Ritual pagi hari orang-orang sukses sebelum sarapan ini bisa kamu tiru, agar suksesnya menular padamu

bill gates
Source : Wovgo

Jika kamu benar-benar ingin mengikuti jejak orang-orang  sukses, mulai sekarang jangan sungkan untuk mengikuti lifestyle atau gaya hidup mereka.

Segala perilakunya bisa kamu contoh asal itu merupakan hal yang positif. Mulai dari cara mereka memimpin, gaya berbicara, kesederhanaannya hingga kegiatan apa aja yang dia lakukan sebelum sarapan.

Pentingkah?

Baca Juga : 5 Kebiasaan sukses para miliarder berikut ini bisa kamu tiru

Penting bangetlah, karena kegiatan orang sukses sebelum sarapan bisa membawamu kepada dampak-dampak positif sebelum memulai aktifitas seharian penuh. Perlu bukti?

Sebuah penelitian telah merangkum tentang ritual pagi hari orang-orang sukses sebelum sarapan.

Ini dia …

#1. Kebiasaan orang sukses selalu konsisten dalam hal bangun pagi, patut untuk dicontoh.

Orang sukses memahami bahwa waktunya adalah yang paling berharga. Dipertemukan oleh kesibukan yang maha padat membuatnya pandai untuk mengatur waktu yang tepat, termasuk mengerti kapan ia harus tidur untuk bangun lebih awal.

Penelitian tersebut menyurvei 20 eksekutif muda, dan menemukan bahwa 90 persen dari mereka bangun sebelum jam 06:00 pagi pada hari kerja. Misalnya CEO Disney yakni Bob Iger bangun sebelum 04:30 setiap hari untuk membaca dan CEO dari PepsiCo Indra Nooyi  sering bangun lebih awal, tepatnya pukul 04:00 pagi.

Hmm.. Sudah siapkah kamu untuk bangun lebih pagi?

Baca Juga : Berhenti melakukan 7 hal ini agar masa mudamu nggak sia-sia

#2. Minum air putih adalah hal wajib.

air putih
Foto : mencegahpenyakit.com

Banyak ‘eksmud’ alias eksekutif muda mengawali kesuksesannya dengan memilih minum air putih bukannya suplemen agar lebih berenergi tiap paginya. Contohnya Presiden FOCUS Brands Kat Cole, induk perusahaan dari Auntie Anne, Carvel dan Cinnabon, bangun jam 05:00 setiap pagi untuk meminum 24 ons air.

Pendiri Huffington Post, Arianna Huffington dan Bos Birchbox Man Brad Lance memulai hari-hari mereka dengan meminum air putih hangat ditambah lemon.

Banyak ahli gizi mengatakan, minum air putih di pagi hari membantumu lebih waspada dan menghindari dehidrasi tubuh.

Baca Juga : Suksesmu bakal terhambat jika kamu masih saja berperilaku seperti ini …

#3. Tak lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih.

Ketika kamu bangun dan membuka mata, apa yang pertama kali kamu pikirkan?

Sarapan apa pagi ini? Pekerjaan apa yang akan kamu lakukan? Atau tugas kantor yang menumpuk belum terselesaikan?

Itu salah. Orang sukses selalu mengawali harinya dengan ucapan syukur. Mereka senantiasa berpikir positif  bukan berfokus pada bagaimana stresnya pekerjaan hingga terucap istilah ‘I hate Monday’.

Sebastian Juarez, CEO dan pendiri eTips, setuju dengan hal ini. Dia mengatakan bahwa ketika Ia bangun, Ia mencoba berpikir pada hal-hal sederhana dengan rasa syukur atas apa yang Ia miliki. Seperti memiliki keluarga besar, tinggal di tempat yang indah, sehingga membantunya memiliki sikap positif sepanjang hari.

Baca Juga : Sepucuk surat untuk diri sendiri yang masih sering mengeluh

#4. Orang sukses menetapkan tujuannya untuk hari ini.

elon musk
Foto : www.fastcompany.com

Sebelum beranjak dari tempat ternyamannya yaitu tempat tidur, orang sukses selalu menetapkan daftar tujuan yang hendak dicapai hari ini. Jika kamu ingin menjalani hari dengan sangat memuaskan, harus memiliki tujuan.

Gary Rawding, ketua dan CEO dari myServiceForce, mencoba untuk mencatat list harian sebagai tujuannya setiap hari. Menurutnya hal tersebut memberikan efek semangat dan membuatnya merasa puas di hari itu.

#5. Menambah wawasan dengan membaca koran.

Jeff Immelt, CEO dari GE, memulai harinya dengan latihan cardio, kemudian membaca koran dan menonton saluran CNBC yang berisi tentang tayangan berita dan bisnis.

David Cush seorang CEO dari Virgin America mendengarkan radio olahraga dan membaca koran kemudian nge-gym.

Nggak masalah jika kamu membaca koran atau check Twitter dari ponselmu, bahkan akan jauh lebih baik jika diimbuhi dengan olahraga ringan.

Memiliki rutinitas pra-sarapan yang mencakup update berita akan membantumu mendapat pemikiran yang segar dari pada sibuk memeriksa email tiap harinya dari para klien.

Ayolah, kamu butuh waktu untuk memperluas jarak pandangmu melalui berita-berita terkini. Jangan terkotak dengan konten pesan di email yang membuatmu stres tiada henti.

Baca Juga : Secuil pesan buatmu fresh graduate yang sampai saat ini belum juga dapat kerja

#6. Sesekali, orang sukses memanfaatkan waktu dengan pasangan mereka di pagi hari.

mark-zuckerberg-wife
Foto : businessinsider.com

Ha..Ha..Ha terus yang jomblo jadi nggak sukses dong?

Makannya cepet cari pasangan gih … :p

Selipkan aktivitas pagi hari dengan mulai menyapa mesra pasanganmu. Meski begitu dialah orang yang selalu menyokongmu dari belakang ketika kamu jatuh dan terpuruk.

– Minnnnn cukup! Gimana buat yang jombloh? –

Baca Juga : Lakukan tips berikut agar kamu bisa keluar dari belenggu “suka menunda pekerjaan”

Pekerjaan yang menumpuk membuatmu lelah dan waktu untuk bertemu pasangan akhirnya sangat singkat jadi yang bisa dilakukan adalah mengirim sinyal-sinyal manis di pagi hari.

– Minnnnnnnnnn …. ! –

Iya-iyaaaaa…

Kalau nggak punya pasangan kamu bisa melakukan quality time bersama keluarga di pagi hari, entah itu mengobrol singkat atau berolahraga bersama. Seorang perencana keuangan New York pernah berkata bahwa pagi hari adalah waktu khusus dia bersama keluarganya.

Jadi, orang yang sukses itu harus punya pasang…..*kaburrr*

#7. Melakukan meditasi atau semedi merupakan kebiasaan orang sukses sebelum melakukan aktivitas.

meditasi
Foto : www.akuinginsukses.com

Yang satu ini mungkin terdengar sedikit aneh tapi itu berlaku untuk orang-orang sukses.

Manisha Thakor, mantan eksekutif perusahaan dan penasihat keuangan, mengemukakan bahwa meditasi adalah jalan untuk menjernihkan pikiran dalam bekerja. Bahkan, dia telah rutin mempraktikannya sebagai salah satu kegiatan di pagi hari.

Jadi kalau tiba-tiba bos kamu berkata “Pagi ini saya mau semedi dulu, rapatnya di tunda siang aja…” Jangan pernah mengganggunya karena dia sedang mencari pesugihan eh bukan maksudnya menjernihkan pikiran.

***

Nah itu dia beberapa aktivitas rutin orang sukses ketika pagi hari sebelum sarapan. Bisa kamu tiru, agar menjadi kebiasaan baik buatmu. 🙂

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll