Ketika melakukan kebiasaan yang baik, kita semua berharap mendapatkan manfaat yang baik pula. Namun tanpa disadari, kebiasaan yang baik bisa mendatangkan petaka jika kita melakukannya secara berlebihan atau tidak tepat dalam melakukannya.

Sama halnya saat kita mengonsumsi makanan sehat, buah-buahan misalnya. Ketika mengonsumsinya secara berlebihan—melampaui porsi yang dianjurkan—tubuh kita akan mengalami efek samping beberapa efek samping mulai dari gangguan pencernaan hingga kegemukan!

Whoa, seram banget kan kalau hal-hal seperti ini luput dari pengetahuan kita?! Itulah sebabnya, Kita Muda bakal kasih tahu satu per satu, kebiasaan-kebiasaan yang selama ini kita anggap sehat dan wajar dilakukan, tapi ternyata bisa membahayakan kesehatan kalau dilakukan berlebihan. Apa saja?

1. Kumur-kumur setelah menggosok gigi

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Kumur-kumur setelah gosok gigi ternyata bisa menghilangkan seluruh fluoride yang dibutuhkan gigi. Padahal, fluoride adalah bahan yang bisa melindungi gigi dari kerusakan langsung akibat bakteri. Untuk mencegahnya, kamu cukup kumur sekali saja setelah menggosok gigi, ya. Jangan berulang kali!

2. Lari di treadmill terlalu lama

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Lari di treadmill memang bisa menjaga kesehatan jantung dan membakar lemak. Tapi tahukah kamu, olahraga kardio semacam ini bisa berbahaya bagi tubuh jika dilakukan terlalu lama?  Yup, kamu bisa mengalami cedera pada lutut karena tekanan yang terlalu besar pada sendi lutut. Jangan lakukan treadmill lebih dari 1,5 jam, ya!

3. Tidur siang

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Buat yang suka tidur siang, hati-hati, lho! Menurut penelitian, tidur siang ternyata bisa memicu penyakit jantung. Selain itu, waktu tidur yang berlebihan bisa mempengaruhi cara kerja otak dan menurunkan daya ingat.

4. Menggunakan hand sanitizer

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Hand sanitizer memang memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri. Namun jika digunakan terlalu sering, malah membuat tangan kita jadi sarang virus dan bakteri akibat cuci tangan yang tidak optimal. Memakai hand sanitizer sebenarnya boleh, asal tangan kita enggak kotor banget atau enggak berminyak.

5. Terlalu sering melakukan medical check-up

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Melakukan medical check-up terlalu sering ternyata bisa membahayak kesehatan, lho! Misalnya nih, kamu melakukan pemeriksaan rontgent untuk mengetahui riwayat penyakitmu. Nah, pemeriksaan rontgent bisa membuat tubuhmu terpapar radiasi  dan dapat meningkatkan risiko penyakit kanker atau pembuluh darah jika keseringan!

6. Mengonsumsi vitamin tanpa konsultasi ke dokter

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Penelitian mengungkapkan, orang yang sering minum vitamin lebih rentan terkena penyakit berbahaya dibanding yang tidak sama sekali. Kok bisa? Vitamin memiliki batas aman konsumsinya dan saat dikonsumsi berlebihan tubuh akan memberikan reaksi tertentu. Konsultasilah pada dokter sebelum menggunakan vitamin tertentu.

7. Minum diet soda

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Banyak yang memilih diet soda sebagai pengganti minuman manis. Padahal nih, diet soda enggak kalah bahayanya dengan minuman bersoda lainnya,  meskipun ada embel-embel kalorinya lebih sedikit. Minum diet soda malah memicu seseorang mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Diet soda juga menggunakan pemanis buatan yang sebenarnya lebih manis dan berbahaya dari gula.

8. Tubuh yang terlalu kurus

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Orang dengan tubuh yang sangat kurus—atau enggak mudah gemuk meski banyak makan—ternyata enggak selamanya sehat, lho! Karena kemungkinan lemak tersimpan pada jantung dan hati mereka yang tentunya bisa menyebabkan penyakit serius.

9. Membersihkan rumah terlalu sering dengan cairan pembersih kimia

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Terlalu sering bersih-bersih rumah, atau lebih tepatnya terlalu sering menggunakan cairan pembersih kimia ternyata berbahaya bagi kesehatan. Memang, rumah bakal mengkilap dan harum, tapi kamu akan lebih rentan pada virus flu dan infeksi pernafasan. Kalau pengin bersih-bersih tiap hari, gunakan bahan alami untuk membersihkan rumah.

10. Menggunakan sandal jepit di permukaan datar

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Tahu enggak sih, sandal jepit dan semacamnya ternyata enggak baik digunakan pada tanah atau permukaan yang datar, lho! Menurut National Foot Health, sandal jenis oini hanya cocok digunakan untuk berjalan di atas rumput dan pasir.

11. Minum air putih berlebihan

kebiasaan sehat yang berbahaya
via: brightside.me

Minum air putih memang sehat dan disarankan. Namun kalau terlalu banyak nih, apalagi aktivitas yang kamu lakukan enggak berat-berat banget atau kamu enggak begitu berkeringat, bisa menimbulkan bahaya bagi tubuhmu. Air yang berlebihan tersebut bisa membuatmu keracunan, merusak komposisi darah, dan bahkan merusak ginjal!

Waduh, ngeri banget ya kalau kita enggak tahu. Efeknya sih mungkin enggak bisa dirasakan dalam jangka pendek, tapi di kemudian hari pasti kita bisa merasakannya kalau masih tetap melakukan kebiasaan di atas secara berlebihan. Semoga tips di atas bermanfaat, ya, Kawan Muda 🙂

Sumber: Brightside