Smartphone Kawan Muda sudah termasuk generasi lawas? Wah, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru. Bukannya apa, karena semua aplikasi di smartphone tuh sekarang serba update.

Kalau masih pake smartphone dengan OS yang lawas, kamu mungkin enggak bisa menikmati update terbaru dari aplikasi yang ada, WhatsApp atau Line misalnya. Memang sih masih bisa dipake, tapi enggak jarang ada yang suka eror-eror gitu dan masa sih kudet dengan fitur terbaru yang bikin gemes?

“Aduh, tapi kan ganti smartphone yang lebih canggih tuh pasti mahal!”

Siapa bilang! Zaman sekarang tuh banyak banget smartphone murah terbaik yang banyak dicari orang di pasaran. Bahkan Kita Muda pernah beberapa kali kasih rekomendasi hp murah berkualitas tinggi, seperti  beberapa waktu lalu Kita Muda membahas tentang smartphone murah terbaik 2018 dengan harga sejutaan atau smartphone terbaik dan murah khusus untuk mobile gaming.

Nah, biar referensi Kawan Muda lebih banyak lagi, Kita Muda akan kasih rekomendasi smartphone murah terbaik yang paling banyak dicari hingga detik ini, hehe. Penasaran, kan? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. RealMe 2

Smartphone murah terbaik RealMe 2 | via: gadgetsnow.com

Realme dulunya adalah sub brand dari vendor Oppo, tapi sekarang sudah ‘ melepaskan’ diri dan mereka merilis smartphone terbarunya (pasca berpisah dari Oppo) yakni Realme 2. Meski berpisah dengan Oppo, pihak Realme mengaku bahwa mereka memiliki pasar yang berbeda dengan Oppo. Yup, fokus Realme adalah menyasar generasi muda seperti kita-kita Kawan Muda.

Selain menyuguhkan smartphone dengan spesifikasi ciamik dan tampilan menarik, harga yang ditawarkan juga anak muda banget, hehe. Realme 2 yang sudah resmi masuk Indonesia—hadir dengan Snapdragon 450, RAM 4GB, penyimpanan internal sebesar 64GB dan baterai berkapasitas 4.230 mAh yang dijamin awet seharian penuh—dibanderol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan. Nah lho, murah meriah, kan?

Harga: Rp 2 jutaan

2. Xiaomi Redmi 6/6A

Smartphone murah terbaik Xiaomi Redmi 6/6A | via: mysmartprice.com

Kalau ngomongin hp murah berkualitas tinggi, Xiaomi ada di peringkat paling atas, ya :”). Apalagi vendor ini benar-benar menunjukkan konsistensinya menelurkan smartphone murah terbaik yang begitu ramah di kantong. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi 6/6A, yang dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan saja!

Padahal, Redmi 6 sudah dibekali dengan Helio P22, RAM 3GB dan 32/64GB penyimpanan internal. Smartphone ini juga dibekali dual camera dan fingerprint scanner di bagian belakang smartphone. Nah lho, meski murah tetap canggih, kan?

Harga: Rp 1,9—2,4 jutaan

3. Infinix Note 5

Smartphone murah terbaik Infinix Note 5 | via: techengineer.ooo

Smartphone murah terbaik 2018 selanjutnya adalah Infinix Note 5. Meski rilis smartphone yang satu ini enggak begitu digembar-gemborkan, Infinix Note 5 mengusung spesifikasi yang menakjubkan, lho.

Infinix Note 5 dipersenjatai dengan Helio P23, RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Kelebihan lain yang menggiurkan adalah kapasitas baterainya yang mencapai 4.500 mAh! Dengan pemakaian normal, baterainya bisa bertahan hingga 3 hari! Oh ya,  OS pada Infinix Note 5 menggunakan Android 8.1 Oreo versi stock dan kemungkinan besar akan mendapat updater 9.0 Pie dalam waktu dekat

Harga: Rp 2,5 jutaan

4. Honor 7C

Smartphone murah terbaik Honor 7C | via: gadgets.ndtv.com

Mau cari smartphone murah terbaik dengan dual camera? Coba deh lirik Honor 7C. Dengan harga sekitar Rp 2 jutaan saja, kamu bisa mendapatkan smartphone dengan dua kamera belakang, yang masing-masing beresolusi 13 MP dan 2 MP.

Kamera oke, gimana dapur pacunya? Hoho, untuk harga segitu dengan fitur kamera yang sudah canggih, dapur pacunya lumayan menarik. Honor 7C Dibekali dengan Snapdragon 450, RAM 3GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB. Layar yang digunakan juga sudah beresolusi HD+ dengan ukuran 6 inci.

Harga: Rp 2 jutaan

5. Xiaomi Redmi Y2

Smartphone murah terbaik Xiaomi Redmi Y2 | via: mobileappdaily.com

Lagi-lagi smartphone murah terbaik keluaran Xiaomi, yakni Redmi Y2. Kalau Kawan Muda nyari smartphone yang bagus buat selfie, Redmi Y2 adalah pilihan yang tepat karena smartphone ini mengusung kamera depan beresolusi 16 MP yang sudah didukung AI untuk efek bokeh.

Beralih dari kamera depan yang begitu menakjubkan, Redmi Y2 juga memiliki dapur pacu yang ciamik dengan dipersenjatai Snapdragon 625, RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB yang mampu diperluas dengan MicroSD hingga 256GB.

Harga: Rp 2 jutaan

6. Vivo Y83

Smartphone murah terbaik Vivo Y83 | via: FoneArena.com

Vivo Y83 yang rilis pertengahan tahun 2018 ini merupakan smartphone pertama keluaran Vivo yang menggunakan prosesor MediaTek Helio P22. Smartphone ini fokus menyasar para pecinta selfie karena kamera depannya yang beresolusi 13 MP telah dilengkapi AI Beauty Selfie.

Kelebihan lain smartphone ini adalah adanya GPU Power VR GE8320 yang mumpuni untuk bermain game (meski kapasitas baterainya standar yaitu 3.260 mAh). Untuk dapur pacu, Vivo Y83 disokong Oreo dan antarmuka Funtouch OS 4.0, RAM 4GB dan ROM 64GB, OS Android 8.1 yang mampu mendongkrak kinerjanya, termasuk untuk multitasking.

Harga:  Rp 2,3 jutaan

7. OPPO F9

Smartphone murah terbaik OPPO F9 | via: tekno.kompas.com

Smartphone Oppo yang memiliki body memikat ini memiliki performa yang baik untuk multitasking dan gaming. Dipersenjatai dengan prosesor Helio P60, OS Android 8.1 Oreo, dengan pilihan RAM 4/6GB dan ROM 64GB, performa OPPO F9 dijamin maksimal.

Sektor kameranya pun ‘menggiurkan’ dengan adanya sistem dual kamera utama, masing-masing bersensor 16MP + 2MP dan aperture f/1.8 dan f/2.4; dan kamera sekunder 2MP yang bisa menghasilkan efek bokeh yang baik. Untuk kamera depannya, Oppo menyematkan kamera beresolusi 25 MP dengan AI Selfie.

Harga: Rp 3,8 jutaan

Itulah beberapa rekomendasi smartphone murah terbaik versi Kita Muda. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan sebelum Kawan Muda beli smartphone baru, ya! Bagaimana, sudah menentukan akan memilih yang mana?