang lembab karena minyak itu akan membuat jamur rambut tumbuh secara berlebihan.

Pertumbuhan jamur ini yang membuat kulit kepalamu mengalami peradangan dan muncul gejala seperti kemerahan, gatal-gatal, dan kulit kepala bersisik (berkerak). Kalau sudah meradang nih, apalagi kamu  garuk-garuk terus, kulit kepala akan terasa nyeri.

2. Pada badan manusia terdapat jamur yang tumbuh meskipun kamu orang yang sangat bersih sekalipun

via: medscape.com

Menurut ahli dermatologis, Joshua Zeichner, jamur yang terdapat pada kulit kepalamu (dan bagian tubuh lainnya) dinamakan jamur malassezia. Ini adalah jenis jamur yang ada di tubuh manusia meskipun kamu dalam keadaan bersih.

Karena dia sudah ada meski badan kamu nggak kotor, coba bayangin gimana banyaknya jamur itu saat rambut kamu nggak dicuci? Semakin berakumulasi kan? Nah, karena itu kamu akan merasa nggak nyaman karena gatal-gatal pada rambut dan berujung pada kulit kepala yang sakit.

3. Kebiasaan cewek menguncir rambutnya saat rambut dalam keadaan berminyak

via: coplusk.net;bblunt.com

Buat kamu Kawan Muda yang cewek nih, kalau lagi bad hair day gara-gara lupa keramas, solusi paling aman ya kuncir rambut setelah dikasih bedak biar nggak kelihatan lepek! Aduh duh, ternyata kebiasaan yang begini nih yang jadi pemicu kulit kepala sakit selain adanya jamur malassezia.

4. Cara mengatasi nyeri pada kulit kepala

via: beliefnet.com

Salah satu solusi yang tepat ya, Kawan Muda harus rajin-rajin keramas. Jangan sampai deh rambut kelihatan minyakan banget! Kalau bisa nih, Kawan Muda pakai sampo khusus untuk kulit kepala. Ingat ya, bukan sampo biasa penghilang ketombe atau untuk memperindah rambut.

Kamu bisa cari dan tanyakan di apotek terdekat sampo anti jamur untuk kulit kepala. Sampo ini berfungsi untuk mengurangi peradangan. Nah, pemakaiannya ya cuma di sekitar kulit kepala. Baru deh setelah dibilas, Kawan Muda bisa pakai sampo yang biasa digunakan untuk rambut.

5. Bagaimana jika kulit kepala masih sakit padahal sudah rajin keramas dan pakai sampo khusus?

via: beliefnet.com

Kawan Muda jangan sepelekan nyeri pada kulit kepala ya! Jika pencegahan yang dilakukan tetap nggak ada efeknya dan kamu masih merasakan nyeri, saatnya kamu konsultasi pada dokter spesialis kulit. Mungkin saja ada penyakit lain yang menyerang kulit kepalamu.

**

Hmm, kapan terakhir kali kamu cuci rambutmu? Kalau sudah lupa, buruan deh keramas sekarang!