Merantau ke kota besar untuk bekerja? Ikuti 5 tips ini biar kamu bisa hidup hemat dan survive

Sudah menjadi impian sebagian besar orang untuk punya karir yang baik, apalagi tempatnya di kota besar yang strategis. Iming-iming gaji yang cukup tinggi dan kesempatan yang lebih besar, membuat kota besar dijadikan tujuan bagi para perantau. Hmm, tapi dalam kenyataannya, hidup di kota besar nggak semudah yang dibayangkan,  apalagi untuk ”pendatang baru” yang harus memulai dari “nol”.

Gaji yang kamu dapatkan boleh tinggi, tapi biaya hidup di kota besar juga nggak kalah tinggi. Kamu bahkan akan dibuat kaget dengan harga segelas teh manis saja! Lalu, bagaimana dengan kebutuhan hidup lainnya? Kalau kamu belum terbiasa hidup hemat bisa-bisa gajimu akan langsung ludes, bahkan habis sebelum akhir bulan! Argh!

Eits, tenang Kawan Muda, kamu bisa simak nih beberapa tips supaya kamu bisa survive bulan-bulan awal kamu tinggal di kota besar.

1. Membuat catatan pengeluaranmu secara rutin setiap hari

via: realpurdy.com

Catat, catat, dan catat! Apa pun yang kamu beli coba catat. Hal ini akan memudahkan kamu untuk cek apabila uangmu tiba-tiba habis. Kalau kamu nggak sempat mencatat, simpan struk belanja dengan rapi. Kalau begini kan kamu tahu kemana larinya uang yang tiba-tiba lenyap. Di minggu-minggu berikutnya, kamu akan lebih bijak menghindari hasrat beli barang yang nggak perlu.

Kamu juga harus punya catatan tetap yang berisi kebutuhan pokok yang wajib dibeli atau tagihan wajib tiap bulannya. Namanya juga catatan tetap, jadi isinya ya itu-itu saja kecuali ada barang penting mendesak yang harus dibeli. Ini akan membantumu menyisihkan uang agar tidak terpakai untuk membeli hal lain.

2. Belilah makanan di warteg atau usahakan masak sendiri dan membawa bekal

via: timesofindia.indiatimes.com

Biasanya nih, kalau lokasi kantor kamu strategis, di sekelilingnya pasti banyak tempat makan atau rumah makan cepat saji yang harganya bisa untuk dua kali makan. Coba deh kamu tanya-tanya ke orang-orang yang sudah lama di kantor warteg andalan mereka yang murah meriah.

Bisa juga kamu siasati dengan bawa bekal dari rumah. Kamu bisa masak sendiri dan ya sedikit berkorban bangun pagi. Kalau susah bangun pagi atau nggak memungkinkan masak sendiri, kamu bisa bawa kotak makan dan beli makanan di warteg dekat tempat tinggalmu. Harganya pasti jauuuh lebih murah lho daripada warteg dekat kantor!

3. Berburu diskon untuk hal yang penting boleh, tapi jangan tergoda tulisan “sale” di mall!

via: amazonaws.com

Siapa sih yang matanya nggak berbinar-binar kalau lihat diskon? Nah, kalau kamu suka belanja di supermarket, rajin cek promo-promo yang ada. Harga diskon bisa kamu manfaatkan nih untuk beli kebutuhan seperti perlengkapan mandi atau bahan makanan.

Coba hindari mall kalau kamu sedang belanja bulanan. Carilah supermarket yang nggak terletak di dalam mall agar kamu terhindar dari godaan saat melihat tulisan “sale”. Kalau butuh belanja baju ya belilah yang memang penting. Nggak mungkin kan tiap bulannya kamu butuh baju baru? Kalau ingin sih mungkin ya. Ingat ya KEBUTUHAN lebih penting, bukan KEINGINAN!

4. Bawalah uang cash secukupnya kemana-mana

via: money.usnews.com

Kalau kamu tipe yang “ah, gampanglah bisa ke ATM atau bayar pakai debet”, kamu WAJIB meninggalkan kartu debet di rumah dan bawalah uang yang sekiranya kamu butuhkan untuk sehari. Dengan begitu, kamu nggak akan punya alasan untuk membeli hal yang nggak perlu karena merasa punya uang lebih di kartu kamu. Jika mau membiasakan diri, lama-kelamaan kamu akan bijak kok dalam menggunakan uang secara efisien.

5. Hindari gaya hidup berlebihan dan di luar kemampuan. Jangan bertindak karena gengsi semata.

via: media.smithsonianmag.com

Aduh, di kota besar semuanya ada, jadi pingin nyoba satu-satu! Waini penyebab kantong jebol di kota besar, kebanyakan hangout. Mulai dari keseringan jalan ke mall, nongkrong di kafe, atau menonton bioskop. Hmm, hangout itu sah-sah saja sih apalagi buat kamu yang penat bekerja. Tapi ya lebih bijak untuk mengaturnya, misal seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Siasati juga budget yang kamu keluarkan untuk hangout. Misalnya, sebelum keluar bareng teman biasakan makan dulu dan bawa air minum dari rumah. Jadi saat nongkrong kamu nggak perlu pesan makanan berat dan bisa menghemat pengeluaran untuk beli minuman.

**

Nah, hidup cermat dan pandai-pandai mengatur keuangan akan membuat hidupmu lebih mudah di kota besar. Kalau gaji sudah meningkat, tetap terapkan kebiasaan ini ya, Kawan Muda. Lebih enak kan mulai menabung untuk masa depan kamu dan keluarga kecilmu?