Ikuti tips berikut ini, ganti motto hidup kamu dengan ‘Ayo Produktif !’

produktif
Source : Wovgo

Produktivitas merupakan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal itu bisa dilihat dari outputnya. Semakin bagus pekerjaannya berarti semangat untuk bekerja terlihat lebih nyata. Itu yang membedakan mana orang yang memiliki kualitas bekerja yang baik dan mana yang tidak.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang memiliki potensi tapi tidak dibarengi dengan sisi produktivitas yang tinggi.

Memang benar, untuk meningkatkan produktivitas bekerja banyak tantangannya. Mulai dari rasa malas, suka menunda-nunda pekerjaan hingga membiarkan diri untuk larut ke hal-hal yang tidak penting.

Kamu pernah nggak mengalami hal seperti itu?

Kalau kamu udah merasa dengan hal-hal yang di atas, simak tips ini agar kamu kembali produktif.

1. Mulailah bersemangat untuk bangun pagi.

Penelitian dari Roehampton University di Inggris oleh Dr Joerg Huber menjelaskan bahwa dengan bangun pagi membuat tubuh kamu sehat dan mood akan menjadi baik.

Selain itu dengan bangun pagi pikiran menjadi lebih jernih dalam memecahkan sesuatu. Hal ini cocok untuk kamu yang sedang mencari inspirasi dan fokus dalam melakukan pekerjaan. Pasalnya, ketika kamu bangun lebih awal, hari akan terasa lebih panjang dan kamu memiliki waktu yang cukup untuk memulai aktivitas.

Kebanyakan orang yang sukses juga sering diawali dengan bangun pagi loh..

2. Buatlah kantor kecil kamu di dalam kamar.

Bagi yang nggak punya cukup ruang untuk membuat tempat kerja, cobalah untuk membuatnya di dalam kamar. Kamu cuma butuh meja, kursi dan perlengkapan penunjang aktivitas kamu seperti laptop dan beberapa buku sebagai sumber ide cemerlang. Memang cara ini simpel tapi bisa kamu praktekkan agar menambah semangat kerja.

Jangan lupa buatlah tempelan quote yang bikin moodmu semakin baik. Agar tidak terlalu stress, kamu juga bisa menata meja kerja dengan nuansa yang diinginkan, seperti ditambah vas bunga atau poster-poster keren kesukaan kamu. [BACA JUGA : 5 Kebiasaan sukses para miliarder berikut ini bisa kamu tiru]

3. Buatlah daftar kegiatan dari yang paling prioritas sampai yang paling kamu inginkan.

Daftar kegiatan yang prioritas memiliki arti bahwa kamu harus segera mengerjakan dan itu merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Kalau daftar kegiatan yang diinginkan, kamu bisa mengerjakannya lain hari dan nggak terlalu butuh. Ini yang dijadikan pembeda agar kamu tetap konsisten dalam bekerja.

Meningkatkan produktivitas juga butuh yang namanya konsisten loh. Usahakan kamu juga mencatat waktu dari kegiatan tersebut dalam sehari, agar selalu tepat waktu. [BACA JUGA : 7 Sikap yang harus kamu buang agar cepat sukses!]

4. Ciptakan deadline pada diri kamu.

DEAD-line. Ini yang bikin kamu ngerasa tertekan. Tapi kalau kamu nggak di deadline nanti berpotensi menunda-nunda waktu dan pekerjaan.

Manusia yang produktif adalah manusia yang selalu on time dalam segala hal dengan cara memberikan deadline pada dirinya. Salah satu manfaat men-deadline diri sendiri adalah agar kinerja dapat terorganisir dengan baik. Ini nggak berlaku bagi orang yang suka memanfaatkan the power of kepepet.

5. Kalau sudah men-deadline maka fokuslah pada satu tujuan.

Tujuan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas. Hal ini yang membedakan antara pengusaha yang sukses dengan pengusaha yang lebih sukses. Mereka memiliki tujuan yang hendak dicapai. Tujuan bisa menarik kamu pada satu titik fokus yang lurus, nggak seperti jalan yang bercabang. Belajarlah fokus mulai sekarang…

Jangan lupa setelah pekerjaan selesai selalu evaluasi diri atas pencapaian kinerja hari ini, itu bisa membuat kamu menjadi orang yang sistematis dalam bekerja.

6. Tentukan Jam Sosial Media.

Perhatikan hal ini juga ya, bagi kamu pecinta gadget. Ada baiknya saat jam kerja matikan segala macam sosmed, karena itu bisa mengganggu konsentrasi kamu. Tanpa disadari dengan bermain-main sosial media sama aja membuang waktu produktif yang seharusnya bisa kamu manfaatkan secara efisien. Kamu bisa mengurangi kecanduan sosmed dengan cara matikan paket data sementara atau diberi jam-jam tertentu agar bisa selalu focus dalam bekerja.

7. Sesekali segarkan pikiran dengan jalan-jalan.

Waktu kamu ngerasa jenuh istirahatlah sebentar. Beri waktu untuk menyegarkan pikiran, sekedar jalan-jalan nggak ada masalah selama itu bikin kamu semangat lagi.

Kalau nggak mau jalan-jalan, kamu bisa melakukan olahraga ringan atau lihatlah pemandangan sekitar. Kamu nggak harus melulu di dalam ruangan dengan kondisi yang sama.

Cobalah cari pandangan yang baru, melihat video-video lucu, menonton film atau pergi ke café untuk ngopi-ngopi sebentar. Kegiatan merelaksasi diri juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Sesekali kamu juga bisa memberikan reward terhadap diri sendiri atas usahamu satu bulan penuh. Misalnya dengan berbelanja atau menghadiahi diri kamu dengan makan makanan yang enak boleh juga tuh…

8. Update pengetahuan kamu.

Kamu bisa belajar dari mana aja, nggak cuma dari buku, lingkungan sekitar juga bisa memberi pelajaran. Pelajaran tentang kehidupan.

Kamu bisa sharing dengan rekan kerja, bertukar pikiran dengan para ahli jika mengalami kesulitan pekerjaan bahkan kamu bisa belajar skill yang nggak kamu kuasai seperti dari pedagang, kamu bisa belajar bisnis dari situ. Sikap mau belajar inilah yang akan membuat produktivitas semakin tinggi.

[BACA JUGA : Ternyata begini penyebab kenapa orang malas cenderung lebih sukses ketimbang orang rajin]

9. Kerjakan sekarang juga.

Beberapa poin di atas mendadak jadi musnah ketika kamu nggak mau bergerak sekarang. Apa yang kamu tunggu? Hanya berleha-leha nggak akan bikin kamu berubah jadi produktif apalagi berubah jadi power ranger..makin nggak mungkin. So semangat yaaa….!!!!

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll