Pertolongan pertama adalah tindakan pertolongan yang diberikan terhadap korban dengan tujuan mencegah keadaan bertambah buruk, sebelum si korban akhirnya mendapat perawatan dari tenaga medis resmi. Nah, pengetahuan dan pelatihan tentang P3K mungkin telah Kawan Muda dapatkan saat masih sekolah dulu.

Namun tahukah kamu, beberapa tindakan P3K yang kita ketahui selama ini ternyata ada yang keliru. Kekeliruan pemahaman tersebut bukannya malah membantu mengurangi risiko bahaya pada korban, malah bisa berakibat fatal.

Waduh, seram juga, ya, kalau tidak mengetahuinya! Nah, kali ini Kita Muda akan membahas satu per satu tindakan P3K yang masih sering keliru dipraktikkan tersebut, sebagaimana dilansir dari Brightside.me. Yuk lah langsung kita lihat saja daftarnya.

1. Ketika mengompreskan es pada luka, jangan membungkus es dalam plastik lalu ditaruh di daerah yang memar atau sakit. Cara yang tepat adalah gunakan handuk tipis untuk membungkus es tersebut baru deh letakkan di bagian yang sakit.

via: brightside.me

2. Kesalahan selanjutnya adalah membalurkan alkohol pada tubuh yang demam dengan tujuan mendinginkan tubuh. Cara ini begitu populer namun teramat berbahaya karena alkohol yang meresap ke kulit bisa menyebabkan keracunan. Untuk meredakan demam, istirahatlah yang cukup dan banyak-banyaklah minum air putih.

via: brightside.me

3. Jika seseorang pingsan, jangan mencoba mengangkat atau menyandarkannya kemudian menyipratkan air dingin ke wajahnya seperti di sinetron-sinetron. Prosedur yang benar adalah, angkat kaki mereka kemudian  longgarkan kancing baju dan ikat pinggangnya. Ketika mereka sadar, jangan biarkan mereka untuk langsung berdiri dan berilah minuman yang bebas kafein.

via: brightside.me

4. Menggunakan mentega atau es untuk mengobati luka bakar? Oh, no, kamu salah besar! Langkah terbaik untuk mengobati luka bakar adalah dinginkan area yang terbakar dengan air mengalir selama 15 menit.

via: brightside.me

5. Jangan mengatasi masalah kaki atau lengan patah sendirian karena ini bisa menimbulkan dampak tambahan. Tindakan terbaik yang bisa kamu lakukan adalah langsung bawa korban ke rumah sakit dan perban kaki atau lengan yang patah dalam posisi yang nyaman.

via: brightside.me

6. Ketika keseleo, jangan mengaplikasikan yang hangat-hangat pada kakimu. Karena panas akan membuat pembuluh darah melebar yang malah menyebabkan kaki bertambah bengkak. Nah, untuk mengatasi kaki keseleo, kompres kaki dengan es agar sakitnya perlahan menghilang.

via: brightside.me

7. Muntah adalah hal yang disarankan ketika seseorang keracunan. Padahal, jika mereka keracunan alkali, asam, atau bahan lainnya, sangat tidak dianjurkan untuk muntah! Solusi terbaik adalah langsung panggil ambulans dan minta korban untuk minum banyak air hangat.

via: brightside.me

8. Aduh, jangan coba-coba deh mengeluarkan benda-benda asing yang masuk ke mata karena bisa berisiko melukai matamu. Kalau mata hanya pedih sih kamu bisa membasuhnya dengan air. Namun, kalau ada indikasi benda asing masuk, segera tutup matamu dengan perban dan pergi ke dokter.

via: brightside.me

9. Mencabut pecahan kaca, pisau, atau benda lain yang menempel dan melukai tubuhmu malah menyebabkan pendarahan yang bisa berujung pada kematian. Tak peduli seberapa besar atau dalam benda itu melukai tubuh, jangan sesekali mencabutnya dan segeralah membawa korban ke rumah sakit.

via: brightside.me

10. Untuk menyembuhkan luka, kamu mungkin mengolesinya dengan salep. Padahal, nih, luka akan cepat sembuh kalau kena udara. Karena itulah, bersihkan lukamu secara rutin dengan sabun, lalu tutup dengan perban yang bersih tanpa diberi obat atau salep sama sekali.

via: brightside.me

Nah, itulah 10 tindakan P3K yang selama ini sering keliru dilakukan. Jangan sepelekan informasi di atas ya supaya kamu bisa meminimalisir kejadian buruk yang tidak diinginkan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa share ke orang terdekatmu, ya, Kawan Muda.