Pernah enggak Kawan Muda merasa waktu itu berlalu cepet banget? Padahal kamu sibuk melakukan sesuatu seharian penuh, entah itu bekerja atau kuliah.

Tapi anehnya, banyak list di agenda harian kamu yang belum kelar dikerjakan! Pas weekend pun kamu masih harus kerja rodi menyelesaikan tugas-tugas yang belum kelar.


BACA JUGA : Tanda -tanda kamu sedang bosan dengan pekerjaan dan butuh liburan, jangan malah resign!


Hmm… Kalau Kawan Muda sering merasakan hal ini, itu tandanya kamu belum produktif. Nah, supaya enggak pusing karena tugas yang menumpuk, Kita Muda punya 11 cara mudah dan super efektif yang bisa Kawan Muda coba agar lebih produktif lagi. Simak ya!

1. Tentukan apa yang sekiranya penting dan bermanfaat untuk dikerjakan. Sibukkan dirimu dengan sesuatu yang bermanfaat untuk lima atau sepuluh tahun ke depan.

via: entrepreneur.com

2. Tak bisa fokus dan kekurangan energi  bisa jadi penyebab kamu kurang produktif. Nah supaya lebih fokus kamu harus tidur cukup, terapkan pola makan sehat dan teratur, dan jangan lupa olahraga.

via: goredforwomen.org

3. Gunakan aturan dua menitan: jangan menunda-nunda pekerjaan yang bisa dilakukan dalam 2 menit. Seperti membaca atau membalas email penting, melakukan pekerjaan rumah yang bisa diselesaikan dalam dua menit dan sebagainya.

via: bchydro.com

4. Terapkan teknik produktivitas Seinfeld: jika kamu ingin mahir dalam suatu hal, berlatihlah tiap hari pun di hari libur.

via: shutterstock.com

5. Buatlah jadwal kerja dan jangan mengingatnya! Catat jadwal harianmu entah itu di buku agenda atau to-do-list app di smartphone-mu.

via: pentorium.com

6. Ketika mengerjakan sesuatu, jauhkan dirimu dari semua distraksi seperti smartphone, membuka email yang kurang penting, ngobrol atau bergosip, media sosial, dan sebagainya. Selama 30 menit, coba fokus dan selesaikan satu hal penting.

via: netmums.com

7. Buka tab yang benar-benar diperlukan saja di layar komputer. Ini sangat membantumu dalam menghidari distraksi.

via: madebyspeak.com

8. Setelah fokus bekerja selama 30 menit, sempatkan untuk beristirahat beberapa menit. Cobalah berjalan kaki, minum air putih, atau mengobrol.

via: betahaus.com

9. Ciptakan suasana kerja yang efisien. Supaya enggak muncul gangguan dari teman yang ingin mengajakmu ngobrol, gunakan headset dan pura-pura saja kamu sedang mendengarkan musik.

via: cmuse.org

10. Kerjakan 3 hal yang paling penting dan tersulit lebih dulu. Jangan suka menunda tugas yang sulit, kamu harus menyelesaikannya sesegera mungkin.

via: sheknows.com

11. Jangan keras pada diri sendiri. Berikan hadiah atau manjakan diri sendiri setelah kamu berhasil menyelesaikan sesuatu. Hati dan pikiran juga butuh istirahat kan agar mood membaik dan bisa semangat kerja lagi?

via: rojakdaily.com

**

Membuat hari menjadi lebih produktif ternyata sangat mudah, kan? Kalau Kawan Muda menerapkan 11 cara di atas dengan konsisten, dijamin deh hari demi hari kamu bisa makin efektif lagi mengatur waktu. Selamat mencoba Kawan Muda 🙂