15 aturan yang harus diperhatikan saat berinteraksi dengan orang lain. Jangan sampai dicap aneh atau gak sopan!

52.840 views
via: theheartysoul.com

Norma sosial, tata karma, dan etiket menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Sejak kecil Kawan Muda secara otomatis mempelajari aturan-aturan tak tertulis yang bertujuan untuk menghormati orang lain atau sekedar untuk menunjukkan sopan santun kepada sesama.

Misalnya nih, mengetuk pintu sebelum masuk ke ruangan orang lain, mengucapkan salam ketika masuk rumah, dan sebagainya. Di dunia ini terdapat banyak sekali aturan tak tertulis, dari yang wajar hingga konyol dan tak bisa diterima akal sehat.


BACA JUGA : Tanpa disadari, 10 kebiasaan sehari-hari ini ternyata membahayakan kesehatan! Kamu wajib hati-hati nih!


Saking banyaknya, mungkin Kawan Muda lupa atau bahkan belum mengetahuinya. Nah, agar tindakanmu tak meninggalkan kesan yang buruk atau “aneh” di depan orang lain (baik yang dikenal maupun tidak), ada baiknya kamu memperhatikan 15 aturan ini.

1. Jangan pernah bertamu tanpa mengabari terlebih dahulu atau datang layaknya tamu tak diundang. Ingat, setiap orang pasti punya kesibukan. Ini untuk menghindari bertamu saat pemilik rumah sedang sibuk atau tak ada di rumah.

via: todayifoundout.com

2. Mengeringkan payung dalam keadaan terbuka—ketika kamu berada di tempat umum (kantor atau restoran) atau di rumah seseorang— itu dilarang. Pastikan kamu melipat payung dahulu, baru mengeringkannya.

via: domo-domo-kun.deviantart.com

3. Jangan pernah meletakkan tas di pangkuan atau di kursi.

via: shareably.net

Untuk tas tangan yang kecil atau clutch boleh diletakkan di atas meja. Handbag atau briefcase harus ditaruh di lantai di samping kursimu.

4. Kantong plastik hanya boleh digunakan untuk membungkus barang belanjaan.

via: shareably.net

Jangan pernah gunakan kantong plastik atau kantong pembungkus (sekalipun ada tulisan brand ternama) untuk tas sehari-hari. Orang-orang akan memandangmu aneh karena bersikap kurang wajar, hehe.


BACA JUGA : Buat kalian para hijabers, 4 tips ini cocok banget buat kamu praktikkan sehari-hari, nyaman dan ringan lho jadinya!


5. Pastikan untuk mengetuk pintu sebelum masuk ke kamar atau ruangan orang lain.

via: shutterstock.com

6. Jangan pernah mengenakan lebih dari 13 aksesoris dalam satu waktu.

via: shareably.net

7. Orang yang keluar lebih dahulu dari dalam lift adalah yang menutup pintu lift.

via: shareably.net

8. Ketika mau duduk di bioskop dan ternyata harus melewati beberapa orang di barisanmu, jangan berjalan membelakangi. Kamu harus berjalan sambil menghadap orang yang sudah duduk.

via: nytimes.com

9. Membahas tentang politik, agama, kesehatan, dan uang untuk obrolan ringan (apalagi dengan orang yang baru dikenal) itu haram hukumnya!

via: shareably.net

10. Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin orang lain memperlakukan kamu.

via: thecollegehelper.com

11. Sebaiknya jangan membicarakan atau mengumbar keburukan orang lain ketika mereka tak ada. Bergosip memang menyenangkan, tapi itu sama sekali tidak keren.

via: shareably.net

12. Ada hal-hal pribadi yang sebaiknya jangan diceritakan pada orang lain seperti masalah keluarga, kekayaan, masalah kesehatan, hubunganmu dengan pasangan, dan aib.

via: shareably.net

13. Kalau datang bertamu, pastikan kamu membawa sesuatu untuk tuan rumah. Ya, ini sebagai bentuk terima kasih pada tuan rumah karena telah meluangkan waktunya.

via: classroom.synonym.com

14. Ketika menerima telepon di angkutan umum (bis, kereta, atau angkot), jangan berbicara kencang-kencang (dan lama) hingga mengganggu kenyamanan orang lain.

theheartysoul.com

15. Pembeli memang raja, tapi jangan berlaku sewenang-wenang pada kasir, pelayan restoran, atau pramuniaga. Perlakukan mereka dengan baik layaknya manusia!

via: wisegeek.com

Semua aturan di atas tidak harus Kawan Muda ikuti semua, kok. Tapi, untuk menjaga perasaan orang lain dan agar kita juga diperlakukan dengan baik oleh orang lain, ada baiknya hal-hal sederhana di atas mulai dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk, share hal ini ke keluarga dan teman-temanmu 🙂