Manfaat Seledri Untuk Stroke

Diposting pada
Manfaat Seledri Untuk Stroke

Seledri diketahui sebagai salah satu tambahan saat memasak. Dengan menambahkan seledri, maka rasa masakan akan cenderung lebih harum dan lebih sedap. Namun, siapa sangka jika tanaman yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk mengatasi stroke.

Nah, manfaat seledri untuk stroke adalah salah satu fakta yang cukup mengejutkan. Namun, menurut Cynthia Sass, MPH, RD, seorang ahli gizi, manfaat tersebut sangat wajar karena faktanya seledri memiliki kandungan gizi yang tidak main-main. Di dalam batang dan daun seledri terdapat beragam nutrisi seperti serat, vitamin A, vitamin C, kalium, zat besi, dan lainnya. Baca juga: Manfaat Sambiloto Untuk Stroke

Beragam Manfaat Seledri Untuk Stroke

Ketika dirinci mengenai manfaat seledri untuk mengatasi stroke, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dan tentu saja berguna bagi penderita. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat dari seledri adalah kemampuannya menurunkan tekanan darah tinggi. Stroke sering dibarengi dengan peningkatan tekanan darah yang membuat keseimbangan tubuh penderita terganggu. Nah, dalam seledri terdapat kandungan senyawa fitokimia yang ampuh meningkatkan kinerja arteri sehingga tekanan darah dalam tubuh bisa dikontrol dengan baik.

Melawan Peradangan

Selain tekanan darah tinggi, peradangan terutama pada otot sering menyerang penderita stroke. Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu hingga berefek tidak berfungsinya anggota tubuh. Nah, seledri memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang akan meredakan peradangan, terutama pada sistem otak, hingga stroke bisa dikendalikan.

Meminimalkan Stress

Penderita stroke seringkali mengalami stress karena kondisi kesehatan mereka yang tidak kunjung membaik. Tentu saja, kondisi ini sangat mengkhawatirkan karena bisa memperparah stroke. Nah, konsumsi seledri bisa menurunkan stress yang diderita. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang lebih banyak dalam seledri yang nantinya meningkatkan produksi endorfin.

Beberapa poin di atas adalah sebagian dari manfaat seledri untuk stroke yang bisa didapatkan dengan pola konsumsi teratur. Untuk melakukan perawatan dengan seledri, penderita bisa mengonsumsi jus seledri setiap hari atau juga memakan seledri secara utuh dan menjaga pola makan harian.