Bingung mencari pekerjaan yang cocok? Tanyakan 5 hal ini sebelum kamu memutuskan akan bekerja di mana

Para pencari kerja selalu “dituntut” untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan; bekerja sesuai passion katanya. Hmm, apa sih passion itu sebenarnya? Passion dalam pekerjaan adalah keinginan besar dan semangat yang kamu rasakan saat melakukan pekerjaan itu. Bahkan saking sukanya, kamu sampai lupa waktu dan rela nggak dibayar, lho!

Tapi, tahu nggak sih kalau sekedar mengikuti passion saja nggak cukup, Kawan Muda. Mengikuti passion emang penting, tapi yang terpenting adalah kamu harus tahu apakah yang sesuai dengan passion kamu itu cocok dan bisa kamu lakukan. Bekerja itu tidak hanya perkara kamu suka dan ahli di bidang itu, tapi banyak faktor lain atau aspek-aspek dalam pekerjaan  yang harus dipertimbangkan.

Jangan cuma memikirkan “apa sih passion-ku?”, kamu harus memikirkan hal-hal konkret lain seperti motivasimu untuk bekerja, kebutuhan, skill, dan pengorbanan apa yang akan kamu lakukan untuk pekerjaanmu. Hmm, nggak heran ya, banyak banget orang yang mudah bosan dengan pekerjaan dan ingin mengejar yang lebih dengan pindah-pindah kantor.

Kawan Muda, kalau kamu sedang bingung memikirkan pekerjaan yang cocok dan ingin meniti karir yang bagus dalam pekerjaanmu, coba deh tanyakan pada diri sendiri 5 pertanyaan ini.

1. “Mengapa aku harus peduli dengan passion-ku? Seberapa penting sih aku harus mengikuti passion-ku?”

via: themerkle.com

Ada sebuah pemikiran bahwa orang yang nggak bekerja sesuai dengan passion adalah orang yang merugi. Kerjakanlah apa yang kamu suka dan kamu akan mencintai apa yang kamu kerjakan. Tapi, ada kalanya apa yang kita suka itu bukan muncul dari hati yang terdalam. Bisa saja kan, kita menyukai sesuatu yang juga dikejar banyak orang karena gengsi semata.

Mungkin juga kamu sudah memilih pekerjaan sesuai passion, tapi kamu mengerjakan hal tersebut hanya demi uang semata. Atau, kamu hanya ingin berkompetisi saja dengan temanmu yang memliki passion yang sama. Cobalah gali motivasi lain mengapa kamu memilih suatu pekerjaan, di luar alasan bahwa kamu mengikuti passion tentunya.

2. “Apa sih fungsinya aku bekerja dan seberapa penting bekerja bagi hidupku?”

via: womensbusinessdaily.com

Kamu harus memutuskan apa yang kamu inginkan di masa depan; kehidupan yang seperti apa yang ingin kamu capai. Mungkin hidup yang berkecukupan secara finansial atau memiliki pekerjaan tetap meski gajinya kecil. Lalu, tentukan seberapa besar pekerjaan yang kamu pilih akan membantumu meraih harapan-harapanmu.

3. “Peluang apa sih yang bakalan aku dapatkan dari pekerjaan ini dan bagaimana aku bisa meraihnya?”

via: papasemar.com

Ketika berbicara tentang menemukan atau mengikuti passion, kita cenderung memikirkan hal-hal yang kita suka saja dan lupa mengembangkan hal-hal lain di luar kemampuan. Tanyakan pada dirimu kesempatan-kesempatan apa yang akan kamu dapatkan selain kebahagiaan karena kamu mengikuti passion-mu. Pelajari dan gali hal-hal baru dari sebuah pekerjaan sebagai bekal di masa depan; jangan hanya bekerja untuk kepuasan sesaat.

Jika kamu memilih pekerjaan sesuai passion, coba pahami dulu apa persyaratan dan deskripsi pekerjaannya dan di mana kamu akan bekerja (lokasi). Dengan begitu kamu akan mengetahui langkah-langkah yang harus diambil agar kamu tetap bisa menjalani minatmu. Jangan sampai kamu sudah menentukan tapi belum tahu medan kerjanya, ya!

4. “Apa yang ingin kuasah dengan baik saat memilih pekerjaan ini?”

via: jobspotting.com

Cal Newport dalam bukunya“So Good They Can’t Ignore You: Why Skills Trump Passion in the Quest for Work You Love” berpendapat bahwa sukses dan pencapaian dalam hidup adalah tentang kualitas pekerjaan dan keterampilan yang berhasil kamu kembangkan. Nggak selamanya kok sukses dalam pekerjaan diukur hanya dengan melihat keberhasilanmu bekerja sesuai passion.

Mencari tahu keterampilan yang kita butuhkan dan kita gunakan, dan mengetahui pekerjaan yang ingin kita lakukan membutuhkan waktu dan eksperimen, tetapi itu adalah cara yang jauh lebih praktis untuk lebih dekat dengan apa yang sebenarnya kita inginkan dari pekerjaan kita.

5. “Hal-hal apa saja yang akan kukorbankan demi pekerjaan ini?”

via: computerworlduk.com

Apa yang akan kukorbankan saat memilih pekerjaan ini? Memilih gaji yang tinggi dan mengorbankan waktu luang atau sebaliknya?

Pikirkan apa yang membuatmu begitu ingin untuk mengambil pekerjaan tersebut dengan memikirkan hal-hal sederhana seperti berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk sampai ke kantor, seberapa jauh keterampilanmu akan digunakan di situ, atau bagaimana budaya kerjanya (tempo kerjanya cepat atau lambat).

***

Selamat mencari apa yang kamu mau, Kawan Muda! Semangat!