Buat kamu yang menginjak usia 30an, pastikan mengutamakan kesehatanmu dengan memikirkan 6 hal ini

hidup sehat
Source : mariegiglovesjuiceplus.com

Menjaga kesehatan tentunya dapat dilakukan sedini mungkin. Nggak perlu menunggu jika umur sudah mulai mendekati angka 50 atau 60. Karena saat memasuki usia 30 kamu juga berhak memperioritaskan kesehatanmu. Mengingat kondisi fisik yang lama-kelamaan sudahlah tidak muda lagi. Untuk itu kamu harus memiliki tujuan atau rencana kesehatan agar ketika memasuki usia 30-an kamu masih tetap dalam kondisi prima. Lantas apa aja sih tipsnya? Ini dia …

Baca Juga : Kebaikan yang terdapat pada Yogurt yang harus kamu tahu

1. Kamu udah harus memikirkan gimana caranya berhenti merokok

merokok
Foto : komnaspt.or.id

Bagi kamu yang usianya 30an dan perokok berat atau suka minuman beralkohol. Udah saatnya memikirkan gimana caranya berhenti merokok dari sekarang. Sudahi masa-masa asiknya bersahabat dengan rokok dan alcohol. Cobalah untuk mengurangi rokok sebatang atau dua batang per hari.

2. Usia 30-an bukan lagi masa pertumbuhan, kurangi porsi makanmu sekarang

makan
Foto : nationalgeographic.co.id

Metabolisme tubuh untuk ukuran orang berusia 30an berbeda dengan anak muda usia 20an yang masih dalam kondisi masa pertumbuhan. Untuk itu perlu adanya pengurangan porsi makan agar tidak menyebabkan kegemukan. So, hindari makan berlebihan agar tubuh lebih sehat.

3. Hindari kafein

kopi
Foto : menudietcepatdansehat.com

Sama juga dengan merokok, akan lebih baik kalau kamu mulai menghindari minuman berkafein. Minuman berkafein nggak hanya berasal dari kopi aja tapi juga teh. Ganti konsumsi kopi atau teh dengan banyak minum air putih. Selain lebih sehat, minum air putih juga bisa bikin kamu awet muda.

4. Perbanyak makan buah dan sayur

buah
Foto : www.gudangkesehatan.com

Dari pada makan cemilan mengandung minyak atau keripik yang nggak ada gizinya, lebih baik makan buah dan sayur. Jika kurang suka sayur, kamu bisa mencampurnya dengan buah untuk dijadikan salad. Selain baik untuk kesehatan, buah dan sayur dapat mencegah penuaan dini loh.

5. Cobalah untuk puasa

puasa
Foto : no-symbols.com

Puasa jangan Cuma pas bulan ramadhan aja tapi cobalah dalam seminggu paling nggak ada satu atau 2 hari untuk berpuasa. Dengan berpuasa dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan mengeluarkan racun-racun yang merugikan.

6. Luangkan waktu untuk berolahraga

olahraga
Foto : www.ahlinyapenyakitjantung.web.id

Sangat penting melakukan olahraga kalau kamu udah menginjak usia 30an, terutama bagi orang ayng notabene pekerja kantoran. Kalau kamu nggak suka olahraga berat pastikan kamu melakukan olahraga ringan seperti mengikuti kelas gym atau jogging setiap harinya.

Nah, bagaimana guys? Usia 30 nggak semenakutkan itu kok, tapi apa salahnya kalau kamu mengutamakan kesehatan sejak dini.

Written by Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll