11 Cara Sederhana yang Terbukti Secara Ilmiah Bisa Bikin Kamu Panjang Umur dan Sehat

6.559 views
via: brightside.me

Bisa hidup selama-lamanya alias kekal, kedengarannya sangat seram (ya meskipun tampak menggiurkan pada awalnya). Namun kalau berumur panjang, siapa sih yang enggak menginginkannya? Ya, kalau kata Bon Jovi di lagu It’s My Life sih, I aint gonna live forever, I just wanna live while I’m alive.

Meskipun enggak selamanya bisa tinggal di dunia yang fana ini, setidaknya kamu memiliki keinginan untuk hidup sehat selama mungkin dan memiliki umur yang panjang kan? Apalagi jika kamu sudah menikah dan punya anak, tentunya ingin dong melihat anakmu tumbuh dewasa atau bahkan pengin tahu rasanya menggendong cucu?

Sayang, makin maju dunia ini makin banyak saja penyakit yang menyerang. Manusia di zaman modern bukannya berumur panjang malah pendek umurnya gara-gara pola hidup kekinian yang lebih banyak enggak sehatnya daripada yang sehat.

Namun kamu enggak perlu khawatir lagi sih, karena para ilmuwan telah menemukan cara mudah untuk mendapatkan kesehatan sekaligus umur yang panjang. Whoa, kira-kira apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Jika ingin hidup sepuluh tahun lebih lama, mulai sekarang cobalah mengonsumsi makanan buatan sendiri. Hindari makanan kemasan atau siap saji yang mengandung banyak pengawet. Sebisa mungkin hindarilah makanan yang serba digoreng dan mengandung banyak gula.

via: brightside.me

2. Untuk menjaga agar jantung dan otak tetap sehat, kurang-kurangi ya minum kopi, apalagi yang suka minum kopi pakai gula dan krimer. Gantilah kopimu dengan segelas green tea biar kamu bisa hidup sepuluh tahun lebih lama.

via: brightside.me

3. Jangan terlalu sering mengonsumsi daging merah (apalagi yang doyan lemak-lemaknya). Perbanyaklah konsumsi ikan atau seafood untuk menggantikan daging merah karena kandungan asam amino pada ikan atau seafood memperkecil risiko terserang penyakit Alzheimer. Psst, hidupmu juga bisa bertambah 2,5 tahun lebih lama lho!

via: brightside.me

BACA JUGA:


4. Tahu enggak, kesepian ternyata bisa membunuh lebih cepat lho daripada rokok. Ngeri kan? Itulah sebabnya kamu butuh kumpul-kumpul bareng teman atau keluarga nih biar panjang umur. Intinya, cinta dan kasih sayang dari orang-orang di sekitar bisa membuatmu hidup 3,7 tahun lebih lama.

via: brightside.me

5.Kurang gerak juga bisa mempersingkat umur, apalagi kalau kerjamu kebanyakan duduk. Coba deh imbangi dengan melakukan olahraga selama 150 menit setiap minggunya biar menambah durasi hidupmu 4 tahun lebih lama. Kamu bisa berolahraga dua kali sehari, durasinya masing-masing 30—40 menit. Olahraganya bebas pilih, bisa yoga, jalan kaki, atau olahraga ringan sebelum tidur.

via: brightside.me

6. Selain olahraga, hubungan seks juga bisa membuatmu panjang umur. Eits, tapi hanya boleh dilakukan sama pasangan halalmu ya. Kalau dilakukan sama yang belum halal, takutnya malah jadi masalah dan bikin kamu stres. Bukannya panjang umur eh malah pendek umur jadinya :”)

via: brightside.me

7. Ternyata oh ternyata, punya hewan peliharaan juga bisa memperpanjang durasi hidupmu 3—5 tahun lebih lama. Yup, punya hewan peliharaan membuatmu lebih aktif bergerak dan merasa dicintai. Itulah yang membuat hidupmu bahagia dan panjang umur.

via: brightside.me

8. Pengin durasi hidupmu bertambah 5 tahun lebih lama? Coba deh rutin melakukan meditasi selama 10—15 menit setiap harinya. Meditasi bisa memperbaiki sel-sel otak, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menjauhkanmu dari insomnia. Nah lho, gampang banget kan?

via: brightside.me

9. Tahu enggak sih, orang yang kurang tidur berpotensi terserang penyakit mematikan, lho! Hiey, ngeri banget kan? Oleh karena itu, yuk mulai sekarang tidur yang cukup 7—8 jam perhari. Ya, kalau enggak bisa minimal 6 jam per hari deh…

via: brightside.me

10. Sudah berada di usia senja dan berharap panjang umur? Teruslah aktif meskipun kamu sudah pensiun dari pekerjaan. Buatlah otak dan tubuh selalu aktif untuk meminimalisir penyakit degeneratif.

via: brightside.me

11. Last but not least, pernikahan bahagia bisa membuatmu panjang umur. So, enggak perlu ngebet menikah deh kalau belum siap, yang penting bisa menikah dengan orang yang tepat dan di waktu yang tepat pula. Dibanding terburu-buru karena gengsi dan nantinya enggak bahagia? Batal panjang umur deh jadinya 🙁

via: brightside.me

Tuh, sebenarnya untuk bisa panjang umur caranya mudah banget kan? Ya, sebenarnya bukan masalah umurnya saja sih, dengan menerapkan 11 hal di atas, kamu bisa mendapatkan nilai plus lainnya, yakni hidupmu lebih sehat dan bahagia. Sepakat?

Sumber: Brightside