Sudah lulus tapi masih jadi pengangguran? Lakukan hal ini saja!

pengangguran

Menganggur adalah salah satu hal yang paling memedihkan hidup. Sudah sekolah atau kuliah sungguh-sungguh, setelah lulus, memasukkan lamaran ke sana-sini, eh ditolak melulu. Terus sekalinya ada yang menerima, belum lama bekerja, sudah resign aja.

Nganggur lagi deh.

Yah, namanya juga hidup, engkau memang harus tegas kepada hal-hal yang bisa membahagiakanmu dan yang tidak. Kalau suka, lanjutkan. Kalau tidak, tinggalkan. Nah, jadilah orang yang to the point! Tetapi kalau tindakan to the point itu menjadikanmu manusia yang menganggur, maka hal yang bisa kamu lakukan ialah dengan menyibukkan diri, mencari beragam aktivitas yang berguna agar waktumu tak terbuang sia-sia. Kali ini Kita Muda ingin menyarankan kegiatan-kegiatan yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu menganggurmu.

1. Setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Siapa tahu kamu terlahir sebagai pebisnis.

elon musk
Foto : www.linkedin.com

Terlahir sebagai pebisnis atau bukan, manusia tak pernah tahu. Karena kuasa manusia hanyalah mencoba. Maka dari itu, kalau hari ini kamu masih menganggur, tak ada salahnya mencoba bisnis tertentu. Kalau kamu bingung ingin berbisnis apa, kamu bisa memulainya dari hal-hal yang paling membuatmu tertarik. Atau setidaknya, ada orang yang bisa membimbingmu untuk mendalami bisnis tersebut. BACA JUGA : Buat kamu yang ingin bisnis dengan modal nol rupiah, simak ide bisnis berikut ini! Karena membangun bisnis itu bagaikan mendorong mobil yang mogok kea rah yang lebih tinggi. Berat. Maka agar berat itu tak begitu terasa, atau bisa diminimalisir, kamu harus tahu trik untuk membuatnya menjadi ringan. Bisa dengan meminta tolong kepada mobil lain agar bersedia menarik mobilmu menggunakan tali, atau meminta tolong kepada orang-orang agar bersedia bareng-bareng menarik mobilmu.

2. Pekerja lepas atau freelance, saat ini penghasilannya bisa menandingi pekerja dengan gaji tetap loh.

Cek media sosial
Foto : www.pexels.com

Nikmatnya sistem kerja freelance, kamu bisa bekerja kapan pun sesukamu. Tentu meski kamu bisa bekerja sesuka-suka, tetap saja ada jam kerja yang harus kamu berikan agar pekerjaan yang diberikan kepadamu bisa selesai. Freelance membuat kamu bisa bekerja secara fleksibel. Kamu bisa kondangan saat undangannya weekdays dan siang hari. Kamu bisa tetep jalan-jalan karena kerja bisa dilakukan dimana saja. Nah, ini bisa kamu jadikan alternatif untuk mengisi waktu luang sembari menunggu panggilan pekerjaan. Pastikan, kamu memiliki skil yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan-pekerjaan freelance.

3. Terkadang, bekerja di suatu tempat yang kamu inginkan, bisa dimulai dari menjadi bocah magang.

magang
Foto : qerja.com

Apabila ada sebuah perusahaan yang atau instansi yang teramat kamu dambakan, dan kamu bermimpi suatu hari nanti ingin bekerja di sana, maka apabila jalan menuju ke sana memang begitu susah, engkau bisa memulainya menjadi bocah magang di perusahaan atau instansi tersebut. BACA JUGA : Secuil pesan buatmu fresh graduate yang sampai saat ini belum juga dapat kerja Bocah magang, tentu berbeda dengan karyawan professional. Bocah magang, niatnya belajar. Kalau ada bayaran dari perusahaan, itu bonus. Dengan magang, apabila sewaktu-waktu kamu ingin mendaftar bekerja di sana, sudah pasti jalannya akan lebih mudah ketimbang orang lain yang sejak sebelumnya sama sekali tak tahu-menahu tentang perusahaan atau instansi tersebut.

4. Berbagi kebaikan itu seru. Kamu bisa melakukannya, salah satunya dengan menjadi relawan.

relawan
Foto : en.wikipedia.org

Berbagi itu mendatangkan lebih. Tentu, definisi ‘lebih’ itu memiliki beragam bentuk. Ia bisa berupa kesehatan, relasi, kebahagiaan, uang, ketenangan pikiran, kedamaian hati, jodoh, dan banyak lagi. Berbagi pun ada banyak macamnya, kamu bisa membagi uang, bantuan, doa, tenaga, pikiran, waktu dan lain-lain. Pada artikel ini Kita Muda merekomendasikan soal berbagi dengan menjadi relawan. Untuk bisa melakukan hal ini, kamu bisa mengikuti berbagai program LSM atau pemerintahan yang membutuhkan program relawan. Dengan bergabung serta aktif pada program semacam ini, kamu bisa mendapat banyak relasi yang bisa jadi itu merupakan jalan bagimu untuk mendapatkan pekerjaan.

5. Menganggur, juga bisa kamu gunakan untuk mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

beasiswa
Foto : www.econ.gatech.edu

Andaikata engkau mau lebih jeli, kau akan menemukan banyak beasiswa bertebaran di mana-mana. Beasiswa itu menunggu untuk dijemput. Dengan menganggur, kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk melakukan persiapan dalam rangka memburu beasiswa. Jika kamu sekarang baru saja menamatkan tingkat Sekolah Menengah Atas, maka tentu yang harus kamu buru adalah beasiswa diploma atau sarjana. Bila kamu telah menyelesaikan diploma atau sarjana, kamu bisa mencari beasiswa untuk pendidikan lanjutan. Meski beasiswa itu bisa saja kadang penuh, bahkan sampai ada yang memberi uang saku kepada mahasiswanya, namun tetaplah hidup hemat, karena siapa tahu ada banyak hal tak terduga di depanmu. BACA JUGA : Calon sarjana atau lulusan baru, ini dia cara ampuh untuk cepat dapat kerja

6. Waktu luang juga bisa kamu pakai untuk kursus bahasa asing. Dengan menguasai, akan membuatmu menjadi berbeda dari yang lain.

kursus bahasa
Foto : academicenglish.ac.id

Apabila kamu telah menyelesaikan pendidikan pada tingkat tertentu, lalu ditambah kamu juga menguasai bahasa asing, bisa berkomunikasi secara lancar, tentu itu akan menjadi nilai lebih untuk diri kamu sendiri, bila dibanding dengan mereka-mereka yang memiliki ijazah pendidikan yang sama denganmu, namun kurang mahir dengan bahasa asing. Kawan Muda, menganggur memang tidaklah mengenakkan. Tetapi kalau memang sekarang banyak hal belum bisa dilakukan, sebaiknya lakukanlah hal yang paling bisa engkau lakukan. Meski menganggur sungguh menyesakkan dada, tetapi kamu akan jauh merasa menjadi manusia yang tak berguna bila sudah menganggur, tak berkesibukan pula. Maka dari itu, Kita Muda sangat berharap kalau saran-saran di atas akan banyak menuai manfaat bagi kamu kamu kamu yang sedang menunggu paggilan pekerjaan.

Written by Ahmad Mufid

Profile photo of Ahmad Mufid

Baru rilis buku novel komedi 'Pharmacophobia', lagi bikin podcast 'Teman Becandamu' dan masih berusaha meyakinkan orangtuamu agar beliau jangan menikahiku.