8 Manfaat rahasia yang cuma bisa kamu temukan pada kulit jeruk!

kulit-jeruk
Foto : www.magwuzz.com

Tak semua kulit memiliki guna. Namun bukan berarti seluruh kulit tak berguna. Kulit lumpia, contohnya. Ia enak sekali. Kalau dimakan, rasanya krenyes-krenyes. Tanpa kulit lumpia, mungkin yang akan kamu makan hanyalah wortel, rebung, beserta jeroan-jeroannya.

Kulit hewan juga dapat berfungsi baik, apabila diolah dengan baik. ia bisa menjadi beragam produk seperti tas, sepatu, bahkan sampai bedug masjid. Tapi, Kawan Muda, mari kita bicarakan manfaat dari kulit lainnya yang mungkin saja kamu belum tahu. Kali ini, Kita Muda akan membahas mengenai kulit jeruk. Mari!

1. Kawan Muda insomnia? Kulit jeruk obatnya!

takut
Foto : gizmodo.com

Apabila kau susah untuk tidur nyenyak, manfaatkan saja aromaterapi kulit jeruk yang menenangkan itu. Ia akan membantumu untuk tidur nyenyak. Cobalah!

BACA JUGA : Tanda-tanda kalau kamu adalah orang yang kesepian. Salah satunya, tidur nggak pernah nyenyak

2. Tak terduga! Rupanya kulit jeruk juga bisa mencegah kanker!

kanker
Foto : www.allianz.co.id

Kulit jeruk akan mengikat racun dalam makanan yang masuk ke usus. Bahkan menurut The Health Site, mengonsumsi kulit jeruk bisa menghindarkan seseorang dari kanker usus. Kamu mungkin bisa mencobanya.

3. Rambut kamu berketombe? Hilangkan saja menggunakan kulit jeruk.

berketombe
Foto : sehatplan.com

Tidak enak, memang, memiliki rambut penuh dengan ketombe. Lebih tak mengenakkan lagi, kalau seluruh pakaian yang dimiliki warnanya hitam. Kalau sampai dibiarkan, bisa-bisa seluruh pakaian akan menjelma menjadi warna putih.

Untuk mendapatkan manfaat dari kulit jeruk ini, Kawan Muda bisa melakukannya dengan menghaluskan kulit jeruk dan mengoleskan ke kulit kepala. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, diamkan semalaman.

4. Bila kesehatan pencernaan kamu bermasalah, maka kulit jeruk adalah solusinya.

sakit-perut
Foto : spirit.web.id

“Jeruk dan kulitnya kaya akan serat,” begitu menurut Oprah. “Ini bisa membantu melancarkan pencernaan,” lanjutnya. Kawan Muda ingin mencoba?

5. Bagi kamu penderita asma, kulit jeruk bisa membantu meringankan.

sesak nafas
Foto : gejalasakitginjal.com

Kawan Muda, jika kamu menderita asma, kulit jeruk bisa meringankannya. Ia akan membantu lendir di tenggorokan untuk mencair.

6. Kalau gigi kamu warnanya kuning kecoklatan, gunakan kulit jeruk untuk memutihkannya.

gigi
Foto : carasehat123.blogspot.com

Tak perlu pergi ke dokter untuk memutihkan gigimu. Buang-buang uang! Beralihlah kepada pemutih gigi yang murah dan aman. Gosokkan bagian dalam kulit jeruk ke gigimu dan lihat hasilnya.

Tetap kuning, kan?

Ya kalau masih tetap kuning, lakukan lebih tekun lagi. Lebih sering lagi. Niscaya usahamu akan membuahkan hasil.

NB: Kalau ditambah dengan menggosok-gosokkannya pada gusi, nafas kamu bisa sedikit harum.

7. Sakit kepala, membuat kepala terasa berat. Bawaannya pengin ditaruh deh apabila kepala ini portable. Sekarang, kalau kamu sakit kepala, ringankan saja dengan kulit jeruk.

sakit kepala
Foto : sakitkepalasebelah.com

Hirup aroma kulit jeruk dalam-dalam. Ya, begitulah cara menggunakan kulit jeruk sebagai pereda rasa nyeri. Mau langsung mencoba?

8. Bila komedo membandel, tumpas dengan kulit jeruk.

komedo
Foto : kicantik.com

Memuakkan, memang, apabila merasa sudah rajin tetapi komedo masih saja berkumpul mengitari hidung. Kalau ini terjadi padamu, segera musnahkan dengan kulit jeruk. Caranya, gosok-gosokkanlah ke hidung. Tentu, hidung kamu sendiri. Bukan hidung orang lain.

Bagaimana Kawan Muda, besok-besok tak ingin membuang kulit jeruk lagi, kan?

Written by Ahmad Mufid

Profile photo of Ahmad Mufid

Baru rilis buku novel komedi 'Pharmacophobia', lagi bikin podcast 'Teman Becandamu' dan masih berusaha meyakinkan orangtuamu agar beliau jangan menikahiku.