Sarapan mudah, murah, dan sehat? Coba 5 menu sarapan berikut ini

“Breakfast like a king, lunch like a prince, and dine like a pauper.”

Pentingnya sarapan ditunjukkan seperti kutipan di atas. Saking pentingnya, sarapan digambarkan sebagai kedudukan seorang raja. Makan siang digambarkan sebagai kedudukan seorang pangeran. Dan makan malam digambarkan sebagai kedudukan orang miskin. Dibanding ketiganya, kedudukan raja ialah yang paling mulia.

Ahli gizi menyarankan untuk sarapan selambat-lambatnya dua jam setelah bangun tidur. Sarapan memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang, mencegah obesitas, menyeimbangkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung dan diabetes.

Jangka waktu yang pendek untuk sarapan membuat banyak orang malas untuk membuatnya. Nah, berikut ini beberapa menu sederhana sarapan sehat yang tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya yang bisa Kawan Muda coba di rumah.

1. Berbagai macam olahan telur seperti omelet, telur dadar, telur ceplok, hingga susu campur telur cukup mudah dibuat.

telur
Foto : necturajuice.com

Telur merupakan menu sarapan sehat dan mudah yang bisa dicoba.

Selalu sediakan telur mentah di kulkas untuk menu sarapan sehari-hari. Telur mengandung gizi yang cukup lengkap: Vitamin A, Vitamin B5, Vitamin B12, Vitamin B2, fosfor, selenium, dan folate.

Konsumsi telur bisa mengurangi produksi kolesterol jahat. Mengkonsumsi telur setiap hari tidak menambah risiko penyakit jantung dan mengurangi risiko penyakit stroke. Jika tidak sempat makan, kamu bisa membeli dua butir telur rebus lalu makan di sela-sela perjalanan ketika berangkat ke kantor atau kuliah.

2. Sarapan dengan jus buah bisa menjadi alternatif lainnya sebagai sarapan mudah, sehat, dan cepat.

jus buah
Foto : minumanjantung.wordpress.com

Meskipun sarapannya nggak terlalu Indonesia, sarapan dengan jus buah bisa dicoba. Iya memang nggak kenyang, tapi kalau yang diminum tiga gelas jus buah, pasti lebih dari kenyang. Orang Indonesia memang kurang populer melakukan sarapan dengan buah. Sayur okelah masih bisa. Tapi kalau buah? Rasanya cukup jarang.

Buah-buahan yang baik untuk sarapan misalnya pisang, wortel, tomat, apel, melon, pepaya, dan mangga.

Di pagi hari sebaiknya tidak mengkonsumsi buah yang terlalu asam.

Satu lagi, jus sebaiknya tidak ditambah dengan banyak gula. Biarkan rasanya murni apa adanya. Gula memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

3. Roti dan susu, sarapan ala orang Amerika.

roti dan susu
Foto : www.bubblear.com

Kata orang zaman dulu, sarapan roti dan susu itu sarapannya orang Amerika. Iya memang benar, karena orang Indonesia sarapannya nasi. Tidak ada salahnya sesekali mencoba menu sarapan orang Amerika. Roti yang bagus untuk sarapan adalah roti tawar biasa karena tidak mengandung banyak gula. Cukup oleskan margarin di atasnya atau dipanggang menjadi roti bakar.

Kalori dari roti dilengkapi gizi dari susu. Susu mengandung protein dan kalsium yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan tulang. Meminum susu satu gelas setiap hari bisa mencegah tulang dari osteoporosis.

4. Bubur oatmeal bisa kamu coba di rumah. Tidak membutuhkan waktu lama untuk penyajiannya.

oatmeal
Foto : www.hesca.org

Satu lagi menu sarapan asing bagi orang Indonesia, bubur oatmeal. Oatmeal banyak dijual di supermarket. Ada dua jenis oatmeal, pertama, oatmeal instan yang penyajiannya cukup dengan air hangat. Kedua, oatmeal yang harus dimasak terlebih dahulu. Kamu bisa mencoba oatmeal instan agar lebih praktis.

Ngomong-ngomong oatmeal itu apa sih? Oatmeal adalah bubur gandum yang mengandung serat cukup tinggi. Oatmeal juga dikenal dengan nama havermut. Makanan ini cukup populer bagi orang yang sedang menjalani diet.

5. Satu potong sandwich cukup untuk memenuhi kebutuhan gizimu.

sandwich
Foto : www.saladworks.com

Makan satu potong sandwich sama dengan makan satu piring nasi lengkap dengan sayur dan lauk. Hanya penyajiannya yang berbeda. Sandwich lebih ‘portable’ daripada nasi dan bisa dikonsumsi di mana saja. Tidak membutuhkan alat khusus seperti wadah atau sendok, tinggal pegang dengan tangan lalu gigit.

Satu potong sandwhich terdiri dari roti, sayur-mayur berupa tomat, kubis, sawi, selada, dan daging. Kandungan gizinya cukup lengkap, mulai dari karbohidrat hingga protein dan vitamin dari sayur dan daging.

BACA JUGA : Kebaikan yang terdapat pada Yogurt yang harus kamu tahu

Hmmmm, jadi semakin lapar ya Kawan Muda …

Nah, kalau Kawan Muda punya menu sarapan sehat lainnya, silahkan di share di komentar.

Selamat sarapan!