8 Hal yang akan membuatmu susah sukses

pemalas
Source : YouTube

Dunia ini penuh dengan manusia. Diperkirakan lebih dari 7 miliar orang berebutan mencari nafkah di bumi yang kecil ini. Beberapa berhasil menjadi manusia sukses. Sisanya, masih meraba-raba. Di artikel lain, Kita Muda udah sering bahas ciri-ciri orang sukses.

Di artikel ini, Kita Muda mau fokus membahas ciri-ciri orang yang tidak bisa sukses. Yuk kenali ciri-cirinya kemudian buang sejauh mungkin dari diri kita.

#1. Berpikir, berkata, dan melakukan perbuatan negatif.

1

Orang-orang tidak sukses selalu menemukan masalah di setiap kesempatan. Bahkan dalam kesempatan baik sekalipun, mereka tetap menemukan masalah untuk dikhawatirkan. Sumber masalah ini datangnya dari pikiran mereka sendiri. Mereka terlalu sering berbuat negatif hingga lupa bagaimana caranya bertindak positif.

Mereka mengeluh karena sinar matahari yang terlalu panas, mereka mengeluhkan hujan sebagi penyebab batalnya rencana mereka. Pokoknya nggak ada yang bener deh di mata orang-orang ini.

Baca Juga : Ketika pikiran banyak dirasuki hal-hal negatif, sudah saatnya kamu rutin melatih kebiasaan ini agar menjadi pribadi yang positif

#2. Mudah menyerah. Jelas, orang sukses bukan dari golongan yang mudah menyerah.

Orang sukses memandang kegagalan sebagai salah satu jalan untuk sukses. Sebaliknya, orang tidak sukses memandang kegagalan sebagai tanda untuk berhenti. Orang-orang ini sangat mudah menyerah. Tidak perlu menunggu hingga kegagalan kedua, mereka sudah menyerah lebih dulu di kegagalan pertama.

Biasanya, mereka cukup semangat untuk memulai hal baru. Namun begitu kegagalan mendera, mereka akan berhenti lalu mencari hal baru lainnya. Demikian seterusnya.

#3. Terlalu banyak bicara daripada mendengar.

3

Orang tidak sukses ingin menjadi pusat perhatian. Mereka ingin dianggap sukses. Namun sayangnya, kesuksesan tersebut belum berhasil mereka genggam. Akibatnya, mereka lebih banyak bicara dan sok tau agar dianggap sebagai orang sukses. Seringkali, mereka tidak sadar tentang ucapan mereka.

Parahnya, mereka tidak mau mendengarkan nasihat orang lain. Menurut mereka, mendengarkan nasihat orang lain akan membuatnya menjadi inferior dan turun derajat.

#4. Membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna.

Orang-orang tidak sukses tidak memiliki jadwal harian. Mereka tidak memiliki deadline dan target. Mereka membiarkan kehidupannya mengalir apa adanya. Akibatnya, banyak waktu yang terbuan percuma karena kehidupan yang mengalir ini.

Baca Juga : Lakukan tips berikut agar kamu bisa keluar dari belenggu “suka menunda pekerjaan”

Bangun tidur, bekerja, nonton tivi, jalan-jalan, nongkrong, makan-makan, main, tidur. Begitu seterusnya aktivitas mereka. Tidak ada hal besar yang telah mereka selesaikan.

#5. Tidak pandai memilih lingkungan dan mengizinkan semua orang dekat dengannya.

5

Orang-orang tidak sukses tidak pandai memiliah-milah teman yang baik. Mereka berteman dengan siapa saja yang mereka temui dan menjalin keakraban dengan mereka. Termasuk dengan orang-orang negatif. Mereka takut dibenci dan diabaikan sehingga mereka berusaha menyenangkan semua orang yang ditemui.

Hal demikian tidak akan terjadi pada orang sukses. Orang sukses mungkin memang berteman dengan siapa saja. Tapi ketika sudah masuk ke ranah teman dekat, mereka sangat pemilih. Harus orang-orang positif saja yang berada di sekeliling mereka.

#6. Tidak mudah menerima kritik dan mudah tersinggung.

Kamu tersinggung kalau dibilang gendut? Kamu tersinggung kalau ditanya kapan nikah? Wah, hati-hati. Bisa jadi kamu termasuk orang-orang yang tidak sukses. Orang sukses tidak mudah tersinggung. Mereka tidak mudah termakan omongan orang lain.

#7. Sering dihantui masa lalu juga bisa menjadikan seseorang jauh dari sukses.

7

Acungkan jari kalau kamu pernah melakukan kesalahan di masa lalu.

*Ngacung 10 jari*

Bagi orang tidak sukses, masa lalu terus menghantui mereka. Beban dan kesalahan di masa lalu terus-menerus bersarang di dalam pikiran hingga menimbulkan ketakutan yang tidak nyata. Sebaliknya, orang yang sukses tidak akan membiarkan masa lalu bersarang dalam pikiran mereka. Mereka segera memaafkannya lalu fokus pada masa depan.

#8. Orang yang jauh dengan sukses biasanya terlalu ‘peduli’ pada omongan orang lain.

Bagi orang Indonesia, susah menjalani hidup dengan tidak mendengarkan kasak-kusuk orang lain. Beli mobil baru dikomentarin gaya hidup hedonis. Naik motor butut dikomentarin gak punya uang. Duh, serba salah deh.

Nah, sebaiknya, kamu harus berhenti memikirkan kasak-kusuk semacam ini. Kalau kamu mendengarkan mereka, kamu sama tidak suksesnya dengan mereka. Biarkan anjing menggonggong kafilah tetap berlalu.

Baca Juga : Ritual pagi hari orang-orang sukses sebelum sarapan ini bisa kamu tiru, agar suksesnya menular padamu

Semoga ciri-ciri di atas nggak ada di kepribadian kita ya gaesss … Jalan menuju sukses memang terjal. Dibutuhkan kepribadian yang luar biasa kuat untuk menangkis semua rintangan. Tapi kamu harus percaya, akan muncul secercah harapan setelah semuanya terlewati. 🙂

Written by Mariam G.P. Aulia

Cewek biasa-biasa aja | Suka menyendiri | Suka makan bakso dan minum coklat anget.