Suka Traveling? 5 Kamera Murah Ini Cocok Jadi Teman Travelingmu!

1.474 views
kamera untuk millenials yang suka traveling
via: nina-travels.com

Kurang lengkap rasanya kalau berlibur tanpa mengabadikan keindahan tempat wisata sebagai ‘oleh-oleh’ liburan untuk diri sendiri. Saat ini memang sudah banyak smartphone dengan kamera terbaik yang bisa menghasilkan foto dengan kualitas jempolan. Dan beberapa orang menilai bahwa membawa smartphone saja sudah cukup.

Namun tak ada salahnya untuk mempertimbangkan membawa kamera tambahan agar momen yang kamu abadikan bisa lebih banyak.  Apalagi kalau kamu termasuk milenial yang enggak mau ketinggalan eksis di media sosial.

Nah, ada beberapa kamera murah dengan kualitas jempolan yang bisa kamu andalkan saat berlibur. Kita Muda telah merangkum 7 di antaranya yang sangat cocok untuk traveling karena bobotnya yang ringan dan dari segi harga juga masih terjangkau. Yuk, langsung saja kita lihat daftarnya berikut ini.

1. Ricoh GR II

kamera untuk millenials yang suka traveling
Kamera terbaik untuk traveling Ricoh GR II | via: techno.id

Kecil-kecil cabe rawit, ungkapan tersebut sangat cocok disematkan pada kamera ‘mini’ yang satu ini. Meskipun termasuk kamera saku compact, hasil jepretannya enggak kalah berkualitas dengan beberapa kamera DSLR/SLR. Bentuknya juga kokoh, ringan, enak digenggam, dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk pengguna pemula dan praktis dibawa-bawa saat traveling.

Ricoh GR II memiliki resolusi kamera 16 MP dengan sensor detector fotonya 17 MPl. Dengan sensor CMOS yang disematkan, kamera ini bisa menghasilkan foto berkualitas baik. Memotret dalam keadaan gelap pun tak perlu khawatir karena Ricoh GR II sudah dilengkapi pengaturan ISO otomatis (yang bisa di-setting dari 100 hingga 25600).  Kekurangannya, kamera ini tak bisa menghasilkan foto sempurna untuk fitur foto makro dan foto continuous shooting (foto beruntun dengan cepat).

2. Panasonic Lumix TZ70

kamera untuk millenials yang suka traveling
Kamera terbaik untuk traveling Panasonic Lumix TZ70 | via: talkgeo.com

Bicara soal kamera saku travel unggulan, Panasonic seri ZS dan TS adalah pemain lama dan bisa dibilang mendominasi pasar. Dari beberapa tipe yang ada di kedua seri tersebut, Kita Muda merekomendasikan Panasonic Lumix TZ720. Kamera saku mungil ini membawa lensa super zoom yang cukup panjang, yang mampu melakukan optical zoom hingga 30x atau setara dengan lensa 24mm—720mm.

Kamera ini cukup ideal untuk memotret aksi-aksi cepat seperti kegiatan olahraga atau memotret interaksi hewan di alam liar, karena di dalamnya disematkan fitur image stabilization HYBRID O.I.S+ 5-axis yang diklaim mampu meminimalisir blur akibat goyangan tangan.

3. Canon EOS M100

kamera untuk millenials yang suka traveling
Kamera terbaik untuk traveling Canon EOS M100 | via: pocket-lint.com

Dari kamera saku kita beralih ke kamera mirrorless compact untuk traveling, yakni Canon M100. Kamera ini sangat simpel dan praktis sehingga banyak direkomendasikan untuk traveling atau pengguna pemula. Meskipun kelihatannya ditujukan untuk pemula (sebagian besar kendalinya ada pada layar LCD sentuh dan ada mode otomatis, Canon M100 bisa menghasilkan gambar dengan kualitas SLR dan disematkan pula beberapa fitur yang hanya terdapat pada DLSR Canon tingkat atas.

Kamera ini bisa menghasilkan foto berkualitas dalam kondisi terang maupun gelap. Sayangnya, suara shutter-nya agak keras, ada sedikit jeda atau lag saat memotret (sekitar 0.1 detik), dan material kamera sebagian besar terbuat dari plastic.

4. Sony Alpha A6000

kamera untuk millenials yang suka traveling
Kamera terbaik untuk traveling Sony Alpha A6000 | via: digitaltrends.com

Selanjuntnya ada Sony Alpha A6000, kamera mirrorless yang compact dan ringan, tapi performanya bisa di atas DSLR. Yup, kamera bergaya klasik ini menyematkan sensor 24,3 megapiksel APS-C seperti yang ada pada kamera DSLR. Kamera ini bisa memotret beragam aksi cepat dan mampu menghasilkan foto yang tajam dengan warna dan kontras yang akurat.

Sony Alpha A6000 bisa menghasilkan foto berkualitas baik di kondisi pencahayaan apa pun. Keunggulan lain dari kamera ini adalah teknologi autofocus Hybrid yang membuat kinerjanya berada di atas rata-rata (dan bisa menyesuaikan kondisi pencahayaan apa pun).

5. Fujifilm X-E3

kamera untuk millenials yang suka traveling
Kamera terbaik untuk traveling Fujifilm X-E3 | via: anthonythurston.com

Dengan desain yang compact dan pengoperasian mudah, kamera bergaya retro ini bisa kamu jadikan opsi untuk teman traveling. Fujifilm X-E3 merupakan kamera mirrorless kelas menengah dengan sensor 24 MP untuk foto serta bisa merekam video hingga resolusi 4K!

Menyematkan kombinasi sensor CMOS X-Trans III dan X-Processor Pro, kamera ini bisa menangkap fokus dan dioperasikan lebih cepat.

6. KTF Ricoh WG 50

kamera untuk millenials yang suka traveling
Kamera terbaik untuk traveling KTF Ricoh WG 50 | via: trustedreviews.com

Pengin mengabadikan keindahan bawah laut saat traveling nanti? KTF Ricoh WG 50 bisa jadi andalan kamu. Kamera super kokoh ini bisa bertahan di kedalaman 14 meter dan tahan susu dingin hingga minus 10 derajat Celsius. Mantapnya lagi, dia mampu bertahan dari benturan saat jatuh dari ketinggian 2 meter.

Dengan resolusi 16 MP dan sudah dilengkapi sensor CMOS, kamera ini bisa mengambil gambar bawah air yang tajam dan tampak nyata. Mode SR digital yang disematkan di dalamnya juga bisa meminimalisir efek goyangan kamera dan goyangan subjek saat pencahayaan buruk.

7. KTF GoPro Hero6 Black

kamera untuk millenials yang suka traveling
Kamera terbaik untuk traveling KTF GoPro Hero6 Black | via: t3.com

Butuh kamera tahan air yang fleksibel untuk aktivitas traveling? Kamu bisa melirik GoPro Hero 2018 Action Cam. Bodinya memang mungil, tapi kamu bisa mengajaknya menyelam hingga kedalaman 10 meter tanpa harus menggunakan casing tambahan. Dengan layar sentuh berukuran 2 inci di belakang bodinya yang memiliki respon layar yang baik, kamu bisa merekam video atau ambil foto tanpa harus terhubung ke smartphone.

GoPro Hero6 Black bisa mampu menghasilkan video beresolusi 4K dan foto beresolusi 12 MP dengan kualitas baik. Kamu pun tak perlu khawatir dengan guncangan karena adanya fitur penstabil elektronik 3-axis image correction yang diklaim efektif mengurangi efek guncangan tangan saat memotret atau merekam video.

Nah, itulah rekomendasi kamera murah terbaik untuk kamu yang suka traveling. Bagaimana? Sudah menemukan apa yang kamu cari. Intip juga artikel ini kalau kamu masih membutuhkan referensi kamera terbaik lainnya.