10 Hack Android Bikin Kerja Makin Praktis. Cobain Yuk!

Punya smartphone Android tapi nggak pernah utek-utek sampai nemu cara gampangnya? Wah, kamu harus update soal hack Android nih, Kawan Muda!

Cara-cara gampang buat nge-hack nggak boleh disia-siakan. Dengan mengetahui trik-trik Android, kamu bisa menggunakan hpmu secara lebih optimal.

1. Connect WiFi Otomatis

Nggak perlu ribet-ribet cari password atau takut nggak bisa connect internet kalau kamu lagi nggak ada kuota. Asalkan kamu sudah pernah tersambung dengan WiFi sebelumnya, kamu bisa menyalakan fitur auto connect. 

Hal ini berguna untuk penghematan daya dan baterai. Caranya Settings Network & Internet > WiFi WiFi preferences. Kemudian aktifkan Turn on WiFi automatically. 

2. One Handed Mode

one handed mode
one handed mode | via androidresult.com

Masih banyak yang nggak ngerti kegunaan fitur one handed mode ini buat apa. Jadi, fitur yang satu ini bisa bikin kerjaanmu lebih fleksibel dan cepat. Soalnya kamu hanya butuh satu tangan untuk mengetik.

Caranya Settings Advanced features > nyalakan One-handed mode. Trik ini untuk mengakali operasional keyboard bawaan yang memang menggunakan dua tangan. Namun cara ini bisa berbeda-beda ya di setiap jenis smartphone. Coba aja dulu!

3. Atur Volume Berbeda

Kalau yang ini kamu pasti udah paham. Kamu bisa mengatur volume yang berbeda-beda untuk setiap kebutuhan suara seperti ringtone, notifikasi, alarm, media, hingga suara keyboard.

Caranya klik Settings > Sounds > Volume. Di sana akan muncul slider yang bisa mengatur setiap tipe audio. Kamu tinggal atur sesuai dengan keinginan.

4. Screen Pinning

screen pinning
screen pinning | via psafe.com

Cocok buat kamu yang introvert atau kamu yang nggak kepengin diisengin orang nih! Aktifkan mode screen pinning.

Screen pinning merupakan fasilitas atau fitur Android yang membolehkan handphone hanya aktif untuk satu aplikasi saja. Hingga kamu memasukkan lock screen code. Sehingga orang yang sedang pinjam hpmu nggak akan menjelajah isi hp-mu lebih jauh.

Untuk mengaturnya kamu perlu masuk ke Settings > Security > dan aktifkan screen pinning. Android hack ini hanya bisa dilakukan di Android Lollipop hingga jenis terbaru ya.

5. Custom Ringtone Notifications

Pas lagi di kamar mandi tiba-tiba hp bunyi ada yang nelfon. Dikiranya gebetan makanya buru-buru kelar ehh ternyata si bos. Tau gitu nggak usah diangkat! Kan lagi libur!

Kamu pernah mengalami kejadian itu?

Aha. Saatnya kamu mengaktifkan custom ringtone notifications untuk kebutuhan nada dering yang berbeda-beda di setiap kontak yang kamu mau. Jadi bisa ditandai deh, kalau doi yang telfon, hpmu bakal muter lagu apa.

Caranya cukup masuk ke Contacts > klik nama kontak > Edit > Ringtone. Dan taraaa! Kamu nggak akan bingung lagi dan bertanya-tanya “ini siapa sih yang nelfon” 😀

6. Android Auto-Update

android update
android update | via techgenzy.com

Tanpa perlu menunggu pihak developer untuk memberikanmu notifikasi perilah update Android terbaru. Kini kamu bisa dengan mudah melakukan update pada Android dengan cara root hp. Praktis, kan?

7. Batasi Notifikasi

Pusing nggak sih dikit-dikit ada pop up notifikasi yang kadang-kadang nggak perlu?

Kamu bisa banget lho melakukan pembatasan pada notifikasi ini. Ada fitur yang namanya Do Not Disturb yang bisa kamu manfaatkan.

Caranya gampang. Tinggal masuk ke Settings > No Disturb Mode, atau pada smartphone tertentu, kamu harus masuk ke laman Sound > Do Not Disturb preferences > aktifkan.

8. Google Assistant

google assistant
google assistant | via cnet.com

Cari apa aja dan pengin kerjaanmu lebih mudah? Cobalah memanfaatkan Google Assistant.

Kamu bisa ‘menyuruh’ asisten virtual ini melakukan hal-hal dari yang sepele sampai yang cukup penting. Seperti mengaktifkan handphone, merekomendasikan pencarian, hingga mengatur jadwal kegiatan atau aktivitas harian.

Caranya masuk ke Google > Settings > Voice > Voice Match. Masukkan suaramu. Dengan begitu, kamu hanya perlu mengatakan “OK Google” untuk membuka handphone.

9. Tampilan Versi PC

Lebih leluasa untuk browsing dengan mengaktifkan browser Google Chrome dengan tampilan versi PC.

Caranya, masuk ke Menu lalu aktifkan Request desktop site. Perlu diingat bahwa fitur yang satu ini cukup memakan lebih banyak data. Cocok digunakan saat kamu lagi pakai WiFi! :p

10. Atur Gesture untuk Setiap Perintah

Makin praktis dengan gesture berbeda di setiap perintah. Cara mengaturnya cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Settings kemudian aturlah penggunaan gestur di menu Gesture and Motion.

Itu tadi cara-cara praktis menggunakan Android. Terapkan di hp-mu agar semakin mudah dan optimal dalam bekerja ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *