8 Alasan mengapa kamu harus MERANTAU dan KULIAH ke luar negeri

Pernah nggak sih Kawan Muda kepikiran buat sekolah atau kuliah ke luar negeri?

Keinginan menuntut ilmu setinggi-tingginya pasti dimiliki oleh setiap orang. Harapan untuk bisa menggali lebih dalam ilmu pengetahuan dari para pengajar terbaik di dunia, menjadi salah satu alasan mengapa orang memutuskan untuk kuliah di luar negeri.

Kalau kata mereka yang pernah kuliah di luar negeri nih, kesempatan untuk bisa belajar di negeri orang bahkan bisa lho mengubah hidup mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Apalagi sekarang udah nggak perlu khawatir mikirin biaya yang mahal buat sekolah di luar negeri, karena beasiswa bertaburan di luar sana. Waaah, bikin mupeng  dan penasaran ya ngebayanginnya!

Tapi, beneran nggak sih segitu serunya? Memutuskan untuk merantau ke negeri orang (apalagi buat sekolah) kan risikonya tinggi. Hmm, daripada bertanya-tanya sendiri, mending baca nih pengalaman seru yang bakal kamu dapetin saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri.

1. Belajar di luar negeri (secara otomatis) mengasah kemampuan bahasa asingmu. Kamu juga bisa belajar beberapa bahasa sekaligus karena teman-temanmu juga berasal dari berbagai penjuru dunia.

via: studyabroad101.co

2. Tinggal di suatu tempat yang sama sekali berbeda dengan rumahmu akan membuatmu tertantang untuk belajar budaya baru yang ada di sana.

via: photos.projects-abroad.org

3. Ini adalah kesempatan besar buat kamu untuk belajar mandiri dan dan mengatasi masalahmu sendiri (tanpa keluarga atau teman dekat).

via: noteatingoutinny.com

4. Jaringan pertemananmu meluas dan kesempatan untuk menemukan karir yang lebih beragam juga besar.

via: goaupair.com

5. Kamu akan berteman dengan orang dari berbagai macam Negara yang memberikan perspektif berbeda tentang hidup dan menumbuhkan rasa empatimu.

via: idntimes.com

6. Akan menjadi tantangan buatmu saat menemukan bahwa sistem pendidikan di luar negeri berbeda dengan Indonesia. Tantangan yang mungkin berat tapi kamu akan mendapatkan pengalaman baru.

via: ciee.typepad.com

7. Belajar di luar negeri secara otomatis memberikan kesempatan buatmu untuk traveling. Dengan traveling, kamu belajar untuk menghadapi berbagai macam situasi baru dan beradaptasi di dalamnya.

via: ; ciee.typepad.com

8. Tinggal di satu tempat yang itu-itu saja tidak akan menantangmu menjadi pribadi yang baru. Hidup di negeri orang bisa jadi sarana merenung dan mengenal lebih jauh dirimu sendiri.

via: shayaricollection.co

***

Hayo, berani nggak untuk keluar dari zona nyamanmu dengan kuliah di luar negeri? Selain bisa menggali ilmu pengetahuan dari perspektif yang berbeda, kamu juga bisa menggali banyak pelajaran hidup lho!