7 Cara Berhenti Merokok Permanen Tanpa Obat

cara menambah tinggi badan

Sudah bukan rahasia lagi kalau rokok memang lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Bahkan di era sekarang, beberapa negara atau daerah sudah ada yang mengharamkan konsumsi merokok.

Bahaya merokok sangat banyak nggak cuma menyakiti diri sendiri mulai dari menurunkan daya tahan tubuh, sakit jantung, hingga yang paling tega sih menyakiti orang lain sebagai perokok pasif.

Kali ini, Kita Muda bakal bahas beberapa cara berhenti merokok secara permanen dan tanpa obat. Buat kamu atau mungkin ada kerabatmu yang sedang mencoba stop merokok, boleh banget lho share artikel ini.

1. Hindari pemicu

cara berhenti merokok
via liputan6.com

Sesegera mungkin hindari pemicu yang membuat kamu pengin ngerokok lagi. Kurangi dulu bergaul dengan teman sesama perokok. Hindari kopi. Kunyahlah permen karet atau menggosok gigi agar teralihkan dari keinginan merokok.

2. Terapi Penggantian Nikotin (NRT)

Terapi ini yang banyak disarankan oleh dokter dan psikiater. NRT alias terapi penggantian nikotin menggunakan bahan kimia yang aman. Cara kerjanya adalah dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus dalam pembuluh darah.

Unsur yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan berbahaya lainnya. Steril dan aman. Medianya beragam bisa permen karet, plester yang ditempel ke kulit, atau bisa dengan disemprotkan pada hidung atau mulut.

3. Terapi Perilaku dan Konseling

Konseling merupakan salah satu cara yang dilakukan orang yang serius ingin berhenti merokok. Caranya juga bisa dengan terapi perilaku, bicara pada konselor baik secara personal maupun kelompok. Di sini kamu harus terbuka ya, biar cepat sembuh.

4. Olahraga

olahraga-ringan-untuk-kesehatan-jantung-4
via: hit-alpinea.si

Olahraga akan membuat tubuhmu lebih sehat. Lebih-lebih jantungmu. Olahraga yang baik buat jantung ada renang, bersepeda, atau berjalan kaki santai. Dengan rajin berolahraga, kondisi kesehatanmu akan membaik, Kawan Muda.

Saat kamu sudah lebih bisa menyayangi tubuhmu sendiri, maka jauh-jauh deh tuh yang namanya rokok. Kamu bakal males menyentuhnya lagi.

5. Libatkan Keluarga dan Orang Terdekat

Peran orang terdekat sangat penting. Mereka dapat mendukungmu. Ceritakan bahwa kamu sedang berjuang berhenti dari merokok dan lihat bagaimana respons keluarga dan orang terdekat–siap-siap kamu ditraktir makanan sehat tiap hari!

6. Jaga Pola Makan Sehat

tips diet sehat
via pexels.com

Berhenti merokok artinya memulai kehidupan yang lebih sehat. Begitu pula dengan pola makanmu. Jaga pola makan sehatmu. Makan tiga kali sehari dengan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kamu bisa konsultasi dengan dokter atau teman yang sudah lebih dulu berhasil perang melawan candu rokok. Jangan lupa minum madu setiap hari. Air mineral juga banyakin ya!

7. Perhatikan Keuntungan Jangka Panjang

Tindakan berhenti merokok nggak akan berlangsung lama kalau kamu nggak ada niat serius dalam lubuk hati yang terdalam. Eng… nggak selebay itu juga sih ya. Tapi gini nih intinya, perhatikan keuntungan jangka panjang kalau kamu berhenti merokok.

Adapun manfaat berhenti merokok adalah sebagai berikut:
– Tubuh lebih sehat. Tekanan darah turun, risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan kanker juga turun
– Finansial lebih terkendali karena nggak ada lagi pengeluaran sia-sia untuk membeli rokok
– Bau mulut jadi lebih segar, si dia jadi mau dideketin. Eh.
– Kulit lebih cerah dan bersih, begitu pula bibir
– Orang terdekat terhindar dari bahaya perokok pasif
– Dan pastinya, kamu (mungkin) akan jauh lebih bahagia sebab menjalani hidup dengan lebih sehat

 

Buat kamu Kawan Muda yang sedang berjuang untuk berhenti merokok, teruslah berusaha ya. Jangan menyerah. Kamu pasti bisa! Kesehatanmu lo~

5 Inspirasi Resepsi Pernikahan Sederhana Hemat Budget

inspirasi resepsi pernikahan sederhana

Obrolan soal pernikahan nggak pernah bosan untuk terus dibahas. Buat kamu yang sudah siap menikah, kasih tahu dong udah sejauh mana nih persiapan kamu?

Biasanya yang paling ribet itu mempersiapkan resepsi pernikahan. Kalau akad sih, tinggal daftar ke KUA, lalu bisa diselenggarakan secara privat dan sakral seperti di masjid atau di rumah saja. Kalau mau praktis, bisa juga sekalian di gedung sebelum resepsi dilangsungkan.

Membayangkan inspirasi pernikahan sederhana, ternyata nggak cuma di halaman rumah aja lho. Memang sih, memanfaatkan halaman di sekitar rumah merupakan opsi, tapi ada lagi nih contoh yang bisa kamu tiru.

Dengan biaya resepsi pernikahan yang nggak terlalu banyak, kamu bisa banget merayakan resepsi pernikahan yang tetap apik, nyaman bagi para undangan, serta sakral dan penuh cinta. Kesannya juga akan terus kamu ingat seumur hidup.

Gemes banget deh kalau ngomongin resepsi pernikahan ini, langsung aja yuk intip beberapa inspirasi berikut!

 

1. Nyaman dengan konsep piknik, dengan karpet dan bantal-bantal

inspirasi resepsi pernikahan sederhana piknik
via seputarpernikahan.com

Resepsi pernikahan kecil-kecilan berkonsep picnic wedding ini masih jarang di Indonesia. Namun bukan berarti kamu nggak bisa mewujudkan menikah seperti ini ya! Banyak banget taman atau cafe berkonsep taman yang bisa kamu gunakan.

Undang orang-orang terdekat dan keluarga. Meski tanpa panggung pelaminan, suasana resepsi yang romantis dan bahagia tetap akan kesampaian. Gunakan pakaian terbaikmu, berbahagialah sebagai pengantin baru.

2. Back to nature. Pemandangan alam sebagai backdrop

inspirasi resepsi pernikahan sederhana pantai
via liputan6.com

Masih ingat dengan pernikahan Ringgo-Sabai? Atau Raisa-Hamish? Raffi Ahmad dan Nagita Slavina? Serta beberapa pasangan artis lainnya yang mengusung konsep resepsi pernikahan di alam bebas seperti pantai.

Kalau di alam, dekorasinya nggak harus banyak-banyak. Cukup sederhana saja. Jadikan pemandangan alam yang indah sebagai backdrop. Hasil foto udah pasti bagus! Suasana pernikahan juga nggak akan pernah bisa kamu lupakan.

3. Epic! Tema bohemian di hutan pinus dengan hiasan lampu bohlam

inspirasi resepsi pernikahan sederhana bohemian
via hipwee.com

Andien, penyanyi bersuara emas ini merayakan pesta pernikahannya dengan konsep bohemian. Berada di hutan pinus saat sore menjelang senja, ide resepsi seperti ini bisa banget kamu tiru.

Kalau bisa, sarankan tamu undangan untuk tidak memakai heels ya. Soalnya ini kan di hutan. Di rerumputan. Lebih baik dengan formal casual. Kalau konsep outdoor, ingat selalu bahwa keberhasilan resepsimu ini sesuai cuaca. Sehingga usahakan jangan pas musim hujan ya!

4. Ekonomis, memanfaatkan halaman luas di pekarangan rumah

Cara ini banyak digunakan di resepsi pernikahan di Indonesia. Memanfaatkan halaman rumah sehingga tidak perlu menyewa gedung. Dekorasi boleh seadanya. Atau mau kamu hias secantik mungkin sesuai selera kamu.

Ekonomis tanpa menghilangkan kesan romantis. Jangan lupa atur waktu resepsinya sehingga kamu nggak akan kerepotan di rumah dan nggak sesak jika jumlah tamu yang diundang cukup banyak.

5. Ala silaturahim lebaran, prasmanan di dalam rumah bersama keluarga dan sahabat

Di rumah saja. Makanan bisa masak sendiri atau catering dan prasmanan. Seperti saat kamu tunangan atau seperti saat silaturahim lebaran. Hanya keluarga dan orang-orang terdekat. Bertukar cerita, suasana lebih akrab.

Jangan lupa berfoto bersama. Mengabadikan momen. Suasana yang dekat, ceria, dan gembira di hari terbahagiamu. Murah dan berkesan!

 

Begitulah, Kawan Muda. Sekarang tinggal tergantung selera kamu, si calon, dan keluarga mau yang mana.

Anyway, kalau kamu mau yang ‘besar-besaran’ alias lebih mewah juga nggak masalah kok. Nggak ada yang salah dengan pesta pernikahan. Terpenting adalah komitmenmu untuk menikah setia sehidup semati. Tsaaaah.

Gimanapun konsep resepsi pernikahanmu, semoga langgeng ya!

5 Inspirasi Resep Masakan Simple ala Rumahan, Gampang dan Anti Ribet!

resep masakan rumahan

Bagi sebagian orang, masak itu kesenangan. Bisa masak apalagi dengan hasil masakan yang dibilang enak, merupakan kebanggaan tersendiri.

Ingat ya Kawan Muda, masak nggak punya jenis kelamin. Meskipun sering diidentikkan dengan hobi ibu atau perempuan, sebenarnya banyak juga lho chef yang laki-laki.

Anyway, kali ini Kita Muda punya kumpulan inspirasi resep masakan simple ala rumahan yang gampang dan anti ribet. Cocok untuk kamu seorang istri baru, pemula yang ingin belajar masak, atau ibu rumah tangga.

Plusnya lagi, kalau menu-menu masakan berikut ini dibuat untuk dua porsi buat kamu dan suami, budget yang dikeluarkan untuk beli bahan masakan ini nggak sampai Rp 20.000 lho! Hemat banget kan.

Cus deh, salin dan ingat baik-baik resep masakan rumahan sederhana berikut.

1. Sop ayam bening

Bahan:
½ ekor ayam, potong 4 bagian
1 wortel, potong
2 buah kentang, kupas lalu potong
100 g buncis, buang ujungnya
2 lembar seledri, potong 2 cm
2 lembar daun bawang, potong 2 cm
1 bungkus penyedap serbaguna, jika suka
1.5 L air
1 sdm margarin

Cara membuat:
1. Rebus ayam hingga empuk di atas api sedang.
2. Panaskan wajan dan lelehkan margarin. Tumis bawang putih hingga kekuningan lalu masukkan ke dalam air rebusan kaldu.
3. Masukkan wortel dan kentang lalu buncis. Tambahkan penyedap serbaguna dan masak di atas api kecil hingga matang.
4. Tambahkan daun bawang dan daun seledri, lalu matikan api.
5. Sajikan dalam mangkuk dan taburi dengan bawang merah goreng. Santap selagi hangat.

PS: Sop ini lebih enak juga kalau disantap pakai lauk ayam kecap. Cobain deh!

2. Sayur bayam

sayur bayam
via semua-sehat.com

Bahan:
1 ikat bayam
1 buah tomat
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 daun salam
lada secukupnya
garam secukupnya
gula secukupnya

Cara membuat sayur bening:
1. Uleg halus bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan lada.
2. Panaskan air, masukkan bumbu ulegan tadi ke dalam air, tambahkan daun salam. Tunggu hingga mendidih.
3. Masukkan bayam ke dalam air mendidih tadi. Aduk rata lalu tunggu. Masukkan tomat, lalu koreksi rasa (tambahkan gula dan garam secukupnya).
4. Sayur bayam siap disajikan.

PS: Sayur bayam sebaiknya dikonsumsi maksimal 5 jam setelah dimasak.

3. Tumis tempe kecap

via: dapurkobe.co.id

Bahan:
250 gram Tempe, potong 3 cm dan goreng setengah matang
15 gram Bawang Putih, iris tipis
25 gram Bawang Merah, iris tipis
25 gram Cabai Merah, potong
2 akar Lengkuas
2 lembar Daun Salam
1 sdt penyedap serbaguna, jika ingin
2 sdm kecap manis
200 ml Air
4 sdm Minyak Sayur

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi.
2. Masukkan lengkuas, daun salam, serta cabai lalu masak hingga matang.
3. Masukkan tempe, air, penyedap serbaguna, dan kecap manis.
4. Masak hingga bumbu meresap ke dalam tempe dan air agak surut.
5. Sajikan hangat-hangat.

PS: Kamu juga bisa mengkreasikan tumis tempe ini dengan kacang panjang atau buncis

4. Bihun goreng sayuran

bihun goreng
via notepam.com

Bahan:
1 bungkus bihun jagung, rendam di air panas dan tiriskan
2 butir telur
baby pakcoy secukupnya, iris tipis
1 kembang kol, iris tipis
2 sdm kecap manis
1 sdt penyedap rasa, jika ingin
6 siung bawang merah
3 siung bawah putih
3 butir kemiri
3 buah cabai rawit atau sesuai selera
minyak goreng

Cara membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
2. Masukkan kol dan pakcoy yang telah diiris tipis. Aduk rata hingga tercampur dan sayuran sedikit layu.
3. Dalam penggorengan, pinggirkan dulu sayuran, masukkan dua butir telur, orak-arik, lalu masukkan sedikit air. Aduk rata.
4. Masukkan bihun jagung yang telah direndam. Aduk rata, tambahkan kecap manis dan penyedap rasa.
5. Angkat dan sajikan selagi hangat.

5. Terong balado

terong balado
terong balado | via fimela.com

Bahan:
2 buah terong ungu, belah empat bagian, potong panjang sesuai selera
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
5 buah cabai rawit atau sesuai selera
garam secukupnya
gula secukupnya
kaldu ayam secukupnya
minyak goreng secukupnya
air secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan garam. Jika sudah halus, tumis dengan minyak hingga aromanya harum.
2. Masukkan terong ke dalam bumbu, lalu aduk hingga rata.
3. Agar tidak gosong dan kering, tambahkan sedikit air, lalu masak hingga terong matang dan empuk.
4. Tambahkan sedikit gula dan kaldu ayam bubuk.
5. Aduk semua bahan hingga bumbu meresap dan tercampur rata.
6. Angkat terong, lalu sajikan. Lebih nikmat kalau dimakan dengan jamur crispy.

Wah, ngelihat resepnya aja udah bikin laper ya? Nggak sabar pengin makan. Eh, masak ding, hehe. Selamat mencoba, Kawan Muda!

Tips Menabung Dengan Cermat Agar Wishlist Tercapai

tabungan

Menabung adalah hal fundamental yang pasti sudah diajarkan oleh orang tua sejak kita masih kecil dengan menyisihkan uang jajan. Menabung itu banyak manfaatnya, kita semua tahu itu. Dengan menabung, setidaknya kamu bisa mengamankan hidup di hari esok.

Namun, banyak dari kamu yang agak-agak boros dan susah banget buat nabung. Tabungan sih ada, tapi rasanya selalu habis terus. Hm, kok bisa ya?

Padahal kebutuhan banyak banget. Mulai dari tabungan pernikahan, untuk beli rumah, mobil, naik haji, biaya pendidikan anak, atau traveling keliling dunia. Widih! Banyak banget ya yang harus dipenuhi di hidup ini :’)

Yuk deh, simak tips menabung ala Kita Muda yang semoga saja bermanfaat bagimu!

1. Pahami betul tujuan menabung

Sisihkan 20% dari pendapatan untuk tabungan masa depan |
via: mashable.com

Biar nggak salah langkah, kamu harus menentukan tujuan dulu nih: kamu nabung tuh mau buat apa sih? Bukan hanya sekedar “buat hidup”, tapi sebaiknya kamu punya jawaban rinci atas pertanyaan ini.

Jika sudah begitu, kamu akan cenderung untuk patuh dan nggak boros karena tujuanmu menabung sudah jelas. Kamu juga akan sadar kalau nggak sebaiknya foya-foya atau hidup boros. Menabung membuat kamu bisa hidup mandiri, nggak bergantung pada orang lain. Gitu~

2. Atur dan gunakan metode menabung sesuai prioritas

Miliki prioritas tabungan untuk jangka waktu tertentu sampai satu wishlistmu itu tercapai. Misalnya kamu akan menikah, maka menabunglah untuk menikah. Khususkan menabung untuk itu hingga sampai datang waktunya. Begituuu seterusnya.

Soal metode menabung, udah banyak banget diulas di website finansial adviser, ada 50:30:20 atau 60:20:20 untuk perbandingan kebutuhan sehari-hari, biaya rekreasi dan tak terduga, serta tabungan. Manakah rumus yang paling tokcer? Jawabannya tergantung kebutuhan kamu.

Kalau saran Kita Muda sih, mending disesuaikan dengan prioritas kamu. Ada kalanya kamu harus menyisihkan gajimu lebih banyak untuk tabungan. Apalagi kalau dapat bonus tuh.

Ibaratnya nih kalau gaji kamu 10 juta dan kebutuhanmu 3 juta, maka tabunganmu bisa senilai 7 juta. Kalau suatu ketika ada tambahan bonus gajimu jadi 15 juta, tetaplah bergaya hidup layaknya kebutuhanmu memang sama 3 juta. Menabungnya ya 12 juta. Begitu, Kawan Muda. Semoga kamu paham ya!

3. Kategorisasi pengeluaran

buku tabungan
via : kfk.kompas.com

Buat cewek-cewek atau ibu-ibu muda biasanya paling hemat dan paling teliti urusan ginian. Menabung bakal lebih cermat kalau kamu bisa mengkategorisasikan pengeluaran kamu. Habis gajian, langsung deh tuh pilah-pilah sesuai arus pengeluaran.

Atur berapa buat makan, berapa buat bayar kosan atau bayar listrik dan air, berapa buat anggaran me-time seperti ke salon, nonton, atau karaoke, berapa harus bayar SPP, dan lain-lain.

Kalau sudah kamu kotak-kotakkan di awal, kamu bakal lebih enak menabungnya. Bakal lebih hemat dan mematuhi aturan batas maksimal pengeluaran untuk satu kategori. Bila perlu, miliki rekening yang berbeda untuk keperluan berbeda.

4. Hindari penggunaan kredit dan utang

Promo dan iming-iming harga murah lainnya memang sering ada di kartu kredit. Pada beberapa hal, penggunaan kartu kredit memang menguntungkan.

Namun, para konsultan keuangan menyarankan untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan kartu kredit. Sebab, penggunaan kartu kredit ini secara implisit memaksa kita jadi boros lho.

Sama aja dengan utang, kamu akan berat di tagihan kalau kamu nggak bisa mengimbangi dengan tambahan jumlah tabungan. Hindari pula mengajukan utang apalagi dengan bunga yang tinggi.

5. Jangan pelit ke orang tua

wisuda-bersama-orang-tua
via: muhdhito.me

Tips menabung satu ini mungkin nggak akan pernah kamu temukan di artikel manapun! Yup, kamu jangan pelit-pelit amat ke orang tua, Kawan Muda. Ingatlah bahwa rezeki yang mengalir padamu itu kebanyakan atas doa restu orang tua lho. Hayooo, sudah berapa besar baktimu pada orang tua?

Ingat, orang tua mengorbankan banyak hal mulai dari kamu bayi hingga kamu sukses lho. Jadi kalau orang tua minta beliin ini itu, selama kamu ada, kalau bisa turutin ya! Pasti balik kok, tenang aja!

That’s all, Kawan Muda. Semoga dengan baca artikel ini kamu jadi semangat menabung ya. Cek lagi tuh wishlist kamu, berapa banyak yang belum tercentang? Nabung yuk, biar kamu nggak nyesel nanti-nanti.

Cara Membuat Salad Buah dan Sayur yang Enak bin Segar!

Salad adalah makanan yang sangat bagus untuk memelihara kesehatan tubuh. Selain segar, aman, dan menyehatkan, salad ini biasanya menjadi menu favorit untuk diet.

Salad buah bakal lebih enak dan nikmat kalau dimakan selagi dingin. Kamu juga bisa memilih sendiri buah yang kamu suka dengan cara bikin salad sendiri di rumah. Cara bikinnya gampang banget lho.

Selain salad buah segar, salad sayur juga nggak kalah populer. Salad sayur yang paling sederhana bisa kamu tiru dan temukan dari makan makanan Jepang. Banyak kok restoran ala Jepang yang membuat menu nasi, lauk, dan salad sebagai sayurnya.

Beruntung karena tidak ada satu pun negara yang mengklaim hidangan salad sebagai hidangan khasnya. Kecuali jika ada penyajian lain seperti potato salad yang diklaim khas Jerman atau gado-gado yang merupakan masakan khas Indonesia.

Mau diapain aja, salad selalu enak dan sehat. Simak yuk cara membuat salad yang paling mudah, hemat, sehat, dan nikmat seperti berikut ini!

Cara Membuat Salad Buah

cara membuat salad buah
Cara membuat salad buah | via: liputan6.com

Bahan:

Apel segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
Melon segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
Semangka 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Mangga segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
Pepaya segar 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Anggur segar 200 g, belah jadi dua dan buang bijinya
Stroberi segar 20 g, belah jadi empat
Jelly atau pudding kemasan 1 pcs, buat lalu dinginkan
Mayonaise 150 ml
Keju parut
Kental manis vanila 1 kaleng
Jeruk nipis (opsional)

Langkah pembuatan:

  1. Potong semua buah lalu masukkan dalam kulkas agar menjadi lebih segar dan dingin
  2. Campurkan buah-buahan dalam satu wadah
  3. Campur mayonaise, kental manis, dan air perasan jeruk nipis agar lebih segar
  4. Keluarkan salad dari kulkas
  5. Tuang saus salad dengan mayonaise, madu, atau saus rasa lain kesukaan
  6. Taburi parutan keju sesuai dengan selera
  7. Salad buah siap disajikan

Cara Membuat Salad Sayur

Cara Membuat Salad Sayur
Cara Membuat Salad Sayur | via arenamesin.com

Bahan:

Kentang 2 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Wortel 2 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Buncis 10 batang, potong 2 cm
Mentimun, potong tipis-tipis
Tomat merah 2 buah, buang bijinya, potong dadu
Daun selada secukupnya, robek kecil-kecil
Jagung manis 2 buah, cuci lalu serut
Mayonaise 150 ml
Keju parut
Kental manis vanila 1 kaleng
Jeruk nipis (opsional)

Langkah pembuatan:

  1. Kukus semua sayur kecuali selada hingga matang
  2. Setelah matang, dinginkan dahulu semua sayur dengan memasukkannya ke dalam kulkas
  3. Campurkan sayuran dalam satu wadah
  4. Campurkan mayonaise dan kental manis, air perasan jeruk nipis juga agar lebih segar
  5. Keluarkan salad dari kulkas
  6. Tuang saus salad
  7. Taburi parutan keju sesuai dengan selera
  8. Salad sayur siap disajikan

Cara Membuat Mayonaise Untuk Salad

Bahan:

Saus mustard 2 sdm
Minyak zaitun 300 ml
Kuning telur 2 buah
Air perasan jeruk nipis 1 sdm
Garam 1 sdt

Langkah pembuatan:

  1. Siapkan wadah, masukkan kuning telur dan saus mustard
  2. Kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah atau spatula hingga lembut dan tercampur rata
  3. Masukkan garam lalu kocok lagi
  4. Tuang minyak zaitun sedikit demi sedikit sembari terus dikocok
  5. Setelah adonan menjadi agak kaku atau mengental, tuang jeruk nipis. Kocok lagi.
    Jika dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan air
  6. Saus mayonaise buatan sendiri untuk salad buah dan sayur siap dikonsumsi

Tuh kan, apa Kita Muda bilang, emang gampang banget kan cara bikinnya? Cus deh buruan belanja bahan-bahan salad lalu bikin salad sendiri di rumah.

Lebih asyik lagi kalau kamu bisa jadikan ini sebagai bisnis. Banyak lho bisnis salad rumahan yang cukup berhasil. Eh tapi, daripada kejauhan mikir bisnis mending nikmati dulu aja deh saladnya.

Selamat makan, Kawan Muda!

3 Cerita Horor Nyata yang Sempat Viral di Indonesia

cerita horor indonesia

Cerita horor selalu memiliki ketertarikan tersendiri bagi para penikmatnya. Terlepas dari percaya atau nggak, buktinya genre film horor sampai saat ini masih laku keras. Lebih-lebih jika terinspirasi dari kisah nyata.

Kamu pernah mengalami cerita horor nggak, Kawan Muda? Atau mungkin ada di antara kamu yang hobinya membaca kumpulan cerita horor? Kalau cuma putus ditinggal selingkuh sih, itu level horor yang biasa ya. Xixixi

Kisah horor yang sangat misterius selalu membuat kita penasaran. Masing-masing dari kita pasti memiliki paling tidak satu cerita paling horor atau menyeramkan dalam hidup. Di Indonesia, banyak banget lho cerita horor yang udah pernah terjadi.

Ulas lagi yuk tiga cerita horor yang sempat viral di Indonesia seperti berikut ini.

Kisah Nyata Tinggal Di Kos Berhantu (Tanpa Dramatisasi)

Kisah Nyata Tinggal Di Kos Berhantu
via kaskus.co.id

Sebenarnya sering banget sih anak kos-an mengalami kisah horor. Entah karena bangunannya, lingkungan sekitar, atau kisah cintanya 🙁

Eh tapi cerita horor di kos berhantu yang satu ini sempat viral banget di awal Maret 2019. Dikisahkan oleh kaskuser berakun lampu.petromaks, kisah ini sempat menjadi hot tread dan diiklankan di banyak media sosial.

Cerita horor ini terjadi di salah satu kos-kosan di daerah Jakarta. Sang penulis bercerita tentang pengalamannya selama singgah di kos. Apalagi dengan bukti foto KTP membuat bulu makin bergidik.

Thread ini makin seru sebab banyak pengalaman horor di kos yang juga diceritakan oleh para kaskuser lainnya.

Ada 39 bagian, semuanya menyeramkan dan menegangkan. Baca terus sedikit demi sedikit atau maraton kalau kuat, di sini.

Keluarga Tak Kasat Mata (Real Horror Based on True Story)

Keluarga Tak Kasat Mata
via loop.co.id

Diceritakan pada tahun 2016 oleh pemilik akun kaskus intansegara. Lalu difilmkan pada tahun 2017 dengan judul “Keluarga Tak Kasat Mata”

Tentu, cerita asli lebih horor dan seru ketimbang film. Terdiri dari 13 bagian yang sangat populer dan menyeramkan.

Buat kamu yang belum tahu atau mungkin penasaran pengin baca lagi pengalaman Genta dan keluarga horornya, sila baca di sini ya.

KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari
via twitter.com

Pasti ingatanmu masih tajam untuk mengulas kembali cerita KKN di Desa Penari. Cerita ini viral banget meskipun kejadian aslinya sudah 10 tahun silam. Mulanya dikisahkan oleh akun twitter SimpleMan dan hingga kini telah dilihat sebanyak lebih dari 980 ribu kali!

Berkisah tentang mahasiswa yang menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah desa yang cukup pelosok. Banyak kejadian mistis yang terjadi dan paling menyeramkan adalah ada nyawa yang harus hilang di cerita ini.

Ada dua versi cerita di sini. Versi Widya yang dimulai dari hal kecil yang semakin lama semakin menyeramkan. Juga ada versi Nur yang menjadi pelengkap akan beberapa misteri yang tak terjawab di versi Widya.

Cerita ini juga telah diungkap kebenarannya. Ada fakta-fakta tanpa sensor yang telah dibagikan oleh salah satu retweet-er. Pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita ini, hendaknya kita selalu mematuhi peraturan setempat dan nggak bertindak neko-neko.

 

Itulah tadi kumpulan cerita horor yang sempat viral di Indonesia. Cerita horor ini nyata adanya. Kita Muda sarankan, kalau membaca kisah horor jangan cuma mantengin dan takut-takut sendiri ya.

Namun harus cari pelajaran apa yang kira-kira bisa kamu ambil.

Anyway, mana nih yang menurutmu paling seram? Atau mungkin ada cerita yang lebih seram lagi? Ceritain dong!

Ciptakan Kesan Baik Pada HRD, Begini 10 Tips Jitu Melamar Pekerjaan

melamar pekerjaan

Setiap bulan di sepanjang tahun, pasti ada fresh graduate yang baru lulus. Pasti ada orang yang baru resign dari kantor lama. Pasti ada orang yang mencari pekerjaan. That’s why, iklan lowongan kerja seolah terus ada sepanjang waktu.

Buat kamu para job seeker, perhatikan yuk tips melamar pekerjaan biar gampang lolos seperti berikut ini.

1. Pilih bidang yang sama

via: iacp.com

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah melamar sesuai bidang. Atau keahlian. Kalau kamu lulusan akuntansi, tiba-tiba ngelamar jadi perawat, nggak heran kalau kamu otomatis ditolak sama HRD.

Pilih sesuai bidang ya. Selain kamu masuk kualifikasi, kerja sesuai bidang juga sebagai penghargaan ke diri sendiri kalau apa yang selama ini kamu tekuni, nggak sia-sia.

2. Gunakan istilah profesi dengan benar

Kamu bisa menggunakan istilah khusus yang hanya dimiliki oleh bidangmu. Tapi pastikan istilah profesi ini benar-benar ada. Contohnya seperti Product Manager, Digital Marketing Officer, UI/UX Designer, dan lain-lain.

3. Jangan ragu memasang angka gaji yang diharapkan

Meskipun kamu fresh graduate, kamu boleh kok mematok gaji yang kamu harapkan. Namun ingat, kalau kerja fresh graduate tanpa pengalaman juga akan memengaruhi besarnya gajimu.

Kalau sudah berpengalaman, nggak masalah kamu mematok di atas UMK. Asalkan, kamu benar-benar bisa bertanggungjawab atas itu. Ingat ya, besar kecilnya gaji bukan ukuran sukses. Yang penting itu Kawan Muda, ba-ro-kah ^^

4. Gunakan foto profesional

Kamu pasti akan diminta lampiran foto terbaru untuk melengkapi berkas lamaran kerja. Gunakan foto terbaru dengan pose yang biasa aja. Baju yang oke, rapi, dan hasil yang jelas. Intinya, profesional.

5. Pastikan semua berkas sudah benar

contoh design cv kreatif
via crella.net

Pastikan nggak ada typo di Surat Lamaran Kerja, berusaha membuat CV terbaik versimu, dan cek lagi lampiran-lampiran berkas lainnya. Nggak perlu diisi dengan kebohongan atas prestasi dan catatan organisasi ya. Percaya aja deh!

6. Riset tempat kerja yang kamu lamar

Lakukan riset kecil di tempat kerja yang akan kamu lamar. Zaman sekarang banyak penipuan, jadi kamu harus hati-hati dalam melamar pekerjaan.

Gunakan google atau referensi dari teman, siapa tahu kamu menemukan info menarik yang dapat mendukung atau malah mengurungkan niatmu untuk melamar kerja di sana.

7. Gunakan situs talent marketplace

Untuk memperbesar peluangmu mendapat pekerjaan, gunakan situs pencari kerja seperti Jobstreet, JobsDB, Karir, dan lain-lain. Di sini kamu bisa melakukan filter sesuai dengan profesi dan lokasi kerja yang kamu inginkan.

Jangan lupa juga memiliki LinkedIn, agar kamu terlihat profesional. Di LinkedIn, kamu juga bisa mencari pekerjaan lho melalui fitur “jobs”. Coba deh!

8. Perbaiki profil media sosial

media sosial
via: cw.iabc.com

Suka nggak suka, mau nggak mau, HRD akan sedikit kepo-in kamu kalau dia tertarik dengan untuk merekrutmu. Oleh karena itu, perbaiki profil media sosialmu ya.

Hati-hati atas kicauanmu di Twitter. Kepribadian sedikit banyak bisa dilihat melalui apa yang kamu bagikan di media sosial lho. Beware!

9. Hindari Job Hopping

Job hopping adalah istilah yang digunakan di lingkungan kerja untuk kegiatan terlalu sering bergonta-ganti pekerjaan. Alih-alih menemukan yang pas di hati, beberapa HRD menilai langkahmu ini kurang baik lho.

Mungkin kamu akan diragukan karena takutnya kalau kamu diterima, kamu akan memperlakukan tempat kerja barumu ini sebagai batu loncatan saja. Lebih baik, selektif dulu di awal dalam memilih tempat kerja.

Ingat Kawan Muda, nggak ada pekerjaan yang 100% enak. Tugasmu hanya menjalankan dan mensyukurinya. Aseeek!

10. Berdoa dan Sabar

Yup! Kamu mesti sabar dan tekun berdoa. Sebab meskipun lowongan pekerjaan begitu banyaknya, tapi pengangguran juga nggak kalah banyak. Selagi itu, teruslah memperbaiki diri, mengasah skill, dan semangat dalam mencari pekerjaan.

 

Apapun pekerjaannya, mau kerja kantoran atau kerja online dari rumah, yang penting, pastikan kehalalannya ya! Semangat!

Menjelang Musim Hujan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Cara Ini!

Musim penghujan tinggal menghitung hari. Itu artinya, kamu harus mulai mempersiapkan diri. Mulai dari cek lagi apakah jas hujan masih layak pakai hingga yang paling penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat.

Tahu sendiri kan, biasanya musim hujan tuh rentan sakit. Flu, pilek, batuk, bahkan penyakit kulit. Virus dan bakteri memang mudah tersebar saat musim hujan. Tubuh sehat dengan sistem imun yang kuat menjadi benteng dari pertahanan diri.

Hm, gimana sih caranya? Simak yuk tips menjaga daya tahan tubuh berikut ini.

1. Perbanyak makan sayur dan buah

salad-buah-segar
via freepik.com

Sayur dan buah benar-benar kaya akan manfaat. Hampir semua orang berpenyakit tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, perbanyak makan sayur buah ya!

2. Istirahat cukup

Mencukupi kebutuhan tidur sangat penting lho, Kawan Muda. Jangan disepelekan. Eh, apa kamu biasanya malah kebablasan ya?

Waktu tidur normal biasanya 7-8 jam untuk orang dewasa dan 9-10 jam untuk remaja. Tidur sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

3. Rutin olahraga

cara menaikkan berat badan
via: swimming.org

Olahraga tentu saja selalu ada di setiap tips kesehatan. Nggak terkecuali di tips menjaga daya tahan tubuh. Dengan rutin berolahraga minimal seminggu sekali, badanmu akan semakin kuat dan bugar.

Otot-otot tidak lagi kaku, keringat keluar dari tubuh, badan menjadi lebih segar dan bergairah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kalau nanti pas musim hujan? Olahraga indoor seperti berenang bisa kamu jadikan pilihan.

4. Tidak merokok dan menghindari alkohol

Meskipun belum diharamkan, tapi secara medis rokok dan alkohol itu emang merusak tubuh lho. Kandungan rokok dan minuman beralkohol sama sekali nggak ada manfaatnya untuk tubuh.

Buat kamu perokok pasif juga harus hati-hati banget, sebisa mungkin hindari asap rokok karena paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Lebih-lebih perokok aktif dan peminum minuman beralkohol, banyak banget penyakit yang menunggu seperti infeksi paru, bronkitis, pneumonia, dan lain-lain.

5. Hindari stres

via: rd.com

Stres memang tidak terhindarkan. Kamu hidup sebagai manusia, nggak mungkin nggak punya masalah. Tau nggak baru-baru ini CEO salah satu e-commerce besar Indonesia beropini bahwa Indonesia negara paling bermasalah.

Terlepas dari setuju nggak setuju atas pernyataan tersebut, peneliti menelusuri memang masih banyak orang yang kurang bahagia a.k.a sejahtera di negeri kita ini. Hm, semoga bukan termasuk kamu ya.

Kerjaan dan tugas yang menumpuk seringkali menjadi penyebab stres. Belum lagi si mantan yang udah jalan sama orang lain, gebetan yang susah banget dideketin, duh adaaa aja deh pokoknya masalah manusia.

Alangkah baiknya kalau kamu bisa mengelola emosi dan menghindari stres. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan akan menjaga kestabilan daya tahan tubuh.

Jika perlu, kamu boleh kok mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter ya, bagaimana level kesehatan kamu sampai-sampai harus mengonsumsi suplemen.

Adapun suplemen untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh yang baik adalah yang mengadung echinacea, morinda citrifolia, phylantus, dan vitamin B6, C, dan E. Tips menjaga daya tahan tubuh pada intinya adalah menerapkan pola hidup sehat.

Semoga sehat selalu, Kawan Muda!

Tips Membuat CV Agar Lolos Seleksi Kerja

contoh design cv creative menarik

Salah satu berkas yang diperlukan untuk melamar pekerjaan adalah Curriculum Vitae (CV) alias daftar riwayat hidup. CV menjadi begitu penting sebab dari sini lah, HRD kali pertama melihatmu.

Tahukah kamu, karaktermu sedikit banyak bisa dibaca melalui CV kreatif yang kamu buat lho. Namun nggak cuma karakter yang penting untuk ditonjolkan, rekam jejak, bakat, dan kemampuanmu selama ini juga butuh kamu tonjolkan melalui CV.

Buat kamu para job seeker, simak yuk tips membuat CV yang baik dan benar seperti di bawah ini agar kamu lolos seleksi kerja!

 

 

1. Desain yang mudah dibaca

cv creative
via good-resume.com

Dalam membuat CV, hal pertama yang paling mencolok biasanya adalah dari segi desain. Jika dibandingkan dengan pelamar kerja yang lain, pasti HRD akan skimming terlebih dahulu membolak-balikkan CV.

Kamu beruntung jika dapat menarik perhatian melalui desain CV. Sebenarnya, desain CV lebih baik yang simpel atau sederhana. Tapi nggak harus demikian, tergantung kebutuhan profesi yang akan kamu lamar.

Hal paling penting dalam desain CV adalah mudah dibaca. Tata letaknya bagus. Enak dilihat dan dapat dipahami.

2. Deskripsi diri yang singkat dan padat

Tidak perlu bertele-tele dalam mendeskirpsikan kamu siapa. Ingat, kebanyakan bio profile di akun Instagram, Twitter, dan sosial media lainnya juga maksimal 160 karakter kan?

Cukup singkat, padat, dan jelas. Selebihnya biarkan HRD menilai dari riwayat pendidikan, pekerjaan, atau organisasi yang pernah kamu ikuti.

Kamu boleh menambahkan profil LinkedIn. LinkedIn memang ditujukan untuk profesional, media sosial yang isinya kebanyakan orang-orang pekerja. Dengan memiliki LinkedIn, kamu sudah ada nilai plus di mata HRD.

3. Tulis soft skill

via: brightside.me

Bukan soal penting nggak penting, tapi soft skill ini perlu kamu tunjukkan melalui CV. Kamu bisa menuliskan soft skill atau hobi. Seperti berolahraga, bermusik, fotografi, atau lainnya.

Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi HRD untuk merekrutmu lho. Pasalnya, beberapa karakter akan terlihat melalui passion atau hobi yang kita suka. Setuju nggak?

4. Isi riwayat kerja, organisasi, dan pendidikan yang spesifik

via: nbcnews.com

Nah ini penting banget nih. Jangan disepelekan!

Kalau bisa, jelaskan secara singkat, padat, dan jelas perjalanan karir dan pendidikanmu. Terutama pekerjaan sih. Tahun berapa kamu kerja di mana dan apa tugasmu di sana.

Hal ini akan memudahkan HRD untuk mengetahui apakah kamu cocok untuk diterima ataukah tidak. Riwayat organisasi yang pernah kamu ikuti juga boleh ditulis, ingat-ingat lagi organisasi bergengsi apa yang pernah kamu ikuti.

Lalu juga pendidikan, cukup cantumkan tahun, tempat, dan jurusan.

5. Perhatikan jabatan atau profesi

Soal ini agak tricky. Kamu boleh menyebut suatu jabatan atau profesi apapun itu yang menurutmu kamu banget. Namun, harus disesuaikan dengan posisi yang perusahaan butuhkan.

Contohnya, perusahaan butuh seorang Senior Digital Marketing. Kamu bisa mendeskripsikan dirimu sebagai Digital Creative Enthusiast atau yang lebih umum seperti Marketing Professional.

Intinya, promosikan dirimu sebaik mungkin. Apa yang akan kamu lakukan di perusahaan yang kamu lamar? Ingin menjadi apa dan akan seperti apa? Pikirkan baik-baik dan representasikan dalam CV.

6. Kalahkan robot pencari

Mungkin banyak darimu yang belum tahu kalau sekarang tuh ada tools buat menyeleksi CV sebelum berada di tangan HRD. Biasanya perusahaan yang menggunakan ini membutuhkan kamu untuk mengunggah CV pada form atau situs pencari kerja.

Ketika CV sudah masuk ke situs pencari kerja, sistem ATS (Applicant Tracking System) akan memindai keyword yang berkaitan dengan profesi yang kamu lamar. Fungsi utama sistem ini adalah mengeliminasi mayoritas resume yang diterima dan memudahkan HRD.

Tugasmu adalah lolos dari seleksi ini. Caranya adalah dengan memasukkan beberapa keyword skill atau kriteria yang dicari pada lamaran kerja yang kamu incar. Perhatikan kata yang sering muncul pada lowongan tersebut terutama di bagian kualifikasi yang dicari.

Tips membuat CV sudah kamu kantongi. Saatnya membuat CV kreatif yang sesuai dengan kamu. Semangat ya! Semoga kamu segera mendapat pekerjaan yang terbaik!

Mau Tes CPNS? Ini 5 Tips Jitu Agar Lolos CPNS

tips lolos cpns

Mencari pekerjaan memang tak mudah, meski demikian, jalannya sangat banyak. Salah satunya adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil alias PNS. Untuk menjadi PNS, otomatis kamu harus mengikuti tes CPNS.

Zaman sekarang banyak di antara kita yang memilih pekerjaan online, tapi masih banyak juga lho yang tertarik dengan kerja kantor khususnya menjadi pegawai negara ini. Nggak ada yang salah dengan keduanya. Yang salah itu, kalau kamu nggak berusaha hingga menjadi tanggungan negara 🙁

Duh, amit-amit jangan sampai ya Kawan Muda!

Anyway, tips lolos CPNS selalu menjadi top search di Google setiap tahunnya. Di sini Kita Muda bakal bahas tips jitu yang dilansir langsung dari ahli yang berpengalaman.

Silakan diikuti, asal jangan tes dengan cara yang haram ya. Kerahkan segala daya dan upaya tapi apalah gunanya kalau kamu mengambil jalan pintas, ceilah. Langsung aja yuk simak tips lolos CPNS sebagai berikut.

1. Pahami Sejarah Indonesia

sejarah Indonesia
via: brightside.me

Seperti yang kita tahu, tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

PNS adalah abdi negara. Oleh karena itu, pengetahuanmu soal sejarah Indonesia benar-benar diuji di TWK. Yuk, banyak membaca tentang sejarah Indonesia. Mulai dari zaman penjajahan sampai zaman sudah merdeka.

Pertanyaan yang muncul biasanya akan seputar sejarah perjuangan Indonesia hingga dasar-dasar negara pasti ada di dalamnya. Soal pasal-pasal, sedikit banyak kamu juga harus hafal nih.

2. Ikut Bimbingan Belajar

Cara lolos CPNS yang satu ini memang cukup mengeluarkan biaya. Namun, itulah yang dinamakan usaha. Kamu sebaiknya mengikuti bimbingan belajar khusus tes CPNS baik privat maupun kelompok bersama teman-teman.

Di bimbingan belajar ini, kamu akan belajar rutin dengan soal-soal maupun wawasan baru atau wawasan lama yang diulang. Nantinya juga akan ada simulasi tes CPNS sehingga kamu nggak kaget saat tes akan berlangsung.

Bimbingan belajar ini pasti ada di setiap kota kok, jangan malas mencari ya!

3. Gigih dalam Belajar

Tips yang ini, dari sejak kamu SD juga sudah terpakai. Gigih dan rajin belajar adalah koentji. Kalau mau lolos, ya harus tekun belajar dong. Jangan hanya mengandalkan faktor keberuntungan karena itu hanya 1% dari 100% keberhasilan.

99% sisanya tentu dengan usaha dan jerih payahmu selama ini. Ecie. Belajar nggak harus di tempat bimbingan belajar aja. Tapi bisa juga di rumah, di kendaraan umum, di sela-sela kamu antre di apotek, dan lain-lain.

4. Pilih Instansi Sesuai dengan Minat atau Jurusan

Agar lolos tes CPNS, kamu juga harus cermat dalam memilih instansi. Pilihlah instansi yang sesuai dengan minat dan bakat atau jurusan kamu. Dengan ini, peluang diterima akan lebih tinggi lho.

Banyak-banyak cari tahu tentang instansi yang kamu tuju. Kesempatanmu untuk diterima sebagai PNS juga lebih besar jika kamu memilih posisi yang memiliki lowongan banyak.

5. Jujur dan Terus Berdoa

berdoa
via: crosswalk.com

Tips dari segala tips tes atau ujian adalah selalu jujur dan tekun dalam berdoa. Jujur itu watak ya, Kawan Muda. Kamu mau menjadi abdi negara yang nggak jujur? Siap-siap deh tanggung jawabmu ke masyarakat Indonesia dan ke diri sendiri.

Tuhan juga akan mendengar doa-doa yang serius. Jangan lupa berdoa sebelum tes dimulai dan jauh-jauh hari secara rutin saat akan mengikuti tes CPNS. Kita Muda juga doain deh, semoga kamu lolos ya!

Buat kamu yang sedang berjuang untuk ikut tes CPNS, have a best luck 😀

Insomnia? Ini 6 Cara Cepat Tidur yang Efektif dan Mudah

tips tidur nyenyak di malam hari

Sering mengalami insomnia? Kira-kira kenapa sih, Kawan Muda? Apa karena sedang jatuh cinta? Lembur? Kebanyakan minum kopi? Atau… mikir tagihan utang? :p

Insomnia tuh sebenarnya nggak enak ya, asli. Tubuh kita butuh istirahat, mata pengin merem, tapi rasa kantuk nggak juga datang. Hm, kalau kamu sering mengalami ini ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter deh.

Kalau enggak, coba terapkan beberapa cara cepat tidur yang efektif dan gampang banget seperti berikut ya!

1. Matikan gadget

tips tidur nyenyak di malam hari
via: makeuseof.com

Poin pertama dan common problems saat ini yang sering banget terjadi adalah nggak tidur-tidur gara-gara mainan hp. Padahal udah bales semua pesan, notifikasi juga udah dilihat semua, tapi kamu ketagihan scrolling.

Duh, kalau dibiarin terus-terusan ini bisa gawat lho! Apalagi kalau udah kecanduan game. Lebih baik, matikan gadget apapun itu sebelum tidur. Biar pikiranmu bisa rileks dan rasa kantuk akan datang dengan sendirinya.

Pada beberapa orang, juga lebih nyaman mematikan lampu sekalian. Atau pakai lampu tidur. Biar kamu langsung terlelap, nggak kepikiran apa-apa.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat bisa membuat tubuhmu rileks. Otot-otot yang tadinya kaku jadi luwes. Bawaannya badan jadi enteng dan segar.

Selain bikin gampang tidur, mandi air hangat di sore hari menjelang malam juga sangat baik untuk kesehatan lho. Asal pas badanmu lagi fit ya.

3. Perhatikan jenis makanan

Adalah diet tinggi lemak dan rendah protein serta karbohidrat
makanan tinggi karbohidrat | via: yahoo.com

Nih, biasanya penyebab susah tidur adalah kamu salah dalam memilih makanan khususnya di beberapa jam sebelum tidur. Hindari makanan berlemak tinggi, karena tubuhmu akan bekerja keras untuk memecah lemak. Sehingga kamu bakal jadi susah tidur.

Lebih baik, konsumsi makanan berkarbohidrat. Karbohidrat mampu membuatmu kenyang dan meningkatkan kadar hormon tryptophan yang memicu rasa kantuk untuk segera tidur.

4. Lakukan latihan pernapasan

Cara cepat tidur yang satu ini sering digunakan oleh psikolog atau dokter untuk membantu pasien yang insomnia. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

5. Tidur di jam yang sama setiap hari

Usahakan punya alarm atau waktu khusus sendiri untuk memulai rebahan di kasur dan berselimut jam berapa. Coba patuhi jadwal tidurmu. Dengan demikian, kamu akan terbiasa tidur tepat waktu dan tubuhmu mau nggak mau akan ‘nurut’ untuk ikutan ngantuk.

6. Jangan overthinking!

berpikir
via : huffingtonpost.com

Last but not least, nggak usah overthinking! Mikir apa sih? Hidup dibawa rileks aja, Kawan Muda. Percayalah pasti selalu ada jalan keluar di setiap masalah. Dan Tuhan selalu ada bersamamu. So, tidurlaah~

Oh ya! selalu ingat untuk berdoa sebelum tidur. Cuci kaki dan tanganmu, gosok gigi, plus night skin care routine buat cewek-cewek nih jangan sampai lupa. Semoga tips cepat tidur ini membantu ya. Sleep tight!

5 Hotel Murah di Yogyakarta, Harga di Bawah 100ribu!

Good Karma hotel murah jogja

Jogja selalu menjadi ide terbaik untuk liburan. Mau lama atau sebentar macem short getaway, Jogja punya banyak tempat yang bisa bikin pikiran kamu fresh seketika. Mau solo traveling hemat juga bisa banget, banyak hotel murah di Yogyakarta yang bisa kamu singgahi.

Istimewa dengan adat dan budayanya. Keraton yang masih terjaga sampai sekarang. Selain itu juga terkenal akan murahnya. Beneran, di Jogja tuh living cost-nya tergolong rendah. Banyak banget apa-apa yang “harga mahasiswa” di sana.

Mau liburan hemat, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata gratis di Jogja. Soal penginapan, pilih yang murah aja sekalian. Berikut adalah rekomendasi 5 hotel murah di Jogja.

1. Venezia Garden

Venezia Garden hotel murah jogja
Venezia Garden | via hotels.com

Kisaran harga: Rp 50.000 – Rp 85.000 per malam
Alamat: Jl. Parangtritis No.92B, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Penginapan atau hotel berfasilitas lengkap dan harga yang terjangkau selalu menjadi incaran. Apalagi untuk kamu yang seorang mahasiswa, suka solo traveling, atau yang suka backpacker-an.

Hotel Venezia Garden cocok untuk kamu. Dengan kolam renang, nuansa yang cerah, dan dekat dengan pantai. Harga sudah termasuk sarapan. Pelayanan yang ramah dengan live music. Kurang apalagi coba?

2. Good Karma

Kisaran harga: Rp 50.000 – Rp 75.000 per malam
Alamat: Jalan Timuran No.100, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Hotel di Jogja yang murah lengkap dengan fasilitas AC dan cukup dengan kawasan pusat kota. Good Karma, dari sini kamu bisa menjangkau Taman Sari, Keraton, atau Candi Prambanan hanya dengan 30-60 menit.

Akses angkutan umum juga dekat. Selain itu, pelayanan staf yang ramah, full service laundry, makanan yang enak-enak membuat hotel ini makin banyak disukai.

3. Pondok Sare

Pondok Sare hotel murah jogja
Pondok Sare | via hotels.com

Kisaran harga: 62.000
Alamat: Jalan DI Panjaitan Gang Ngadinegaran MJ 3 No.151, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141

Penginapan yang satu ini lebih ke hostel sih ya, Kawan Muda. Ada tempat tidur susun gitu mirip asrama. Soal style dan desain ruangan, ini casual banget. Ada Wi-Fi gratis jadi makin cocok buat kamu yang mampir Jogja cuma untuk dinas luar kota sehari.

Lokasinya juga nggak jauh-jauh amat dari tempat wisata di Jogja. Mau kuliner juga gampang banget nemu jajanan Jogja yang murah-murah. Tempatnya nyaman dan harganya pas di kantong.

4. Ostic Hotel

Kisaran harga: Rp 65.000
Alamat: Jl. Suryodiningratan No.10 B, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141

Buat kamu yang hobi foto-foto, coba deh bermalam di hotel ini. Banyak spot-spot foto yang kece di setiap sudut-sudut Ostic Hotel. Selain desain hotel yang cantik, harganya pun juga ramah di kantong.

Fasilitas lengkap banget. Kids-friendly dan pastinya free Wi-Fi. Tempat ini bikin kamu berasa di rumah. Ada tempat nge-gym juga meskipun kecil. Jadi makin betah tinggal di sini berhari-hari.

5. Omah Guyub

Omah Guyub hotel murah jogja
Omah Guyub | tipswisatamurah.com

Kisaran harga: Rp 48.000
Alamat: Jl. Jomegatan No.350, Jomegatan, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Berada di daerah Bantul, hotel ini memiliki konsep yang sangat unik. Cocok buat kamu yang mau honeymoon di Jogja. Dengan desain joglo benar-benar menampilkan Jawa kuno. Khas Jogja banget lah.

Soal fasilitas juga oke kok, setara lah dengan harganya yang murah. Free WiFi dan tempat parkirnya luas. Selain itu, makanannya juga enak-enak. Hotel ini deket banget sama Taman Sari, Museum Sonobudoyo, dan De Mata Trick Eye Museum.

 

Semakin pengin ke Jogja nggak? Udah sana buruan kosongin tanggal, habiskan jatah cuti dan cus… selamat liburan, Kawan Muda!

5 Resep Ayam Kecap Enak Buat Makan Bareng Keluarga

resep masakan rumahan

Ayam kecap merupakan olahan ayam yang terkenal selain ayam goreng. Cita rasa yang manis membuat ayam kecap ini sangat disukai oleh lidah orang Indonesia.

Selain itu, cara memasak ayam kecap ini gampang banget. Ayam kecap juga bisa dimodifikasi dengan berbagai rasa. Seperti apa? Simak yuk berbagai resep ayam kecap seperti berikut.

Resep ayam kecap sederhana

ayam kecap
via: royco.co.id

Bahan:
800 gram ayam, potong 8 bagian
1 buah jeruk nipis
3 siung bawah putih, memarkan
1 buah tomat, potong
1 sdt garam
2 sdm margarin
1 bawang bombay, potong dadu
2 buah cabai merah, buang bijinya, iris tipis
2 sdm kecap manis
1/2 sdt merica putih bubuk
150 ml air

Cara membuat:
1. Siram ayam potong dengan air jeruk sambil panaskan wajan dan siapkan minyak
2. Goreng ayam hingga setengah matang, lalu tiriskan
3. Panaskan margarin di atas wajan, lalu tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai hingga harum
4. Masukkan tomat, kecap, garam, dan merica, lalu aduk rata
5. Masukkan ayam lalu air, masak hingga bumbu meresap lalu angkat
6. Ayam kecap siap disajikan selagi hangat

Resep ayam kecap cabe ijo

Bahan:
– 1 batang serai
– Minyak goreng secukupnya
– 500 gram ayam
– 5 buah cabe ijo
– 4 sendok makan kecap manis
– 2 lembar daun salam
– 3 lembar daun jeruk
– 1 ruas jahe
– 1 sendok teh garam
– 100 ml air
– 3 siung bawang putih, potong
– 5 butir bawang merah, potong

Cara Membuat:
1. Goreng ayam setengah matang, tiriskan minyaknya.
2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Lalu masukkan serai dan jahe yang sudah dimemarkan.
3. Tambahkan salam, daun jeruk dan cabe ijo yang sudah diiris menyerong. Tuangi kecap manis dan air. Masak hingga harum.
4. Masukkan ayam, kemudian bumbui dengan garam. Masak sampai ayam benar-benar matang dan air menyusut.
5. Ayam kecap cabe ijo siap disajikan.

Resep ayam kecap pedas manis

Bahan:
– 2 batang daun bawang
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 500 gram ayam potong
– 5 buah cabai rawit
– 100 ml air
– 2 buah cabai merah besar (opsional)
– 4 siung bawang putih
– 4 sendok makan kecap manis
– 1/2 ruas jahe
– 1/2 buah bawang bombay
– 1 1/2 sendok teh garam
– 1 buah tomat
– Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
1. Potong ayam jadi enam bagian. Memarkan bawang putih dan jahe. Iris memanjang bawang bombay, kemudian iris menyerong daun bawang dan cabai merah besar. Potong-potong tomat seukuran dadu dan iris halus cabai rawit.
2. Panaskan minyak, lalu goreng ayam sampai setengah matang.
3. Tumis jahe, bawang bombay, dan bawang putih hingga layu. Masukkan ayam, aduk sebentar.
4. Tambahkan kecap manis, air, garam, dan lada. Masak sampai air menyusut dan ayam matang.
5. Selanjutnya masukkan tomat dan daun bawang. Aduk sebentar sampai cukup layu.
6. Ayam kecap pedas manis siap dihidangkan.

Resep ayam kecap santan

ayam kecap santan
via brilio.net

Bahan:
– 2 cm kayu manis
– 2 butir kapulaga
– 4 siung bawang putih (cincang halus)
– 1 ekor ayam (dipotong menjadi 6-8 bagian)
– 1/2 buah bawang bombay (iris memanjang)
– 5 butir cengkeh
– 5 sendok makan kecap manis
– 3 buah bunga lawang/pekak
– 2 buah tomat (potong kecil)
– 1 batang Daun bawang (iris halus)
– 1 sendok makan air jeruk nipis
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 100 ml santan kental
– Bawang goreng secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
1. Baluri ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit.
2. Goreng ayam sampai matang, tiriskan minyaknya.
3. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan merica bubuk sampai harum. Masukkan tomat, kemudian masak sampai layu.
4. Masukkan cengkeh, kapulaga, bunga lawang, dan kayu manis. Aduk dan masak sampai harum. Setelah itu bumbui dengan kecap manis.
5. Masukkan ayam goreng, kemudian tuang santan kental.
6. Masak sampai kuah agak mengental dan ayam matang sempurna. Angkat dari kompor, sajikan dengan taburan bawang goreng.
7. Ayam kecap santan siap disajikan.

Resep ayam kecap saus tiram

Bahan:
– 2 sendok makan saus tiram
– Gula secukupnya
– 5 siung bawang putih (cincang kasar)
– 500 gram ayam (dipotong jadi 6 bagian)
– 1 buah bawang bombay (iris tipis)
– 6 sendok makan kecap manis
– 1 buah tomat kecil (iris)
– 1 sendok makan kecap asin
– 3 gelas air
– Garam secukupnya
– Merica secukupnya
– Seledri secukupnya
– Wijen sangrai secukupnya

Cara Membuat:
1. Goreng ayam sampai setengah matang.
2. Tumis bawang bombay, bawang putih dan tomat sampai harum. Masukkan ayam yang sudah digoreng.
3. Tambahkan air, lalu masukkan saus tiram, kecap manis dan kecap asin. Bumbui dengan garam, gula, penyedap rasa dan merica.
4. Masak sampai air menyusut, lalu sajikan dengan taburan seledri cincang dan wijen sangrai.
5. Ayam kecap saus tiram siap dinikmati.

 

Favorit kamu yang mana nih? Selamat mencoba, Kawan Muda!

6 Guest House Murah di Malang, Harga di Bawah 200ribu!

New Kawi Guest House

Kota Malang adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jawa Timur. Malang terkenal dengan suhunya yang dingin. Buat yang pernah kuliah di Malang, pasti setuju kalau ungkapan I left my heart in Malang itu bener banget.

Malang selalu nggak bisa bikin move on, bahkan ketika kamu berkunjung untuk sehari sekali pun. Banyak yang menarik di Malang. Selain tempat-tempat wisata, di Malang kamu bisa hidup hemat karena living cost tergolong rendah.

Mau berwisata ke Malang sampai puas nggak afdol dong kalau nggak merebahkan badan sekalian di kota ini. Buat kamu yang mau solo traveling atau mau traveling hemat juga nggak usah khawatir, banyak hotel murah di Malang yang bisa kamu singgahi.

Kalau kamu lebih suka yang suasana homey, daftar guest house murah di Malang seperti berikut bisa kamu jadikan pilihan.

1. Griya Nelwan Guest House

Griya Nelwan Guest House
Griya Nelwan Guest House | via booking.com

Alamat : Jl. Bend. Palasari, Sigura-Gura Residence Kav. 47, Malang Pusat, Malang
Kisaran harga : Rp. 157.000

Guest house murah di Malang yang satu ini memang letaknya agak ‘nyelempit’ dari pusat kota. Tapi lokasinya cukup tenang meskipun banyak orang lalu lalang di jalanan depan guest house.

Fasilitas cukup lengkap dengan staf yang sangat ramah. Sayangnya, tempat ini menyediakan kamar mandi luar. Memang murah, tapi kurang cocok untuk kamu yang ingin lebih privat.

2. Budget Guest House Tunas Mandiri Jaya

Alamat : Jalan Tidar 2B, Malang Pusat, Malang.
Kisaran harga : Rp. 180.000

Penginapan dengan WiFi, AC, dan kids-friendly sangat disukai. Termasuk guest house yang satu ini. Letaknya berada di kawasan ‘puncak’ Kota Malang yaitu di area Tidar. Kalau lagi musim hujan, di sini bener-bener berasa dinginnya.

Dengan harga yang terjangkau, sayangnya hotel ini tidak menyediakan banyak tempat parkir. Jadi rekomendasi penting kalau kamu ke sini adalah mendingan naik kendaraan online. 

3. Armyn Luxury Guest House

Armyn Luxury Guest House
Armyn Luxury Guest House | via agoda.com

Jl. Telomoyo No 22 Malang, Malang Pusat, Malang.
Kisaran harga : Rp. 180.000

Sebagai guest house yang murah, Armyn sering menjadi alternatif terbaik kalau kamu kehabisan hotel murah di Malang. Tempatnya cukup adem ayem dan berada di pusat. Dekat dengan beberapa tempat kuliner jadi nggak perlu bingung makan.

Fasilitas pun cukup lengkap ada sarapan gratis, WiFi, parkir luas, AC, dan laundry. Dengan nilai plus keramahan staf dan kamar yang luas membuat liburan di Malang versimu semakin menyenangkan.

4. New Kawi Guest House

Alamat : JL. Kawi Atas No. 40, Malang Pusat, Malang.
Kisaran harga : Rp. 181.000

Guest house ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Mungkin ini adalah penginapan model guest house yang tertua di Malang. Letaknya pun sangat strategis. Kamar yang tersedia juga banyak.

Di sini, kamu akan disuguhkan nuansa heritage alias kembali ke zaman dulu gitu. Aksen kayu dengan warna lampu yang redup membuat pengalaman bermalammu semakin nyaman.

5. Guest House Simpang Borobudur

Alamat : Jl. Simpang Borobudur Utara 4/8, Malang Pusat, Malang.
Kisaran harga : Rp. 185.000

Terletak di kawasan Blimbing, guest house di Malang yang satu ini cukup lengkap fasilitasnya untuk harga murah. Dekat dengan berbagai taman di Malang seperti Taman Gotong Royong, Taman Krida Budaya, Taman Kendedes, dan Balai Tugu Kota Malang.

Ada kurang lebih 20 kamar yang tersedia dengan fasilitas WiFi gratis, pelayanan ramah, dan akomodasi gampang. Selain itu, guest house ini juga dekat dengan beberapa universitas terkemuka di Malang.

6. Sandubaya Syariah Guest House

Sandubaya Syariah Guest House
Sandubaya Syariah Guest House | via pegipegi.com

Alamat : Jl. Perumahan Istana Gajayana, Malang Pusat, Malang.
Kisaran harga : Rp. 185.000

Seperti namanya, family guest house ini lebih menonjolkan nuansa islami. Orang yang menginap kalau sudah berkeluarga pun harus menunjukkan bukti surat nikah atau KTP suami istri.

Suasananya tenang, mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkotan umum dalam kota seperti GL, AL, dan LG. Jarak ke tempat kuliner atau jajanan pun dekat.

That’s all, Kawan Muda. Semoga daftar ini bermanfaat buat kamu yang mau liburan ke Malang ya!

DIY Facial Untuk Kulit Wajah Berjerawat. Cobain Yuk!

facial jerawat

Tips menghilangkan jerawat sering kamu cari caranya di Internet. Tapi, kenapa tetap ada aja ya kuman kecil menyebalkan ini?

Sebenarnya, jerawat itu bisa hilang sendiri tanpa diapa-apain. Tapi lebih baik kalau kamu merawatnya dan segera menghilangkannya untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selain konsultasi ke dokter, kamu bisa coba facial sendiri di rumah lho.

Begini step by step DIY facial khusus untuk kamu yang memiliki kulit wajah berjerawat.

1. Cuci dan pijat area wajah

cuci muka
cuci muka | via liputan6.com

Cuci muka dengan air mengalir dan lakukan pijatan lembut ke seluruh wajah. Hal ini bisa kamu rutinkan paling tidak dua kali sehari. Cuci agar kotoran terangkat dan otot-otot wajah menjadi lebih rileks.

2. Gunakan sikat khusus wajah

Tahu kan sikat khusus wajah yang kekinian itu? Iya, yang bentuknya imut, warnanya cerah, dan harganya lumayan itu. Biar nggak malah kacau, beli lah produk yang original ya.

Kamu bisa menggunakan sikat khusus wajah untuk pengangkatan sel kulit mati lebih optimal. Saat berjerawat, sel kulit mati semakin banyak. Akan susah jika hanya dibersihkan dengan jari-jari.

3. Gunakan sabun pembersih wajah

Perihal sabun wajah apa yang paling cocok untuk kulit berjerawat, kamu pasti sudah memiliki preferensi tersendiri. Mau itu facial soap, facial foam, atau facial wash. Dengan memberi sabun, kulit wajah kamu akan ternutrisi.

4. Gunakan face toner

Toner juga menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit
gunakan toner | via: bustle.com

Oleskan toner ke kulit wajah setelah mencuci wajah dengan sabun. Toner bisa membantu membersihkan sisa make-up dan kotoran yang ada di wajah.

Selain itu juga mengembalikan pH kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi produksi minyak. Pastikan kamu telah memilih face toner khusus untuk wajah berjerawat ya.

5. Dekatkan wajah dengan uap hangat

Mendekatkan wajah atau mencuci wajah dengan uap panas adalah metode penting untuk dapat menghilangkan jerawat membandel di wajah. Tahap ini cuma butuh lima menit kok.

Uap panas akan membuka pori-porimu sehingga komedo dan kotoran dapat terangkat dan ‘rontok’ dari kulit wajahmu. Terutama yang berada di dekat hitung.

6. Gunakan masker wajah alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan masker mentimun
masker mentimun | via: india.com

Bagian inti nih, gunakan masker alami untuk merelaksasi kulit wajahmu. Gunakan masker yang terbuat dari ekstrak buah atau ekstrak bahan alami lainnya. Seperti timun, jeruk, greentea, dan lain-lain. Dengan ini jerawat akan kempes lebih cepat.

7. Bilas wajah dengan es batu

Setelah pakai masker kurang lebih 30-60 menit, saatnya kamu membilas wajahmu. Gunakan es batu untuk mengusap wajah terlebih dahulu. Setelah itu bilas dengan air mengalir sampai sisa-sisa masker semua menghilang.

8. Oleskan pelembap

Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, oleskanlah pelembap. Hal ini akan menghambat peningkatan produksi minyak serta mencegah munculnya jerawat. Gunakan pelembap berlabel noncomedogenic dan bebas minyak untuk kulit wajah berjerawat.

9. Oleskan tabir surya dan krim jerawat

Bagian terakhir, oleskan pula tabir surya untuk kamu jika akan keluar rumah. Atau oleskan krim jerawat jika tidak akan keluar rumah. Hal ini perlu agar jerawat kamu nggak makin parah dan cepat sembuh.

10. Hindari penggunaan make-up setelah facial

Kulit wajahmu sedang baru saja melakukan perawatan intensif. Hindarkan dulu beberapa jam sebelum kamu menggunakan make-up. Biarkan wajah segar tanpa make-up seharian agar jerawat tidak mudah datang lagi.

Lakukan facial jerawat yang mudah dan efektif ini paling tidak sekali dalam dua minggu. Dijamin, jerawat yang sekarang bertengger di wajahmu itu akan cepat hilang. Yuk, cobain!