xiaomi note 7
Foto : root-nation.com

Harga HP Xiaomi terbaru masih sama seperti pendahulu-pendahulunya. Murah dengan spesifikasi tinggi. Tidak kalah kualitasnya dengan smartphone high-end ternama yang mematok harga tinggi.

Salah satu serian HP Xiaomi yang dapat segera Anda miliki adalah serian Xiaomi Redmi Note 7. Smartphone ini mengusung kamera beresolusi besar, layar dengan ukuran lebar, dan didukung baterai dengan kapasitas yang besar. Anda tidak perlu merogoh saku terlalu dalam, harga Xiaomi Note seri ke 7 ini dibanderol mulai Rp 1 juta.

Xiaomi Note 7 mengusung dual kamera belakang 48 MP + 5 MP dan kamera depan dengan resolusi 13 MP yang sudah menggunakan teknologi AI. Smartphone canggih ini dibekali layar 6.3 inchi dan ditenagai chipset Snapdragon 660 dengan dua pilihan RAM, yaitu 3GB untuk memori internal 32GB dan 4 GB untuk memori internal 64GB.

Dengan segala kecanggihan teknologi smartphone yang Anda punya, kadang timbul masalah yang seringkali tidak Anda duga. Contohnya adalah aplikasi yang hilang secara tiba-tiba padahal sebelumnya masih ada.

Ada beberapa penyebab aplikasi di HP Anda hilang secara tiba-tiba. Bisa jadi memori card Anda tercabut atau terformat. Atau karena adanya error pada sistem atau memori internal. Bisa juga disebabkan oleh adanya perubahan tema atau launcher.

Anda tidak perlu panik apalagi langsung berencana ganti HP setelah tahu harga HP Xiaomi terbaru sangat terjangkau. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan aplikasi yang hilang tersebut. Apa saja langkahnya? Anda bisa baca selengkapnya di bawah ini.

1. Cek memori card

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah cek eksternal memori card Anda. Apakah statusnya terpasang ataukah statusnya berubah ter-eject/terlepas. Anda bisa saja tidak menyadari memori card bergeser dari tempat seharusnya sehingga menyebabkan data yang ada di dalamnya tidak bisa terbaca.

Ini berlaku untuk aplikasi yang disimpan di eksternal memori card ya. Jika Anda menyimpan semua aplikasi di internal memori, Anda mungkin harus melakukan langkah yang kedua.

2. Lakukan restart

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan ketika aplikasi hilang secara tiba-tiba di HP adalah dengan melakukan restart HP. Jika HP mengalami sistem error, cobalah untuk mematikan HP. Anda bisa memilih langsung menghidupkannya kembali.

Namun Anda juga bisa memilih untuk memaksimalkan proses restart, yaitu dengan melepaskan baterai HP, jika baterai HP Anda bisa dilepas. Jika tidak, tunggu beberapa saat. Biarkan HP Anda dalam keadaan mati. Setelah itu, coba nyalakan kembali.

3. Hapus cache data

Memori yang penuh mengakibatkan sistem menjadi error. Hal ini bisa jadi penyebab aplikasi hilang secara tiba-tiba. Tahukah Anda, memori HP yang penuh bisa disebabkan karena bertumpuknya cache data yang jarang Anda hapus? Oleh karena itu, Anda harus rajin menghapus cache data di HP agar tidak menjadi file sampah yang membuat penuh memori sehingga berujung pada errornya sistem.

Anda sepertinya membutuhkan HP dengan kapasitas memori penyimpanan yang luas sehingga memori tidak gampang penuh. Seperti HP Xiaomi keluaran terbaru. Dengan harga HP Xiaomi terbaru yang ramah di kantong, menawarkan kapasitas memori penyimpanan yang luas hingga 64GB. Anda jadi leluasa menyimpan berkas-berkas penting di HP Anda.

4. Hapus aplikasi serupa

Kadang, ada dua aplikasi dengan kegunaan serupa yang Anda punya di smartphone Anda. Kedua aplikasi ini bisa mengakibatkan crash pada sistem dan membuat aplikasi-aplikasi lainnya hilang secara tiba-tiba. Sebaiknya Anda menghapus salah satu dari dua aplikasi tersebut dan mempertahankan salah satunya saja.

5. Jika yang hilang aplikasi bawaan

Jika yang hilang adalah aplikasi bawaan, Anda bisa mengecek status aplikasi tersebut di pengaturan. Aplikasi yang tidak muncul bisa jadi karena permission-nya Anda non-aktifkan.

Namun jika masih utuh, Anda sepertinya harus melakukan hard reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Sebelumnya, backup dulu semua file yang Anda punya. Jika tidak, semua file dan aplikasi akan hilang.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika aplikasi di HP tiba-tiba menghilang. Semoga bisa berguna bagi Anda dan bisa mengembalikan aplikasi yang hilang. Kuncinya, jangan panik.

Jika masalahnya tidak dapat teratasi dan berniat ganti HP, Anda bisa ganti ke HP Xiaomi. Cek dulu harga HP Xiaomi terbaru di Bukalapak lalu sesuaikan dengan budget Anda. Kenapa harus cek di Bukalapak? Karena berbelanja di Bukalapak banyak pilihan HP Xiaomi yang tersedia, dengan banyak rentang harga, dan tentunya menawarkan keamanan dan kemudahan transaksi.