Tips Menabung Dengan Cermat Agar Wishlist Tercapai

tabungan

Menabung adalah hal fundamental yang pasti sudah diajarkan oleh orang tua sejak kita masih kecil dengan menyisihkan uang jajan. Menabung itu banyak manfaatnya, kita semua tahu itu. Dengan menabung, setidaknya kamu bisa mengamankan hidup di hari esok.

Namun, banyak dari kamu yang agak-agak boros dan susah banget buat nabung. Tabungan sih ada, tapi rasanya selalu habis terus. Hm, kok bisa ya?

Padahal kebutuhan banyak banget. Mulai dari tabungan pernikahan, untuk beli rumah, mobil, naik haji, biaya pendidikan anak, atau traveling keliling dunia. Widih! Banyak banget ya yang harus dipenuhi di hidup ini :’)

Yuk deh, simak tips menabung ala Kita Muda yang semoga saja bermanfaat bagimu!

1. Pahami betul tujuan menabung

Sisihkan 20% dari pendapatan untuk tabungan masa depan |
via: mashable.com

Biar nggak salah langkah, kamu harus menentukan tujuan dulu nih: kamu nabung tuh mau buat apa sih? Bukan hanya sekedar “buat hidup”, tapi sebaiknya kamu punya jawaban rinci atas pertanyaan ini.

Jika sudah begitu, kamu akan cenderung untuk patuh dan nggak boros karena tujuanmu menabung sudah jelas. Kamu juga akan sadar kalau nggak sebaiknya foya-foya atau hidup boros. Menabung membuat kamu bisa hidup mandiri, nggak bergantung pada orang lain. Gitu~

2. Atur dan gunakan metode menabung sesuai prioritas

Miliki prioritas tabungan untuk jangka waktu tertentu sampai satu wishlistmu itu tercapai. Misalnya kamu akan menikah, maka menabunglah untuk menikah. Khususkan menabung untuk itu hingga sampai datang waktunya. Begituuu seterusnya.

Soal metode menabung, udah banyak banget diulas di website finansial adviser, ada 50:30:20 atau 60:20:20 untuk perbandingan kebutuhan sehari-hari, biaya rekreasi dan tak terduga, serta tabungan. Manakah rumus yang paling tokcer? Jawabannya tergantung kebutuhan kamu.

Kalau saran Kita Muda sih, mending disesuaikan dengan prioritas kamu. Ada kalanya kamu harus menyisihkan gajimu lebih banyak untuk tabungan. Apalagi kalau dapat bonus tuh.

Ibaratnya nih kalau gaji kamu 10 juta dan kebutuhanmu 3 juta, maka tabunganmu bisa senilai 7 juta. Kalau suatu ketika ada tambahan bonus gajimu jadi 15 juta, tetaplah bergaya hidup layaknya kebutuhanmu memang sama 3 juta. Menabungnya ya 12 juta. Begitu, Kawan Muda. Semoga kamu paham ya!

3. Kategorisasi pengeluaran

buku tabungan
via : kfk.kompas.com

Buat cewek-cewek atau ibu-ibu muda biasanya paling hemat dan paling teliti urusan ginian. Menabung bakal lebih cermat kalau kamu bisa mengkategorisasikan pengeluaran kamu. Habis gajian, langsung deh tuh pilah-pilah sesuai arus pengeluaran.

Atur berapa buat makan, berapa buat bayar kosan atau bayar listrik dan air, berapa buat anggaran me-time seperti ke salon, nonton, atau karaoke, berapa harus bayar SPP, dan lain-lain.

Kalau sudah kamu kotak-kotakkan di awal, kamu bakal lebih enak menabungnya. Bakal lebih hemat dan mematuhi aturan batas maksimal pengeluaran untuk satu kategori. Bila perlu, miliki rekening yang berbeda untuk keperluan berbeda.

4. Hindari penggunaan kredit dan utang

Promo dan iming-iming harga murah lainnya memang sering ada di kartu kredit. Pada beberapa hal, penggunaan kartu kredit memang menguntungkan.

Namun, para konsultan keuangan menyarankan untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan kartu kredit. Sebab, penggunaan kartu kredit ini secara implisit memaksa kita jadi boros lho.

Sama aja dengan utang, kamu akan berat di tagihan kalau kamu nggak bisa mengimbangi dengan tambahan jumlah tabungan. Hindari pula mengajukan utang apalagi dengan bunga yang tinggi.

5. Jangan pelit ke orang tua

wisuda-bersama-orang-tua
via: muhdhito.me

Tips menabung satu ini mungkin nggak akan pernah kamu temukan di artikel manapun! Yup, kamu jangan pelit-pelit amat ke orang tua, Kawan Muda. Ingatlah bahwa rezeki yang mengalir padamu itu kebanyakan atas doa restu orang tua lho. Hayooo, sudah berapa besar baktimu pada orang tua?

Ingat, orang tua mengorbankan banyak hal mulai dari kamu bayi hingga kamu sukses lho. Jadi kalau orang tua minta beliin ini itu, selama kamu ada, kalau bisa turutin ya! Pasti balik kok, tenang aja!

That’s all, Kawan Muda. Semoga dengan baca artikel ini kamu jadi semangat menabung ya. Cek lagi tuh wishlist kamu, berapa banyak yang belum tercentang? Nabung yuk, biar kamu nggak nyesel nanti-nanti.

Ciptakan Kesan Baik Pada HRD, Begini 10 Tips Jitu Melamar Pekerjaan

melamar pekerjaan

Setiap bulan di sepanjang tahun, pasti ada fresh graduate yang baru lulus. Pasti ada orang yang baru resign dari kantor lama. Pasti ada orang yang mencari pekerjaan. That’s why, iklan lowongan kerja seolah terus ada sepanjang waktu.

Buat kamu para job seeker, perhatikan yuk tips melamar pekerjaan biar gampang lolos seperti berikut ini.

1. Pilih bidang yang sama

via: iacp.com

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah melamar sesuai bidang. Atau keahlian. Kalau kamu lulusan akuntansi, tiba-tiba ngelamar jadi perawat, nggak heran kalau kamu otomatis ditolak sama HRD.

Pilih sesuai bidang ya. Selain kamu masuk kualifikasi, kerja sesuai bidang juga sebagai penghargaan ke diri sendiri kalau apa yang selama ini kamu tekuni, nggak sia-sia.

2. Gunakan istilah profesi dengan benar

Kamu bisa menggunakan istilah khusus yang hanya dimiliki oleh bidangmu. Tapi pastikan istilah profesi ini benar-benar ada. Contohnya seperti Product Manager, Digital Marketing Officer, UI/UX Designer, dan lain-lain.

3. Jangan ragu memasang angka gaji yang diharapkan

Meskipun kamu fresh graduate, kamu boleh kok mematok gaji yang kamu harapkan. Namun ingat, kalau kerja fresh graduate tanpa pengalaman juga akan memengaruhi besarnya gajimu.

Kalau sudah berpengalaman, nggak masalah kamu mematok di atas UMK. Asalkan, kamu benar-benar bisa bertanggungjawab atas itu. Ingat ya, besar kecilnya gaji bukan ukuran sukses. Yang penting itu Kawan Muda, ba-ro-kah ^^

4. Gunakan foto profesional

Kamu pasti akan diminta lampiran foto terbaru untuk melengkapi berkas lamaran kerja. Gunakan foto terbaru dengan pose yang biasa aja. Baju yang oke, rapi, dan hasil yang jelas. Intinya, profesional.

5. Pastikan semua berkas sudah benar

contoh design cv kreatif
via crella.net

Pastikan nggak ada typo di Surat Lamaran Kerja, berusaha membuat CV terbaik versimu, dan cek lagi lampiran-lampiran berkas lainnya. Nggak perlu diisi dengan kebohongan atas prestasi dan catatan organisasi ya. Percaya aja deh!

6. Riset tempat kerja yang kamu lamar

Lakukan riset kecil di tempat kerja yang akan kamu lamar. Zaman sekarang banyak penipuan, jadi kamu harus hati-hati dalam melamar pekerjaan.

Gunakan google atau referensi dari teman, siapa tahu kamu menemukan info menarik yang dapat mendukung atau malah mengurungkan niatmu untuk melamar kerja di sana.

7. Gunakan situs talent marketplace

Untuk memperbesar peluangmu mendapat pekerjaan, gunakan situs pencari kerja seperti Jobstreet, JobsDB, Karir, dan lain-lain. Di sini kamu bisa melakukan filter sesuai dengan profesi dan lokasi kerja yang kamu inginkan.

Jangan lupa juga memiliki LinkedIn, agar kamu terlihat profesional. Di LinkedIn, kamu juga bisa mencari pekerjaan lho melalui fitur “jobs”. Coba deh!

8. Perbaiki profil media sosial

media sosial
via: cw.iabc.com

Suka nggak suka, mau nggak mau, HRD akan sedikit kepo-in kamu kalau dia tertarik dengan untuk merekrutmu. Oleh karena itu, perbaiki profil media sosialmu ya.

Hati-hati atas kicauanmu di Twitter. Kepribadian sedikit banyak bisa dilihat melalui apa yang kamu bagikan di media sosial lho. Beware!

9. Hindari Job Hopping

Job hopping adalah istilah yang digunakan di lingkungan kerja untuk kegiatan terlalu sering bergonta-ganti pekerjaan. Alih-alih menemukan yang pas di hati, beberapa HRD menilai langkahmu ini kurang baik lho.

Mungkin kamu akan diragukan karena takutnya kalau kamu diterima, kamu akan memperlakukan tempat kerja barumu ini sebagai batu loncatan saja. Lebih baik, selektif dulu di awal dalam memilih tempat kerja.

Ingat Kawan Muda, nggak ada pekerjaan yang 100% enak. Tugasmu hanya menjalankan dan mensyukurinya. Aseeek!

10. Berdoa dan Sabar

Yup! Kamu mesti sabar dan tekun berdoa. Sebab meskipun lowongan pekerjaan begitu banyaknya, tapi pengangguran juga nggak kalah banyak. Selagi itu, teruslah memperbaiki diri, mengasah skill, dan semangat dalam mencari pekerjaan.

 

Apapun pekerjaannya, mau kerja kantoran atau kerja online dari rumah, yang penting, pastikan kehalalannya ya! Semangat!

Menjelang Musim Hujan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Cara Ini!

Musim penghujan tinggal menghitung hari. Itu artinya, kamu harus mulai mempersiapkan diri. Mulai dari cek lagi apakah jas hujan masih layak pakai hingga yang paling penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat.

Tahu sendiri kan, biasanya musim hujan tuh rentan sakit. Flu, pilek, batuk, bahkan penyakit kulit. Virus dan bakteri memang mudah tersebar saat musim hujan. Tubuh sehat dengan sistem imun yang kuat menjadi benteng dari pertahanan diri.

Hm, gimana sih caranya? Simak yuk tips menjaga daya tahan tubuh berikut ini.

1. Perbanyak makan sayur dan buah

salad-buah-segar
via freepik.com

Sayur dan buah benar-benar kaya akan manfaat. Hampir semua orang berpenyakit tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, perbanyak makan sayur buah ya!

2. Istirahat cukup

Mencukupi kebutuhan tidur sangat penting lho, Kawan Muda. Jangan disepelekan. Eh, apa kamu biasanya malah kebablasan ya?

Waktu tidur normal biasanya 7-8 jam untuk orang dewasa dan 9-10 jam untuk remaja. Tidur sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

3. Rutin olahraga

cara menaikkan berat badan
via: swimming.org

Olahraga tentu saja selalu ada di setiap tips kesehatan. Nggak terkecuali di tips menjaga daya tahan tubuh. Dengan rutin berolahraga minimal seminggu sekali, badanmu akan semakin kuat dan bugar.

Otot-otot tidak lagi kaku, keringat keluar dari tubuh, badan menjadi lebih segar dan bergairah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kalau nanti pas musim hujan? Olahraga indoor seperti berenang bisa kamu jadikan pilihan.

4. Tidak merokok dan menghindari alkohol

Meskipun belum diharamkan, tapi secara medis rokok dan alkohol itu emang merusak tubuh lho. Kandungan rokok dan minuman beralkohol sama sekali nggak ada manfaatnya untuk tubuh.

Buat kamu perokok pasif juga harus hati-hati banget, sebisa mungkin hindari asap rokok karena paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Lebih-lebih perokok aktif dan peminum minuman beralkohol, banyak banget penyakit yang menunggu seperti infeksi paru, bronkitis, pneumonia, dan lain-lain.

5. Hindari stres

via: rd.com

Stres memang tidak terhindarkan. Kamu hidup sebagai manusia, nggak mungkin nggak punya masalah. Tau nggak baru-baru ini CEO salah satu e-commerce besar Indonesia beropini bahwa Indonesia negara paling bermasalah.

Terlepas dari setuju nggak setuju atas pernyataan tersebut, peneliti menelusuri memang masih banyak orang yang kurang bahagia a.k.a sejahtera di negeri kita ini. Hm, semoga bukan termasuk kamu ya.

Kerjaan dan tugas yang menumpuk seringkali menjadi penyebab stres. Belum lagi si mantan yang udah jalan sama orang lain, gebetan yang susah banget dideketin, duh adaaa aja deh pokoknya masalah manusia.

Alangkah baiknya kalau kamu bisa mengelola emosi dan menghindari stres. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan akan menjaga kestabilan daya tahan tubuh.

Jika perlu, kamu boleh kok mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter ya, bagaimana level kesehatan kamu sampai-sampai harus mengonsumsi suplemen.

Adapun suplemen untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh yang baik adalah yang mengadung echinacea, morinda citrifolia, phylantus, dan vitamin B6, C, dan E. Tips menjaga daya tahan tubuh pada intinya adalah menerapkan pola hidup sehat.

Semoga sehat selalu, Kawan Muda!

Tips Membuat CV Agar Lolos Seleksi Kerja

contoh design cv creative menarik

Salah satu berkas yang diperlukan untuk melamar pekerjaan adalah Curriculum Vitae (CV) alias daftar riwayat hidup. CV menjadi begitu penting sebab dari sini lah, HRD kali pertama melihatmu.

Tahukah kamu, karaktermu sedikit banyak bisa dibaca melalui CV kreatif yang kamu buat lho. Namun nggak cuma karakter yang penting untuk ditonjolkan, rekam jejak, bakat, dan kemampuanmu selama ini juga butuh kamu tonjolkan melalui CV.

Buat kamu para job seeker, simak yuk tips membuat CV yang baik dan benar seperti di bawah ini agar kamu lolos seleksi kerja!

 

 

1. Desain yang mudah dibaca

cv creative
via good-resume.com

Dalam membuat CV, hal pertama yang paling mencolok biasanya adalah dari segi desain. Jika dibandingkan dengan pelamar kerja yang lain, pasti HRD akan skimming terlebih dahulu membolak-balikkan CV.

Kamu beruntung jika dapat menarik perhatian melalui desain CV. Sebenarnya, desain CV lebih baik yang simpel atau sederhana. Tapi nggak harus demikian, tergantung kebutuhan profesi yang akan kamu lamar.

Hal paling penting dalam desain CV adalah mudah dibaca. Tata letaknya bagus. Enak dilihat dan dapat dipahami.

2. Deskripsi diri yang singkat dan padat

Tidak perlu bertele-tele dalam mendeskirpsikan kamu siapa. Ingat, kebanyakan bio profile di akun Instagram, Twitter, dan sosial media lainnya juga maksimal 160 karakter kan?

Cukup singkat, padat, dan jelas. Selebihnya biarkan HRD menilai dari riwayat pendidikan, pekerjaan, atau organisasi yang pernah kamu ikuti.

Kamu boleh menambahkan profil LinkedIn. LinkedIn memang ditujukan untuk profesional, media sosial yang isinya kebanyakan orang-orang pekerja. Dengan memiliki LinkedIn, kamu sudah ada nilai plus di mata HRD.

3. Tulis soft skill

via: brightside.me

Bukan soal penting nggak penting, tapi soft skill ini perlu kamu tunjukkan melalui CV. Kamu bisa menuliskan soft skill atau hobi. Seperti berolahraga, bermusik, fotografi, atau lainnya.

Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi HRD untuk merekrutmu lho. Pasalnya, beberapa karakter akan terlihat melalui passion atau hobi yang kita suka. Setuju nggak?

4. Isi riwayat kerja, organisasi, dan pendidikan yang spesifik

via: nbcnews.com

Nah ini penting banget nih. Jangan disepelekan!

Kalau bisa, jelaskan secara singkat, padat, dan jelas perjalanan karir dan pendidikanmu. Terutama pekerjaan sih. Tahun berapa kamu kerja di mana dan apa tugasmu di sana.

Hal ini akan memudahkan HRD untuk mengetahui apakah kamu cocok untuk diterima ataukah tidak. Riwayat organisasi yang pernah kamu ikuti juga boleh ditulis, ingat-ingat lagi organisasi bergengsi apa yang pernah kamu ikuti.

Lalu juga pendidikan, cukup cantumkan tahun, tempat, dan jurusan.

5. Perhatikan jabatan atau profesi

Soal ini agak tricky. Kamu boleh menyebut suatu jabatan atau profesi apapun itu yang menurutmu kamu banget. Namun, harus disesuaikan dengan posisi yang perusahaan butuhkan.

Contohnya, perusahaan butuh seorang Senior Digital Marketing. Kamu bisa mendeskripsikan dirimu sebagai Digital Creative Enthusiast atau yang lebih umum seperti Marketing Professional.

Intinya, promosikan dirimu sebaik mungkin. Apa yang akan kamu lakukan di perusahaan yang kamu lamar? Ingin menjadi apa dan akan seperti apa? Pikirkan baik-baik dan representasikan dalam CV.

6. Kalahkan robot pencari

Mungkin banyak darimu yang belum tahu kalau sekarang tuh ada tools buat menyeleksi CV sebelum berada di tangan HRD. Biasanya perusahaan yang menggunakan ini membutuhkan kamu untuk mengunggah CV pada form atau situs pencari kerja.

Ketika CV sudah masuk ke situs pencari kerja, sistem ATS (Applicant Tracking System) akan memindai keyword yang berkaitan dengan profesi yang kamu lamar. Fungsi utama sistem ini adalah mengeliminasi mayoritas resume yang diterima dan memudahkan HRD.

Tugasmu adalah lolos dari seleksi ini. Caranya adalah dengan memasukkan beberapa keyword skill atau kriteria yang dicari pada lamaran kerja yang kamu incar. Perhatikan kata yang sering muncul pada lowongan tersebut terutama di bagian kualifikasi yang dicari.

Tips membuat CV sudah kamu kantongi. Saatnya membuat CV kreatif yang sesuai dengan kamu. Semangat ya! Semoga kamu segera mendapat pekerjaan yang terbaik!

Mau Tes CPNS? Ini 5 Tips Jitu Agar Lolos CPNS

tips lolos cpns

Mencari pekerjaan memang tak mudah, meski demikian, jalannya sangat banyak. Salah satunya adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil alias PNS. Untuk menjadi PNS, otomatis kamu harus mengikuti tes CPNS.

Zaman sekarang banyak di antara kita yang memilih pekerjaan online, tapi masih banyak juga lho yang tertarik dengan kerja kantor khususnya menjadi pegawai negara ini. Nggak ada yang salah dengan keduanya. Yang salah itu, kalau kamu nggak berusaha hingga menjadi tanggungan negara 🙁

Duh, amit-amit jangan sampai ya Kawan Muda!

Anyway, tips lolos CPNS selalu menjadi top search di Google setiap tahunnya. Di sini Kita Muda bakal bahas tips jitu yang dilansir langsung dari ahli yang berpengalaman.

Silakan diikuti, asal jangan tes dengan cara yang haram ya. Kerahkan segala daya dan upaya tapi apalah gunanya kalau kamu mengambil jalan pintas, ceilah. Langsung aja yuk simak tips lolos CPNS sebagai berikut.

1. Pahami Sejarah Indonesia

sejarah Indonesia
via: brightside.me

Seperti yang kita tahu, tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

PNS adalah abdi negara. Oleh karena itu, pengetahuanmu soal sejarah Indonesia benar-benar diuji di TWK. Yuk, banyak membaca tentang sejarah Indonesia. Mulai dari zaman penjajahan sampai zaman sudah merdeka.

Pertanyaan yang muncul biasanya akan seputar sejarah perjuangan Indonesia hingga dasar-dasar negara pasti ada di dalamnya. Soal pasal-pasal, sedikit banyak kamu juga harus hafal nih.

2. Ikut Bimbingan Belajar

Cara lolos CPNS yang satu ini memang cukup mengeluarkan biaya. Namun, itulah yang dinamakan usaha. Kamu sebaiknya mengikuti bimbingan belajar khusus tes CPNS baik privat maupun kelompok bersama teman-teman.

Di bimbingan belajar ini, kamu akan belajar rutin dengan soal-soal maupun wawasan baru atau wawasan lama yang diulang. Nantinya juga akan ada simulasi tes CPNS sehingga kamu nggak kaget saat tes akan berlangsung.

Bimbingan belajar ini pasti ada di setiap kota kok, jangan malas mencari ya!

3. Gigih dalam Belajar

Tips yang ini, dari sejak kamu SD juga sudah terpakai. Gigih dan rajin belajar adalah koentji. Kalau mau lolos, ya harus tekun belajar dong. Jangan hanya mengandalkan faktor keberuntungan karena itu hanya 1% dari 100% keberhasilan.

99% sisanya tentu dengan usaha dan jerih payahmu selama ini. Ecie. Belajar nggak harus di tempat bimbingan belajar aja. Tapi bisa juga di rumah, di kendaraan umum, di sela-sela kamu antre di apotek, dan lain-lain.

4. Pilih Instansi Sesuai dengan Minat atau Jurusan

Agar lolos tes CPNS, kamu juga harus cermat dalam memilih instansi. Pilihlah instansi yang sesuai dengan minat dan bakat atau jurusan kamu. Dengan ini, peluang diterima akan lebih tinggi lho.

Banyak-banyak cari tahu tentang instansi yang kamu tuju. Kesempatanmu untuk diterima sebagai PNS juga lebih besar jika kamu memilih posisi yang memiliki lowongan banyak.

5. Jujur dan Terus Berdoa

berdoa
via: crosswalk.com

Tips dari segala tips tes atau ujian adalah selalu jujur dan tekun dalam berdoa. Jujur itu watak ya, Kawan Muda. Kamu mau menjadi abdi negara yang nggak jujur? Siap-siap deh tanggung jawabmu ke masyarakat Indonesia dan ke diri sendiri.

Tuhan juga akan mendengar doa-doa yang serius. Jangan lupa berdoa sebelum tes dimulai dan jauh-jauh hari secara rutin saat akan mengikuti tes CPNS. Kita Muda juga doain deh, semoga kamu lolos ya!

Buat kamu yang sedang berjuang untuk ikut tes CPNS, have a best luck 😀

Insomnia? Ini 6 Cara Cepat Tidur yang Efektif dan Mudah

tips tidur nyenyak di malam hari

Sering mengalami insomnia? Kira-kira kenapa sih, Kawan Muda? Apa karena sedang jatuh cinta? Lembur? Kebanyakan minum kopi? Atau… mikir tagihan utang? :p

Insomnia tuh sebenarnya nggak enak ya, asli. Tubuh kita butuh istirahat, mata pengin merem, tapi rasa kantuk nggak juga datang. Hm, kalau kamu sering mengalami ini ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter deh.

Kalau enggak, coba terapkan beberapa cara cepat tidur yang efektif dan gampang banget seperti berikut ya!

1. Matikan gadget

tips tidur nyenyak di malam hari
via: makeuseof.com

Poin pertama dan common problems saat ini yang sering banget terjadi adalah nggak tidur-tidur gara-gara mainan hp. Padahal udah bales semua pesan, notifikasi juga udah dilihat semua, tapi kamu ketagihan scrolling.

Duh, kalau dibiarin terus-terusan ini bisa gawat lho! Apalagi kalau udah kecanduan game. Lebih baik, matikan gadget apapun itu sebelum tidur. Biar pikiranmu bisa rileks dan rasa kantuk akan datang dengan sendirinya.

Pada beberapa orang, juga lebih nyaman mematikan lampu sekalian. Atau pakai lampu tidur. Biar kamu langsung terlelap, nggak kepikiran apa-apa.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat bisa membuat tubuhmu rileks. Otot-otot yang tadinya kaku jadi luwes. Bawaannya badan jadi enteng dan segar.

Selain bikin gampang tidur, mandi air hangat di sore hari menjelang malam juga sangat baik untuk kesehatan lho. Asal pas badanmu lagi fit ya.

3. Perhatikan jenis makanan

Adalah diet tinggi lemak dan rendah protein serta karbohidrat
makanan tinggi karbohidrat | via: yahoo.com

Nih, biasanya penyebab susah tidur adalah kamu salah dalam memilih makanan khususnya di beberapa jam sebelum tidur. Hindari makanan berlemak tinggi, karena tubuhmu akan bekerja keras untuk memecah lemak. Sehingga kamu bakal jadi susah tidur.

Lebih baik, konsumsi makanan berkarbohidrat. Karbohidrat mampu membuatmu kenyang dan meningkatkan kadar hormon tryptophan yang memicu rasa kantuk untuk segera tidur.

4. Lakukan latihan pernapasan

Cara cepat tidur yang satu ini sering digunakan oleh psikolog atau dokter untuk membantu pasien yang insomnia. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

5. Tidur di jam yang sama setiap hari

Usahakan punya alarm atau waktu khusus sendiri untuk memulai rebahan di kasur dan berselimut jam berapa. Coba patuhi jadwal tidurmu. Dengan demikian, kamu akan terbiasa tidur tepat waktu dan tubuhmu mau nggak mau akan ‘nurut’ untuk ikutan ngantuk.

6. Jangan overthinking!

berpikir
via : huffingtonpost.com

Last but not least, nggak usah overthinking! Mikir apa sih? Hidup dibawa rileks aja, Kawan Muda. Percayalah pasti selalu ada jalan keluar di setiap masalah. Dan Tuhan selalu ada bersamamu. So, tidurlaah~

Oh ya! selalu ingat untuk berdoa sebelum tidur. Cuci kaki dan tanganmu, gosok gigi, plus night skin care routine buat cewek-cewek nih jangan sampai lupa. Semoga tips cepat tidur ini membantu ya. Sleep tight!

DIY Facial Untuk Kulit Wajah Berjerawat. Cobain Yuk!

facial jerawat

Tips menghilangkan jerawat sering kamu cari caranya di Internet. Tapi, kenapa tetap ada aja ya kuman kecil menyebalkan ini?

Sebenarnya, jerawat itu bisa hilang sendiri tanpa diapa-apain. Tapi lebih baik kalau kamu merawatnya dan segera menghilangkannya untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selain konsultasi ke dokter, kamu bisa coba facial sendiri di rumah lho.

Begini step by step DIY facial khusus untuk kamu yang memiliki kulit wajah berjerawat.

1. Cuci dan pijat area wajah

cuci muka
cuci muka | via liputan6.com

Cuci muka dengan air mengalir dan lakukan pijatan lembut ke seluruh wajah. Hal ini bisa kamu rutinkan paling tidak dua kali sehari. Cuci agar kotoran terangkat dan otot-otot wajah menjadi lebih rileks.

2. Gunakan sikat khusus wajah

Tahu kan sikat khusus wajah yang kekinian itu? Iya, yang bentuknya imut, warnanya cerah, dan harganya lumayan itu. Biar nggak malah kacau, beli lah produk yang original ya.

Kamu bisa menggunakan sikat khusus wajah untuk pengangkatan sel kulit mati lebih optimal. Saat berjerawat, sel kulit mati semakin banyak. Akan susah jika hanya dibersihkan dengan jari-jari.

3. Gunakan sabun pembersih wajah

Perihal sabun wajah apa yang paling cocok untuk kulit berjerawat, kamu pasti sudah memiliki preferensi tersendiri. Mau itu facial soap, facial foam, atau facial wash. Dengan memberi sabun, kulit wajah kamu akan ternutrisi.

4. Gunakan face toner

Toner juga menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit
gunakan toner | via: bustle.com

Oleskan toner ke kulit wajah setelah mencuci wajah dengan sabun. Toner bisa membantu membersihkan sisa make-up dan kotoran yang ada di wajah.

Selain itu juga mengembalikan pH kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi produksi minyak. Pastikan kamu telah memilih face toner khusus untuk wajah berjerawat ya.

5. Dekatkan wajah dengan uap hangat

Mendekatkan wajah atau mencuci wajah dengan uap panas adalah metode penting untuk dapat menghilangkan jerawat membandel di wajah. Tahap ini cuma butuh lima menit kok.

Uap panas akan membuka pori-porimu sehingga komedo dan kotoran dapat terangkat dan ‘rontok’ dari kulit wajahmu. Terutama yang berada di dekat hitung.

6. Gunakan masker wajah alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan masker mentimun
masker mentimun | via: india.com

Bagian inti nih, gunakan masker alami untuk merelaksasi kulit wajahmu. Gunakan masker yang terbuat dari ekstrak buah atau ekstrak bahan alami lainnya. Seperti timun, jeruk, greentea, dan lain-lain. Dengan ini jerawat akan kempes lebih cepat.

7. Bilas wajah dengan es batu

Setelah pakai masker kurang lebih 30-60 menit, saatnya kamu membilas wajahmu. Gunakan es batu untuk mengusap wajah terlebih dahulu. Setelah itu bilas dengan air mengalir sampai sisa-sisa masker semua menghilang.

8. Oleskan pelembap

Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, oleskanlah pelembap. Hal ini akan menghambat peningkatan produksi minyak serta mencegah munculnya jerawat. Gunakan pelembap berlabel noncomedogenic dan bebas minyak untuk kulit wajah berjerawat.

9. Oleskan tabir surya dan krim jerawat

Bagian terakhir, oleskan pula tabir surya untuk kamu jika akan keluar rumah. Atau oleskan krim jerawat jika tidak akan keluar rumah. Hal ini perlu agar jerawat kamu nggak makin parah dan cepat sembuh.

10. Hindari penggunaan make-up setelah facial

Kulit wajahmu sedang baru saja melakukan perawatan intensif. Hindarkan dulu beberapa jam sebelum kamu menggunakan make-up. Biarkan wajah segar tanpa make-up seharian agar jerawat tidak mudah datang lagi.

Lakukan facial jerawat yang mudah dan efektif ini paling tidak sekali dalam dua minggu. Dijamin, jerawat yang sekarang bertengger di wajahmu itu akan cepat hilang. Yuk, cobain!

Rumus VSCO dan Tutorial Edit Lengkap Biar Fotomu Makin Kece!

Menampilkan foto-foto kece ala selebgram memang perlu sedikit effort. Kamu boleh percaya diri dengan hasil kameramu murni tanpa edit, tapi nggak berdosa juga kok kalau kamu pakai aplikasi edit foto seperti VSCO, Lightroom, Snapseed, dan lain-lain.

Selain bikin feeds Instagram makin rapi dan enak dilihat, dengan tutorial VSCO berikut kamu juga bisa meluapkan kreasimu dalam mengedit foto. Foto dengan tone yang sesuai dengan gaya dan kepribadianmu bisa membuat batinmu puas.

Nggak perlu terlalu banyak memikirkan kata orang, yang penting kamunya hepi dalam menampilkan foto hasil editmu. Tapi nggak norak juga ya, hasil foto yang baik juga perlu editan yang konsisten.

Langsung aja yuk, simak rumus edit VSCO berikut ini!

1. Tone hangat dan kalem ini cocok buat dipakai di foto apa saja. Mau pemandangan kota, foto kopi, atau apapun yang menonjolkan benda.

rumus vsco
via hipwee.com

2. Buat kamu yang suka editan ala 80-an, coba yang satu ini deh. Hasil warna lebih ke coklat hangat gitu. Cocok buat kamu yang berpribadi dewasa dan nggak neko-neko.

rumus vsco
via hipwee.com

3. Kalau yang ini, cenderung keunguan ya, Kawan Muda. Buat kamu anak emo, anak rock, yang suka gaya nyentrik cara ini boleh dicoba.

rumus vsco
via hipwee.com

4. Dengan filter ini, hasil makanan yang kamu bidik terkesan lebih tajam dibanding dan memikat. Menunjukkan point of interest yang oke banget. Yang suka posting kuliner, cobain ini ya!

rumus vsco
via hipwee.com

5. Kesan feminin dan girly dapat kamu tunjukkan dengan tone bernada pink seperti ini. Nggak perlu takut dibilang manja, karena pink itu warna universal!

rumus vsco
via hipwee.com

6. Suka monokrom dan ingin warna hitam putihmu makin tajam? Kamu bisa menggunakan rumus vsco ini. Semakin hot dan ngena banget kan warnanya.

rumus vsco
via hipwee.com

7. Dengan tone dingin seperti ini, kamu juga bisa tetep gaya. Dengan rumus ini, fotomu akan terlihat minimalis tapi tetap memukau.

rumus vsco
via hipwee.com

8. Suka pakai fade yang tebal? Rumus yang satu ini cocok buat kamu. Samar-samar tapi elok kalau semua foto konsisten kamu bikin begini.

rumus vsco
via yukepo.com

9. Black and white never goes wrong. Pakai rumus ini biar lebih artsy. Kalau mengandalkan fitur BW aja, kayaknya nggak cukup deh~

rumus vsco
via yukepo.com

10. Kesan tajam, mencolok, dan menarik bisa kamu dapatkan di rumus vsco bertema summer ini. Cocok buat kamu yang suka traveling dan doyan ngefotoin pemandangan sekitar.

rumus vsco
via hipwee.com

Itu baru 10 dari sekian banyak rumus yang bisa kamu terapkan, Kawan Muda. Kalau kamu punya rumus sendiri yang bikin foto biasa jadi keren, boleh yuk share di kolom komentar ya!

5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Rambut

berketombe

Ketombe. Kemunculan salju putih menyebalkan ini dapat disebabkan karena banyak hal. Nggak cocok sama shampoo, stress, dan lain-lain. Apapun penyebabnya, ketombe ini seringnya bikin gatal.

Masalahnya, gatalnya nggak seberapa. Malunya itu lho. Apalagi kalau sampai berjatuhan di baju. Duh, tengsin!

Kawan Muda, apakah kamu satu di antara jutaan umat manusia di bumi yang mengalami ketombe-an di rambut? Kalau iya, kita cari solusinya bareng-bareng yuk. Intip tips cara menghilangkan ketombe secara alami berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Telur

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur
via: luxurybeautymakeup.com

Kita tahu kalau telur banyak manfaatnya. Salah satunya adalah dapat mencegah munculnya ketombe. Soalnya, telur mengandung vitamin B dan tinggi protein yang bisa memperkuat rambut.

Kamu juga bisa diet seimbang dengan makan telur serta makan makanan yang mengandung omega 3, seng, asam lemak, vitamin E dan B. Batasi pula makanan yang banyak mengandung ragi dan gula, karena itu dapat memicu munculnya ketombe.

2. Madu dan Garam

Beri ‘makanan’ ke rambutmu dengan bahan makanan alami bergizi tinggi seperti madu dan garam. Dua bahan dapur ini bisa kamu pakai sebagai masker rambut.

Campurkan madu, garam, air, dan oleskan ke rambut secara merata. Pijat-pijat kepalamu dan diamkan selama kurang lebih tiga jam. Lakukan secara rutin minimal 2 minggu sekali dan ketombe akan perlahan hilang.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya
lidah buaya | via: hindustantimes.com

Sudah bukan rahasia umum kalau lidah buaya sangat baik untuk kesehatan rambut. Lidah buaya punya kandungan protein dan vitamin A. Selain membuat rambut makin tebal, lidah buaya juga bisa mencegah datangnya ketombe.

Lebih baik gunakan lidah buaya alami, bukan yang kemasan, untuk mengoleskannya pada permukaan kepala. Oleskan secara merata dan tunggu selama 30 menit.

Alternatifnya, kamu juga bisa memilih conditioner berbahan lidah buaya. Penggunaan conditioner yang bagus dapat menghilangkan ketombe yang membandel. Ingat, conditioner jangan dioleskan ke kulit kepala ya, cukup permukaan rambut saja.

Bim salabim, ketombe hilang setelah kamu sabar dalam merawat rambutmu!

4. Daun Sirsak

Tumbuk beberapa helai daun sirsak hingga halus dan gunakan ini sebagai masker. Campurkan sedikit air. Lalu oleskan secara merata ke kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 30 menit.

Selain melakukan perawatan ekstra ini, kamu juga harus rutin keramas. Minimal 2 hari 1x. Keramas teratur dapat membuat kulit kepala bersih dari jamur dan minyak.

5. Jeruk Nipis

cara menghilangkan ketombe
Jika digunakan secara teratur, jeruk nipis sangat efektif mengilangkan ketombe | via: stylecraze.com

Paling gampang nih, pakai jeruk nipis campur air dan resapkan ke rambut. Lalu bilas hingga bersih dan ulangi sampai ketombe berkurang.

Kamu juga bisa menggunakan sampo dengan kandungan tree tea oil. Tree tea oil memiliki kandungan minyak esensial sebagai antiseptik alami, obat anti jamur untuk rambut.

Tentunya, bahan alami apa yang berhasil di rambut setiap orang beda-beda ya, Kawan Muda. Sebab karakter kulit kepala pasti berbeda, ada yang berminyak, normal, atau rambut terlalu kering.

Biasanya, ketombe cenderung muncul pada kulit kepala berminyak. Minyak tersebut menjadi sel-sel kulit mati hingga membuat serpihan warna putih bernama ketombe.

After all, semoga cara alami menghilangkan ketombe ini bisa berhasil di kamu ya!

5 Cara Aman Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

cara mengecilkan perut pasca melahirkan

Melahirkan anak ke dunia adalah impian bagi setiap wanita yang sudah menikah. Bagaimana tidak, anak merupakan anugerah terindah dari Sang Pencipta yang dititipkan kepada orang tua yang dipilihNya.

Salah satu fase paling dinanti ini selain menyimpan banyak kesan haru, suka, duka, juga banyak melibatkan perasaan wanita untuk ingin memiliki bentuk tubuh seperti saat belum mengandung. Hm, apakah kamu termasuk salah satunya?

dr. Kevin Adrian mengungkapkan setidaknya ada lima cara yang bisa ditempuh oleh ibu pasca melahirkan untuk mengecilkan perut. Apa aja sih? Simak penjelasan berikut ya!

1. Menyusui

Menyusui-bayi
via parenting.omami.com

Menyusui menjadi kegiatan amazing berikutnya setelah dapat mengandung dan melahirkan seorang anak. Selain dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan anak, menyusui ternyata juga bisa membantu mengecilkan perutmu secara aman lho.

Dengan menyusui, secara nggak sadar kamu telah membakar 500 kalori per hari. Menyusui juga memicu kontraksi yang membantu mengecilkan rahim, sama seperti seluruh tubuh sedang berolahraga.

2. Menggendong anak

Cara aman bin mudah untuk mengecilkan perut bagi ibu baru adalah dengan menggendong sang buah hati. Ahli kebugaran prenatal menyebutkan, menggendong anak ibarat membawa beban seberat 3.6-5.4 kg.

Kamu juga bisa latihan squat agar otot bagian bawah terbentuk dan metabolisme tubuh jadi terangkat. Morning walk dengan menggendong si kecil juga merupakan ide yang bagus lho. Selain kamu sehat, anak juga sehat karena mendapat manfaat panas sinar matahari pagi.

Ingat, jangan terlalu lama berjemur di bawah terik matahari dan jangan lupa kenakan pakaian dan pelindung mata bayi yang aman.

3. Menjaga asupan makanan

via: GreenSmoothieGirl.com

As we all know, makanan bergizi tinggi adalah makanan sehat yang dapat menjadi sumber keberhasilan misi sehat kita. Tidak terkecuali, mengecilkan perut.

Makanlah makanan yang bisa membantu mengecilkan perut seperti protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian, dan makanan tinggi serat lainnya. Hal ini bertujuan untuk membuat kamu cepat dan awet kenyang.

Porsi harus kamu sesuaikan ya, berhentilah makan sebelum kenyang dan hindari junk food. 

4. Olahraga Ringan

Menggerakkan bahu atau mengangguk-anggukkan kepala bisa mengurangi risiko serangan jantung dan meningkatkan kinerja jantung
via: cbphysicaltherapy.com

Memiliki misi ingin ukuran lingkar perut kembali seperti sedia kala tapi malas berolahraga sama dengan janji mantan kamu. Bohong. Ehehe.

Olahraga ringan bagi ibu pasca melahirkan sangat baik untuk menjaga kesehatan hingga untuk mengecilkan perut. Pilih olahraga yang aman untuk ibu pasca bersalin seperti berjalan kaki, yoga pasca melahirkan, peregangan, atau berenang. Olahraga ini juga dapat mengencangkan kembali dinding perut dan membakar kalori.

5. Konsumsi Probiotik dan Perbanyak Air Putih

Perbanyak minum air putih
via: indianexpress.com

Mengonsumsi air putih memang selalu baik untuk menjaga kesehatan. Penting juga untuk mengecilkan perut. Air putih kaya akan manfaat yang diperlukan tubuh. Mencukupi kebutuhan air dapat mencegah dari dehidrasi, menimbulkan rasa kenyang, dan mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Ibu juga bisa mengontrol metabolisme tubuh termasuk lemak perut setelah persalinan dengan mengonsumsi probiotik. Studi ini terbukti, probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus.

 

Tips mengecilkan perut bagi ibu yang baru melahirkan telah Kita Muda sampaikan. Saran sih, lebih baik seorang ibu tidak terlalu menggebu-gebu dan ambisius untuk segera mengecilkan perut.

Terpenting adalah menjaga kesehatan si buah hati dan kesehatan ibu sendiri. Jangan sampai diet yang enggak-enggak, sebab kondisi fisik ibu dan daya tahan pasca melahirkan akan sangat berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

 

Belum Tua Sudah Pikun? Tingkatkan Daya Ingat Dengan Cara Ini!

cara meningkatkan daya ingat

Pernah nggak temen-temenmu atau orang terdekatmu bilang, kamu tuh orangnya gampang lupa alias pikun? Aduh, malu dong Kawan Muda. Masa belum tua sudah pikun?

entu kita nggak bisa mengingat semua hal. Otak manusia terdiri dari berbagai macam memori, ada yang shorterm ada yang longterm.

Namun daya ingat bisa dilatih dan ditingkatkan. Nggak cuma anak-anak yang harus dilatih daya ingatnya. Melatih daya ingat bisa diterapkan di usia berapapun lho, sebenarnya. Asal ada kemauan yang kuat dari dirimu.

Berikut cara tingkatkan daya ingat yang gampang banget dan bisa langsung kamu terapkan.

1. Menulis atau mencatat di kertas

menulis dengan tangan
via pexels.com

Zaman sekarang kita hidup di mana teknologi sudah sedemikian canggihnya. Hp nggak bisa lepas dari tangan. Dan seringnya kita, mencatat hal-hal yang penting di hp. Bukan lagi di buku catatan.

Tahukah kamu, inilah yang membuat otak kita tidak lagi terbiasa untuk menanamkan memori jangka panjang. Menulis dengan pensil atau ballpoint di atas kertas dapat membantu menajamkan ingatan kita tentang apa-apa yang kita tulis.

Kalau nggak percaya, besok-besok kalau pas ada seminar atau meeting bareng klien, coba catat di buku ya. Jangan catat di gadget!

2. Melatih konsep mnemonik

Waktu sekolah mungkin kita sudah diajarkan konsep meningkatkan daya ingat dengan cara mnemonik ini. Cuma, mungkin sebagian dari kita sekarang udah lupa.

Konsep mnemonik juga dikenal dengan sebutan jembatan keledai. Caranya macem-macem sih. Setiap orang bisa beda cara karena beda kecenderungan memorinya. Antara lain:

  • membuat akronim atau singkatan
  • memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan
  • memotong-motong informasi sehingga lebih mudah untuk diingat, seperti saat mencoba mengingat nomor telepon.

3. Hidup terorganisir

Teguran buat kamu yang sukanya hidup messy.

Kamu akan jauh lebih mudah ingat ketika hidupmu terorganisir, well-prepared. Coba buat to-do list satu per satu tiap hari, aktivitas apa yang akan kamu lakukan. Lalu centang jika kamu sudah berhasil melakukannya.

Kamu bisa meminta bantuan dari aplikasi organizer di hpmu kok. Pokoknya hidup dengan target tapi jalani dengan nyaman, jangan terlalu menggebu-gebu mengejar target hidup, nanti kamu stress.

4. Mengabadikan momen dan mencetaknya

mencetak foto
via pexels.com

Kalau-kalau suatu hari nanti kamu sudah pikun, foto-foto dan kenangan yang kamu cetak bisa jadi media yang akan mengingatkanmu lho.

Jangankan saat sudah pikun, ketika kamu membuka lagi album foto yang dulu-dulu pun, kamu bakal diajak mengingat kenangan masa lalu, kan?

Beberapa dari kamu mungkin bahkan ingat sangat detail tentang cerita di balik foto tersebut. Nah, oleh karena itu, kalau kamu sedang mengabadikan momen penting jangan lupa dicetak, Kawan Muda.

Kalau cuma disimpan di hp aja, nanti bisa hilang. Kamu nggak perlu punya kamera polaroid untuk melakukan hal ini kok!

5. Memvisualisasikan

Cara ini termasuk salah satu jenis konsep mengingat dengna mnemonik yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk mengingat sesuatu.

Contohnya nih ketika kamu bertemu teman lama, mungkin kamu cuma ingat wajahnya tapi lupa namanya. Itu berarti memang ingatan kamu lebih suka mengingat apa-apa yang secara visual tampak dibanding dengan kata atau nama.

Sehingga, ketika kamu harus mengingat sesuatu yang mungkin susah banget diingatnya. Ketika akan ujian, misalnya. Ingatlah dengan visualisasikan apa yang ingin kamu ingat.

6. Melakukan permainan otak

Asah kemampuan otakmu dengan melakukan permainan otak. Otak yang jarang digunakan untuk berpikir akan mudah lupa. So, cobain permainan otak agar sel-sel di dalam otakmu tetap terhubung dan selalu menggenerasi.

Contohnya kamu bisa main catur, selain otakmu akan bekerja kamu juga dilatih untuk fokus dan main strategi. Kamu juga bisa main scrabble atau permainan otak yang online lainnya di Lumosity.com.

Coba kamu lakukan 20 menit setiap harinya dan rasakan perbedaannya. Kamu juga bisa mengimbangi kemampuan daya ingat dengan belajar bahasa asing dan mengembangkan hobi.

Nah itu tadi beberapa cara dan trik agar kamu semakin mudah ingat dan susah lupa. Kalau bisa sih, ingat hal-hal yang perlu aja, Kawan Muda. Tagihan utang, misalnya. Bukannya malah ingat kenangan bersama sang mantan 🙁

 

 

5 Cara Jitu Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

cara mengusir tikus

Tikus adalah hewan pengerat. Memang tidak ada satu makhluk hidup pun di muka bumi ini yang diciptakan tanpa tujuan yang baik. Termasuk tikus.

Namun, hewan kecil yang satu ini banyak dibenci orang. Apalagi kalau berwarna hitam, berukuran lebih besar daripada kawanannya, dan berkeliaran di rumah. Hii!

Kamu bisa sering menjumpai tikus berkeliaran di beberapa kota di Indonesia, Surabaya contohnya. Selain di rumah yang kurang higienis, tikus-tikus ini seringkali terlihat mati di tengah jalan karena tertubruk kendaraan.

Agar tidak mengalami hal serupa, simak cara mengusir tikus berikut ini!

1. Rajin membersihkan rumah

Tikus akan enggan untuk berkunjung ke rumah yang bersih. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan rumah. Ada kok jasa pembersih rayap dan tikus yang bisa kamu panggil.

Selain itu, rajin-rajinlah untuk membersihkan perabotan rumah khususnya yang ada di dapur. Sebab tikus suka sekali dengan bau-bau makanan. Jadi seringnya ada di dapur.

Kalau ada sisa makanan, segeralah buang di tempat sampah tertutup. Cuci kembali piring kotor dan alat masak dengan segera. Menjadikan ruangan bersih dan wangi akan membuat tikus enggan ke rumahmu.

2. Biji kopi

biji kopi
biji kopi | via pexels.com

Manfaat kopi ternyata tidak hanya untuk kesehatan tubuh manusia lho. Namun, biji kopi juga berguna untuk mengusir tikus. Kalau kamu kesusahan mencari biji kopi, bubuk kopi pun tak apa.

Tikus memiliki indera penciuman yang tajam dan ia pasti bisa mendeteksi bau kopi. Fortunately, tikus nggak suka sama wanginya aroma kopi!

Siapkan bubuk kopi hitam secukupnya dan taburkan di mana kamu biasanya melihat tikus atau di sekitar rumah. Bubuk kopi harus bubuk yang hitam ya.

Kalau nggak mau ribet, coba pakai pengharum ruangan aroma kopi dulu deh. Lalu lihat seberapa berhasilnya dengan cara ini.

3. Daun mint

Sering kita menyangka kalau daun mint hanya untuk sekedar mempercantik tampilan makanan. Hm, padahal kegunaan daun mint lebih dari itu lho.

Salah satunya adalah bisa sebagai jurus pengusir tikus. Bahan ini dipercaya paling ampuh untuk mengusir tikus karena tikus akan ‘mabuk’ ketika mencium aroma daun mint.

Cara menggunakan daun mint untuk menyerang tikus tuh gampang banget. Blender daun mint dengan air secukupnya, lalu masukkan ke dalam semprotan.

Semprot cairan daun mint di area rumahmu yang biasanya dilalui tikus. Kalau kurang yakin, banyakin aja nyemprotnya. Toh aroma daun mint bagi manusia itu segar, bukan?

4. Bawang

bawang bombay
bawang bombay | via pexels.com

Penyedap masakan alami yang satu ini juga berguna untuk mengusir tikus. Kamu perlu mempersiapkan kain kasa untuk meramu bawang untuk tikus.

Caranya:
Iris bawang putih menjadi beberapa bagian
Bungkus dengan kain kasa
Letakkan di tempat-tempat yang biasanya dilalui tikus atau di sudut-sudut rumah

Diamkan selama beberapa hari dan tikus nggak akan berani keluar lagi!

5. Memelihara kucing

Cara ini agak unik dan mahal. Tapi boleh banget kamu coba buat kamu yang memang suka sama hewan peliharaan.

Inget serial Tom n Jerry, kan? Di dunia ini, tikus dan kucing memang tak bisa bersatu. Seperti kamu dan dia 🙁 ups!

Kalau ada tikus lewat dan ketahuan kucing, kucing nggak sungkan-sungkan untuk memburunya. Beberapa kucing juga akan dengan lahap memakannya.

Pelihara lah kucing, tikus juga paham bau si kucing. Sehingga tikus enggan mendatangi rumah yang ada kucingnya. Namun kalau kamu memelihara kucing, pelihara dengan baik ya jangan cuma disuruh jadi polisinya tikus. Sayangi dan beri makan si kucing setiap hari.

Nah, cara mana yang paling efektif? Tergantung kamu dan kebiasaan tikus di sekitar rumahmu ya. Jadi, nggak ada salahnya mencoba segala cara ini. Good luck!

Anak Susah Makan? Ini 5 Tips Ampuh Agar Anak Mau Makan

anak susah makan

Si kecil masih susah makan? Mungkin kamu perlu menerapkan beberapa tips ampuh agar anak mau makan yang akan kita bahas berikut ini.

Memiliki anak adalah anugerah, sangat menyenangkan dan membuat kamu sebagai orang tua harus terus belajar termasuk hal-hal sepele seperti membuatnya betah makan atau nyaman ketika makan.

Lebih-lebih pada usia tertentu, anak balita harus diajarkan untuk bisa makan sendiri. Di sinilah tantangan kamu sebagai orang tua untuk membiasakannya makan dengan benar dan semangat. Caranya? Yuk intip tips ampuh ajak anak mau makan berikut!

1. Terapkan Pola Makan Teratur

Pola makan teratur harus kamu terapkan setiap hari. Tunggu di jam-jam anak akan semangat untuk makan. Lihat jam mandinya, jam bermain, jam istirahat, dan lain-lain. Dengan menerapkan pola makan yang teratur ini kamu bisa menandai kapan anak mulai lapar.

Tips ini juga sangat dianjurkan oleh dokter dan psikolog anak. Jika kamu membuat pola yang teratur, anak akan lebih tertarik untuk makan karena sudah dibiasakan untuk makan pada jam-jam tertentu.

2. Variasikan Menu Makanan

makanan bayi
makanan bayi | via momtastic.com

Nah ini mungkin sudah selalu kamu coba ya? Tapi kok gagal terus?

Begini, Kawan Muda. Kamu juga harus sabar dan nggak boleh nyerah. Teruskan membuat makanan anak dengan menu yang bervariasi. Dengan ini, kamu bisa berkesperimen masakan mana yang paling disukai sang anak.

Ada kalanya kamu bisa mencoba menu-menu baru yang tidak ada di buku resep makanan bayi. Kamu boleh kok mencoba-cobanya. Asalkan sesuaikan dengan gizi dan takarannya ya. Akan lebih baik jika kamu mencoba hasil masakanmu lebih dahulu sebelum memberikan pada anak.

Mungkin agak-agak hambar dan sudah nggak cocok dengan seleramu. Tapi begitulah sikap orang tua sebaiknya untuk memastikan kualitas makanan sang buah hati.

3. Sediakan Alat Makan Favoritnya

Cara jitu agar anak lahap dalam makan adalah menyediakan alat makan favoritnya. Entah itu sendok, piring, garpu atau dengan warna yang sangat disukainya. Kamu juga bisa meletakkan mainan kecil di meja makan sang anak untuk membantunya tertarik makan.

Namun hati-hati, jangan sampai si anak malah keasyikan bermain daripada makan. Kamu juga bisa bergonta-ganti alat makan anak, sama seperti gonta-ganti menu. Tujuannya adalah agar anak tidak bosan.

4. Sajikan dalam Porsi Kecil

bayi makan
via eggs.ca

Porsi anak-anak jelas beda dengan orang dewasa. Kalau anak masih susah makan, mungkin karena kamu terlalu banyak memberinya makanan. Coba kurangi porsinya atau sajikan dalam porsi yang kecil saja. Hal ini untuk mengimbangi kemauan dan ketertarikan ketika sedang makan.

Batasi juga memberi air minum di tengah-tengah makan. Memberi air minum dengan sering di sela-sela makan akan membuat anak hilang ketertarikan untuk menghabiskan makanan.

Meskipun sang anak sedang makan sendiri, sebaiknya kamu tetap mengawasi ya. Jaga-jaga kalau di kala asyik makan ia tiba-tiba hilang mood.

5. Ajak Anak Ikut Menyiapkan Makanan

Dengan melibatkan anak dalam menyiapkan makanan, anak akan excited untuk segera memakannya. Selain itu, ini juga salah satu momen kedekatan ibu dan anak yang bisa kamu terapkan, Kawan Muda.

Saat mempersiapkan makanan, anak bisa bebas memilih sendiri apa yang ia mau makan. Namun tetap, sebagai orang tua kamu harus mengawasi dan mengarahkan ke menu makanan yang tepat ya. Tepat di makan saat pagi, siang, atau malam dan lihat juga takaran gizinya. Jangan selalu menuruti kemauan sang anak.

Memang agak berantakan ketika anak turut menyiapkan, tapi tips ini layak dicoba!

 

Begitulah beberapa cara agar anak mau makan. Segera terapkan dan semoga berhasil ya!

Mau Nikah? Intip Inspirasi Wedding Dress Cantik ala Desainer Lokal Ini

white wedding dress

Pernikahan merupakan sebuah fase awal kehidupan baru. Di mana kamu dan pasangan kamu akan menjalani kehidupan rumah tangga. Berkomitmen untuk selalu ada satu sama lain sampai selamanya, sehidup semati.

Banyak hal yang harus kamu siapkan menuju pernikahan. Apalagi jika nantinya kamu punya banyak acara. Nggak cuma akad. Tapi juga ada pengajian, resepsi, hingga ngunduh mantu.

Selain niat, mental, spiritual, tabungan, dan restu orang tua kamu nantinya pasti akan disibukkan dengan segelintir persiapan acara. Mulai cari vendor, cari venue, cari fotografer, MUA, dan nggak kalah penting adalah outfit kamu saat menikah nanti.

Nih, ada beberapa desainer Indonesia yang punya wedding dress cantik. Intip yuk, siapa tahu bisa jadi inspirasi kamu nantinya.

1. Gaun cantik yang dipakai Kimberly Rider di hari istimewanya ini dirancang oleh desainer Biyan. Sederhana dengan brokat motif bunga.

View this post on Instagram

Repost @kimbrlyryder – Thank you 2018, what a journey.✨

A post shared by BIYAN (@biyanofficial) on

2. Energy of Akad dari Syahrini dan Reino Barrack yang sangat fenomenal. Wedding dress untuk akad mereka merupakan rancangan dari Eddy Betty.

3. Adrian Gan, salah satu desainer terbaik Indonesia ini selalu menampakkan kesan sederhana tapi mewah lewat berbagai design wedding dress custom miliknya.

4. Desainer sekaligus artis Ivan Gunawan juga selalu memanjakan kliennya dengan wedding dress yang memukau. Hasil karya Ivan Gunawan ini sering mendapat apresiasi di tingkat Internasional.

5. Tampil syar’i di hari pernikahan, percayakan pada Laksmi Muslimah. Selain custom minta dibuatkan, kamu juga bisa menyewa berbagai macam koleksi Laksmi.

View this post on Instagram

Kalau sewa busana di Laksmi satu set dapat apa aja yaa? . Satu set sewa busana di Laksmi akan dapat busananya yang pasti yaaa, lalu ada hijabnya bisa request nihh selain pasminah yg panjang bisa buat syar'i kayak gini, bisa juga lohh minta request bahan lain untuk mengkombinasi penampilannya nanti . Tak lupa nanti akan ada veil cantik yang bisa request juga mau yg seperti apa. Ada long veil yang sampai menyentuh tanah, ada yg 3D flower seperti ini, ada veil dengan motif kebaya, veil minimalis juga ada . Bingung?? Tenang nanti akan dibantu oleh tim consultan wedding dan wardrobe Laksmi yg super ramah yang akan membantu menyesuaikan mana yg bagus untuk kamu 💕💕 . Foto by @jellymotion_id #laksmiislamicbride #laksmimuslimah #kebayalaksmi #muslimahweddingsurabaya #bridalmuslim #pengantinmuslim #weddingsurabaya #surabaya #hijabersurabaya #weddingmuslim #traditionalwedding #weddingtraditional #akadnikah #resepsi #weddingorganizersurabaya #gaunsurabaya #gaunmuslimahsurabaya #inspirasipernikahan #bridestory #brideideas #weddingdress #weddingmuslimah #hijabwedding #weddinghijab #weddingdress

A post shared by Laksmi Muslimah (@laksmimuslimah) on

 

Masih banyak desainer Indonesia yang menggarap fashion wedding dress specialist. Ini hanya lima dari sekian banyak, semoga bermanfaat ya!

Wedding dress nggak harus beli langsung jadi yang harganya selangit. Kamu bisa mengakalinya dengan bikin sendiri dengan beli bahan yang sesuai dengan budget. Selain itu kamu juga bisa sewa atau malah pakai wedding dress bekas orang tua seperti Nadine Chandrawinata.

Anyway, semoga lancar terus ya persiapan pernikahannya!