5 prinsip yang bisa dijadikan pegangan agar kamu tak larut dan tenggelam dalam lautan penyesalan

Kawan Muda mungkin pernah merasa kecewa saat menemukan banyak hal yang belum mampu kamu lakukan atau bahkan hal-hal yang kamu sayangkan karena melakukannya. Akhirnya, kamu menyalahkan diri sendiri karena nggak mengambil langkah yang tepat. Coba saja kamu mengambil langkah yang tepat, semuanya nggak akan berakhir seperti ini.

Penyesalan itu hal yang lumrah dan normal dilakukan oleh manusia. Ada kalanya, saat kita mulai disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang menumpuk, kita lupa akan hal-hal kecil yang sebenarnya penting dilakukan. Misalnya, meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarga atau berani mengambil risiko untuk keluar dari zona nyaman.

 

BACA JUGA: 10 hal yang harus kamu hapus demi memperoleh kebahagiaan hakiki dalam hidup

 

Hmm, tapi berlarut-larut dalam penyesalan juga nggak baik, Kawan Muda. Apalagi menghabiskan waktu untuk meratapi hal-hal yang sudah terjadi dan kamu nggak bisa mengubahnya. Daripada waktu terbuang sia-sia, lebih baik terapkan 5 hal ini agar kamu bisa “berdamai” dengan penyesalan yang kamu rasakan.

1. Ubah mindset negatif kamu saat memikirkan kesalahan-kesalahan yang telah kamu lakukan

via: metro.us

Siapa sih yang bangga saat melakukan kesalahan? Sebisanya, kamu akan menghindar agar tidak melakukan suatu kesalahan. Hmm, sepertinya kita selalu menganggap kesalahan sebagai benalu dalam hidup. Padahal, kesalahan adalah guru terbaik dan kita bisa tumbuh menjadi orang yang lebih baik dengan belajar dari kesalahan yang kita lakukan.

Saat kamu sadar telah berbuat salah, coba instropeksi dan analisis kesalahanmu. Lalu, lakukan tindakan nyata untuk mengubah kesalahan itu menjadi peluang menjadi pribadi yang lebih baik. Orang-orang yang merugi bukanlah mereka yang berbuat kesalahan; tapi mereka yang nggak mampu belajar dan memperbaiki kesalahannya.

2. Fokuslah pada hal-hal yang tengah kamu jalani saat ini

via: wellseek.co

Kebanyakan dari kita sering lupa untuk menikmati hidup yang sekarang ini karena terlalu banyak melihat ke belakang atau terlalu sibuk memikirkan masa depan. Melihat ke belakang membuat kita menyesali hal-hal yang belum sempat dilakukan; dan melihat ke depan membuat kita terlalu memikirkan hal-hal yang belum pasti.

 

BACA JUGA: Karena curhat sama temen bisa bocor kapan aja, maka 10 momen ini baiknya dicurhatin ke Tuhan

 

Cobalah untuk menikmati hidup yang kamu miliki saat ini dan manfaatkan dengan maksimal. Memikirkan masa depan memang penting, tapi apa yang kamu lakukan di masa kini juga menentukan masa depanmu. Sederhanakan hidupmu dengan harapan yang bisa dicapai oleh dirimu yang sekarang ini.

3. Menghargai dirimu sendiri itu lebih baik daripada memikirkan apa yang berhasil kamu lakukan

via: itcoinist.com

Kita kadang sering lupa untuk mengapresiasi diri sendiri saat melakukan sesuatu. Hal yang kita pikirkan sepanjang waktu hanyalah apakah kita berhasil melakukannya dengan baik. Saat menemui kegagalan, kita menyesali dan menyalahkan diri sendiri karena nggak maksimal melakukannya.

Padahal, usaha yang kita lakukan nggak sedikit lho. Keberhasilan selalu dipandang dari hasil akhir, bukan perjuangan saat mencapainya. Inilah yang membuat kita selalu larut dalam penyesalan. Kalau kamu menghargai dirimu, sejauh apa yang telah kamu lakukan (nggak peduli berhasil atau belum), kamu nggak akan deh larut dalam penyesalan.

4. Manfaatkan waktumu dengan baik, jangan menyia-nyiakannya

via: people.com

Waktu itu sangat berharga dan nggak bisa dibeli, jadi jangan pernah menyia-nyiakan sedetik pun waktu yang kamu punya. Gunakan waktumu untuk mengerjakan hal-hal yang penting, yang membuatmu bahagia saat melakukannya, serta memberikan dampak positif bagimu dan sekitarmu.

 

BACA JUGA: Sering ragu dengan diri sendiri? Mungkin kamu tergolong orang-orang dengan kecerdasan di atas rata-rata

 

Selain itu, jangan lupa meluangkan waktumu untuk orang-orang yang berharga bagimu. Salah satu penyesalan terbesar yang pernah diungkapkan kebanyakan orang adalah nggak menghabiskan cukup waktu untuk orang-orang yang berharga dalam hidup mereka. So, sesibuk apa pun jangan melupakan orang-orang terdekatmu ya!

5. Jalani hidupmu dan pilihan-pilihan yang telah kamu ambil agar hidupmu lebih bermakna

via: beliefnet.com

Saat melakukan sesuatu, kamu nggak akan pernah tahu hasil akhirnya. Jika pada akhirnya kamu belum berhasil, jangan jadikan itu sebagai penghalang untuk memandang jauh ke depan.

Kita nggak bisa mengontrol apa yang akan terjadi, tapi kita bisa memilih apa yang harus dilakukan untuk menjalani atau mengatasinya. Setiap detik dalam hidupmu bermakna, apalagi jika kamu manfaatkan waktumu dengan baik. So, apa pun yang terjadi, jika kamu ingin sampai pada satu tujuan hidup, maka teruslah melangkah.