Beberapa hari lalu, grup chat Kita Muda gempar karena salah satu mimin mengirimkan stiker wajah idol K-pop di WhatsApp. Lho, kok WhatsApp punya stiker lucu sih sekarang?

Memang sih, versi WhatsApp terbaru kini sudah memiliki fitur stiker lucu. Namun perasaan enggak ada deh  sih stiker idol K-Pop!

Usut punya usut, mimin Kita Muda ternyata bikin stiker sendiri di WhatsApp. Yup, pengguna WhatsApp kini bisa mengkreasikan stiker favorit mereka sendiri.

Bahkan pake foto diri sendiri pun bisa! Beberapa dari Kawan Muda mungkin sudah ada yang tahu bagaimana cara bikin stiker WhatsApp dengan foto wajah sendiri atau foto wajah selebriti idola kamu.

Nah, buat yang belum tahu atau masih kebingungan, Kita Muda bakal kasih tahu langkah mudah membuat stiker WhatsApp sendiri. Bagaimana caranya? Simak, yuk!

1. Buat Kawan Muda yang ingin bikin stiker WhatsApp sendiri (biar ikutan hits), pastikan dulu ya aplikasi WhatsApp kamu sudah di-update ke versi terbaru, yakni versi 2.18 atau lebih baru agar mendukung penggunaan stiker. Kalau belum update versi terbaru, kamu tinggal meng-update-nya saja 😉

Fitur stiker di WhatsApp bisa digunakan jika WhatsApp kamu sudah di-update ke versi 2.18 atau lebih baru | via: androidcentral.com

2. Kalau sudah di-update, sekarang kamu cari foto yang mau dijadikan stiker. Pertama-tama, kamu harus menghapus background atau latar belakang foto kamu (diambil kepala atau setengah badan saja misalnya). Untuk menghapus background dan mengubah formatnya jadi PNG, kamu bisa mengunduh aplikasi background eraser di PlayStore atau AppStore.

Gunakan aplikasi background eraser untuk menghapus latar belakang foto yang digunakan untuk stiker dan menyimpannya dengan ekstensi png | via: intisari.grid.id

Bagaimana cara menggunakan background eraser:

  • Pertama-tama, buka dulu aplikasiBackground Eraser dan buka foto yang sudah disiapkan dengan memilih pilihanLoad a photo.
  • Nanti akan ada pilihan untuk memotong gambar sampai batas gambar yang diinginkan. Setelah dipotong, langsung hapus saja latar belakang foto. Agar lebih mudah, pilih Magic dan sesuaikan ukuran kuas dengan mengubah Expectant Magic Size.
Gunakan aplikasi background eraser untuk menghapus latar belakang foto yang digunakan untuk stiker dan menyimpannya dengan ekstensi png | via: tekno.kompas.com
  • Jika sudah selesai, pilih ‘Done’ yang ada di pojok kanan atas lalu pilih ‘Finish’. Nah, foto kamu tadi akan tersimpan dengan ekstensi png.

3. Nah, foto kan sudah, kalau mau stiker kamu ada tulisannya, Kawan Muda bisa nih mengedit lagi foto yang sudah dipotong tadi di aplikasi PicsArt. Belum ada aplikasi PicsArt, kamu tinggal download saja di PlayStore atau AppStore.

Bagaimana cara menambahkan tulisan di stiker:

  • Pertama-tama, buka dulu aplikasi ‘PicsArt’, lalu klik tanda ‘+’ yang ada di bawah. Pilih gambar yang tadi sudah kamu edit di aplikasi ‘Background Eraser’.
  • Kalau sudah pilih foto, langsung deh tambahkan tulisan sesuai yang kamu inginkan dengan menggunakan fitur ‘Text’.
  • Selanjutnya tinggal disimpan deh fotonya dengan memilih tanda anak panah di kanan atas, lalu klik ‘Save’.

4. Stiker sudah ada, sekarang saatnya memamerkan stiker ke teman se-geng nih. Gimana caranya?

Impor foto hasil editan kamu agar bisa digunakan jadi stiker dengan mengunduh aplikasi ‘Personal Stickers for WhatsApp’ | via: tekno.kompas.com

Intip yuk penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  • Ya, kamu buka aplikasi WhatsApp dulu. Di kolom untuk ketik pesan, pilih ikon ‘Stickers’ (terletak di kanan ikon ‘GIF’).
  • Nantinya akan muncul tampilan stiker default yang tersedia setelah kamu update WhatsApp ke versi terbaru. Nah, kamu pilih tanda ‘+’ di pojok kanan atas untuk menambah stiker sendiri. N
  • Kamu akan disuguhkan beberapa set stiker yang direkomendasikan WhatsApp. Scroll terus ke bawah hingga ada teks ‘Get More Stickers’. Klik pilihan tersebut dan kamu akan dialihkan ke Play Store atau App Store untuk mengunduh aplikasi ‘Personal Stickers for WhatsApp’. Unduh dan install aplikasi tersebut (sebenarnya, kamu juga bisa mengunduh dan menginstall aplikasi ini terlebih dahulu setelah mengedit foto stiker).
Impor foto hasil editan kamu agar bisa digunakan jadi stiker dengan mengunduh aplikasi ‘Personal Stickers for WhatsApp’ | via: intisari.grid.id
  • Kalau sudah, buka aplikasi tersebut dan di situ akan muncul beberapa gambar berekstensi png yang tersimpan di smartphone pengguna (aplikasi ini hanya bisa membaca foto dengan ekstensi png).
  • Nah, kamu tinggal pilih foto yang sudah diedit untuk stiker tadi dan pilih tombol ‘Add’. Secara otomatis, foto tadi akan diimpor ke daftar stiker WhatsApp.
  • Kembalilah ke laman chat WhatsApp kamu (sebelum dialihkan ke PlayStore atau AppStore tadi), stiker baru sudah tersedia di pilihan dan bisa kamu pamerkan deh ke teman se-geng. Mudah bukan bikin stiker sendiri di WhatsApp?

Demikian cara  mudah bikin stiker sendiri di WhatsApp. Gimana? Bingung, ya, bacanya? Biar enggak bingung, langsung saja dipraktikkan. Dijamin berhasil deh bikin stiker WhatsApp dengan foto selfie atau foto selebriti idola kamu 😉