Siapa bilang introvert adalah kaum kesepian. Menurut penelitian dia adalah orang yang mudah sukses di masa depan

introvert

Image kaum kesepian benar-benar melekat pada diri introvert. Kecenderungan pendiam, tertutup dan ingin sendiri, nyatanya membuat tipe yang satu ini memiliki pergaulan yang sempit dan terkesan nggak dianggap.

Meski posisi introvert menjadi sedikit minor dibandingkan ekstrovert. Namun mereka juga memiliki kesempatan untuk menjadi orang yang sukses di masa depan. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitan kalau introvert itu memiliki daya pikir yang lebih akurat dan hebat dibanding ekstrovert.

Nggak percaya?

#1. Jika kamu adalah seseorang yang sangat introvert, kamu akan punya pandangan yang lebih akurat tentang tingkat ekstrovertnya orang lain – Daniel Feiler.

via: Lifehack.org
via: Lifehack.org

Daniel Feiler bersama Adam Kleinbaum adalah seorang peneliti yang pernah mempelajari interaksi di antara 284 mahasiswa Magister Bisnis Administrasi.

Mereka melihat adanya hubungan antara ekstroversi (sifat yang terbuka) dan homophily, yakni pemikiran bahwa ekstrovert lebih memilih berteman dengan ekstrovert juga.

Dan itu terbukti, ketika orang ekstrovert berteman, kebanyakan jaringan pertemanan mereka adalah orang-orang ekstrovert. Hal ini karena persepsi orang ekstrovert lebih percaya bahwa orang lain lebih bersikap terbuka daripada dirinya sendiri.

Lalu apa hubunganya dengan yang introvert?

Feiler berkata bahwa “Jika kamu bersikap lebih ekstrovert, kemungkinan kamu bisa punya pandangan yang kurang sesuai tentang seberapa besar orang lain lebih ekstrovert. Tapi jika kamu adalah seseorang yang sangat introvert, kamu akan punya pandangan yang lebih akurat tentang tingkat ekstrovertnya orang lain.

#2. Introvert punya jaringan yang mewakili semua demografis masyarakat – Feiler dan Kleinbaum.

via: Lifehack
via: Lifehack

Dalam model pertemanan, sesungguhnya introvert juga mengalami hal yang sama seperti ekstrovert.Introvert juga senang berteman atau berkumpul dengan sesama introvert.

Namun pada akhirnya, orang introvert cenderung memutuskan untuk membentuk jaringan pertemanan yang bisa mewakili semua demografis masyarakat. Mulai dari anak yang biasa-biasa aja sampai yang anak lebih introvert.

Hal itu disebabkan karena introvert lebih menggunakan sifat diam-diam mengamati untuk menambah kemampuan analisis dan memahami orang-orang di sekelilingnya.

#3. Kemampuan bersosialisasi introvert dapat berguna untuk menjalin hubungan, harga diri dan prestasi kerja mereka.

via: Hipwee.com
via: Hipwee.com

Sangat bertolak belakang dengan image orang introvert yang cenderung pendiam. Nyatanya mereka bukan komunikator yang buruk loh. Hanya saja mereka lebih suka berkomunikasi di antara kelompok kecil daripada kelompok besar.

Mereka lebih suka menjaga kualitas dibanding menambah kuantitas pertemanan. Kemampuannya inilah yang nantinya akan berdampak pada hubungan asmara, harga diri, termasuk prestasi kerjanya.

#4. Mereka layak disebut pemimpin karena introvert ternyata memiliki kemampuan manajerial yang baik.

via: Lifehack.org
via: Lifehack.org

Tau kah kamu bahwa introvert masih lebih baik dibanding ekstrovert dalam hal manajerial? Secara ilmiah, selain pandai mengatur waktu. Kemampuan manajerial dalam pendekatan bisnis juga lebih baik.

Profesor peneliti dari Wharton, Adam Grant, pernah meneliti beberapa waralaba pizza yang berbeda. Fokus penelitiannya adalah perbedaan gaya kepemimpinan dan manajemennya. Ia menemukan fakta bahwa karyawan proaktif dan berkinerja baik ada di bawah kepemimpinan manajer yang introvert.

Dalam kesimpulannya, pemimpin introvert cenderung menjadi sosok pendengar yang baik untuk karyawannya.Dia juga selalu memberi dukungan atas usaha karyawan agar selalu proaktif ketika bekerja.

#5. Karena daya analisisnya yang tinggi, introvert banyak berkontribusi pada lingkungan sekitar.

via: QuietRev.com
via: QuietRev.com

Meski dipandang nomor dua setelah ekstrovert dalam hal bersosialisasi. Namun penelitian berhasil membuktikan kalau introvert juga bisa berkontribusi pada lingkungan sekitar.

Hal ini berkat daya pikir introvert yang jauh lebih akurat daripada ekstrovert. Sebab mereka mampu merasakan langsung (peka) terhadap dunia sosial yang sedang diamatinya.

So, kamu yang introvert patutnya berbangga!

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll