7 Aplikasi Emulator Android yang Wajib Dicoba untuk Buka Aplikasi Android di PC

1.186 views
via: howtodroid.com

Kawan Muda sudah tahu belum apa itu software emulator Android? Buat kamu yang suka nge-game atau suka coba-coba aplikasi baru yang ada di PlayStore pasti sudah enggak asing dengan software yang satu tersebut.

Aplikasi emulator Android yang dijalankan di laptop atau PC ini adalah software yang bisa membantu kamu untuk menjalankan program-program yang ada di Android. Jadi, kamu semacam membuka aplikasi Android, tapi di laptop atau PC.

Biasanya, nih, emulator Android digunakan para gamer untuk memainkan game Android mereka di laptop atau PC. Ada juga yang menggunakan emulator Android  untuk mencoba aplikasi baru sebelum men-download-nya atau mencoba aplikasi Android yang tidak kompatibel di smartphone atau perangkat Android mereka.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, fungsi dari emulator Android? Kalau Kawan Muda tertarik untuk mencoba software ini, Kita Muda bakal kasih rekomendasi 8 emulator Android terbaik dan ringan yang bisa kamu coba. Yuk, intip daftarnya berikut ini:

1. Leapdroid

Aplikasi Emulator Android Leapdroid | via: Twitter @leapdroid

Software yang satu ini memang masih pendatang baru, tapi sangat layak dicoba. Dengan adanya banyak tweak dan optimisasi, kamu bisa menjalankan aplikasi Android dengan lancar di laptip atau PC.

Oh ya, kalau main game Android dengan software ini, kamu bisa menjalankan dua game yang sama dengan akun berbeda dalam satu tampilan. Asyik enggak, tuh? OS minimal untuk menjalankan aplikasi ini adalah Windows 7, 8, dan 10.

2. AMIDuOS

Aplikasi Emulator Android AMIDuOS | via: androidcommunity.com

Adalah salah satu emulator terbaik yang ada, hanya saja software-nya berbayar. Namun tenang, kamu bisa mencicipi free trial-nya selama 30 hari. Kalau puas bisa lanjut berlangganan dengan harga sekitar Rp 130—190 ribu. Lumayan, sih, ya…

Namun enggak bakal nyesel, sih, karena tampilannya user friendly dan mendukung multi-touch serta pinch to zoom untuk laptop yang ada layar sentuhnya. OS minimal untuk menjalankan aplikasi ini adalah Windows 7, 8, dan 10.

3. Andy

Aplikasi Emulator Android Andy | via: techbae.com

Salah satu kelebihan emulator Android Andy adalah software ini memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengeksplor lebih jauh aplikasi Android yang ada.

Kelebihan lainnya adalah Andy bisa menampilkan antar muka Android secara penuh dan kita bisa menggunakan smartphone sebagai controller (dengan disambungkan melalui Bluetooth). OS minimal untuk menjalankan aplikasi ini adalah Windows 7, 8, dan 10.

4. Bluestacks

Aplikasi Emulator Android Bluestacks | via: bluestacksguides.com

Buat kamu yang sudah coba-coba emulator Android, pasti sudah familiar dengan software BlueStacks. Yup, BlueStacks adalah emulator Android yang paling populer di kalangan para gamer karena fitur BlueStack sangat mudah diatur.

BlueStacks juga didasarkan pada Android versi terbaru. Sayangnya, versi gratisannya dipenuhi iklan. Kalau kamu adalah tipe orang penyabar, mungkin enggak masalah. Kalau sebal, boleh lah dicoba premiumnya yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 350 ribuan. OS minimal untuk menjalankan aplikasi ini adalah Windows 7, 8, dan 10.

5. Droid4x

Aplikasi Emulator Android Droid4x | via: droid4x.en.uptodown.com

Emulator Android yang satu ini cukup menarik karena didukung add-ons yang membuat pengguna bisa mengontrol laptop atau PC dengan smartphone. Buat yang suka nge-game, Droid4x bakal memudahkan kamu banget, deh, saat main game Android lewat laptop atau PC. OS minimal untuk menjalankan aplikasi ini adalah Windows 7, 8, dan 10.

6. MEmu

Aplikasi Emulator Android MEmu | via: androidcommunity.com

MEmu merupakan software emulator yang mendukung chip AMD dan Nvidia. Saat ini, MEmu sudah berbasis pada Android Lollipop dan bisa menjalankan aplikasi game serta aplikasi lainnya dengan baik.

Meskipun bisa mendukung game-game kelas menengah hingga berat, salah satu kelemahan dari emulator ini adalah terkadang tekstur tampilan dan tingkat kehalusannya berkurang saat bermain game. OS minimal untuk menjalankan aplikasi ini adalah Windows 7, 8, dan 10.

7. Nox App Player

Aplikasi Emulator Android Nox App Player | via: download.cnet.com

Emulator yang satu ini memang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para gamer. Kalau kamu berniat memainkan game-game berat Android di PC atau laptop, Nox App Player patut banget dicoba.

Selain bisa memudahkan memainkan game-game berat, Nox App Player juga bisa membuka aplikasi lain dengan lancar.

Benar-benar seperti  mengaplikasikan perangkat Android secara langsung. Kerennya lagi, aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan enggak ada gangguan dari iklan! OS minimal untuk menjalankan aplikasi ini adalah Windows 7, 8, dan 10.

Itulah tadi beberapa software emulator Android yang bisa kamu download di PC atau laptop kalau sedang ingin memainkan game Android atau mencoba aplikasi Android.

Perlu diketahui, performa masing-masing software juga sangat bergantung pada spesifikasi PC atau laptop kamu. Jadi kalau spesifikasi laptop atau PC masih standar, sabar-sabar saja kalau software-nya nge-lag.