19 Taman di Bandung, Alternatif Tempat Wisata Murah Meriah

Sebagai Paris Van Java, Bandung nggak cuma terkenal akan fashion dan kuliner yang kaya. Tapi juga tata letak kota yang cantik. Meskipun beberapa tahun belakangan macetnya sudah hampir menyamai Jakarta, tapi Bandung masih punya banyak tempat buat refreshing.

Salah satunya adalah taman. Taman di Bandung jumlahnya banyak banget. Taman bisa jadi alternatif tempat wisata murah di Bandung. Selain gratis, banyak taman yang memang didesain oleh arsitek berkelas sehingga menghasilkan taman yang ciamik.

Apa aja sih? Yuk, intip beberapa daftar taman di Bandung yang asyik untuk disinggahi.

1. Taman Vanda

taman vanda
via explorebandungbarat.com

Terletak di seberang Taman Balai Kota, Taman Vanda makin apik saat dikunjungi di malam hari. Ada air mancur yang dihiasi lampu warna-warni. Berasa di luar negeri gitu, tapi versi mininya.

2. Taman Balai Kota

Setiap kota pasti punya Balai Kota. Di Bandung, ada Taman Balai Kota yang letaknya memang dekat dengan kantor Balai Kota. Taman keluarga ini ada labirin dan serta beberapa patung yang ikonik.

Ada patung Dewi Sartika, salah satu pahlawan wanita yang berasal dari Jawa Barat. Patung badak, merupakan binatang khas Jawa Barat, dan patung badak putih dan merpati.

3. Taman Fotografi atau Taman Cempaka

Dihadiahkan oleh kamu yang hobi fotografi. Taman ini dilengkapi dengan cermin-cermin, spot foto, dan arena bermain anak. Ada WiFi Bandung Juara juga, taman ini sering banget dijadikan pertemuan oleh komunitas fotografi di Bandung.

4. Taman Pasupati

Taman ini berada di bawah jembatan layang. Lebih populer dengan nama Taman Jomblo. Pasalnya, ada kursi-kursi permanen dengan ketinggian berbeda yang berjumlah satu. Jarak antar kursi agak berjauhan sehingga kamu harus duduk sendiri di kursi ini. Layaknya seorang jomblo 🙁

Dekat dari Taman Jomblo juga ada taman skateboard. Arena skateboard di bawah jembatan layang. Mengundang ketertarikan sendiri bagi para skateboarder kota kembang ini.

5. Taman Film

taman film bandung
via travelingyuk.com

Sebagai yang pertama di Indonesia, Taman Film ini sangat digemari lebih-lebih oleh sineas. Ada videotron raksasa berukuran 4×8 meter. Letaknya dekat dengan Taman Pasupati dan Taman Skateboard, yakni di bawah jembatan layang Pasupati.

6. Taman Musik Centrum

Gitar yang besar menjadi ikon taman ini untuk kamu berfoto. Orang-orang juga menyebut taman ini sebagai Taman Pengki alias Pengkolan Fungki. Pengkolan adalah belokan dalam Bahasa Sunda.

7. Taman Lansia

Meskipun namanya lansia, bukan berarti kamu yang muda-mudi nggak boleh ke sini lho. Taman ini rindang banget, jadi cocok buat lansia kalau jalan-jalan. Banyak tempat duduknya. Ada pepohonan dan semacam jembatan kecil gitu, not bad buat selfie atau nongkrong sejenak.

8. Taman Super Hero

Buat bapak-bapak ibu-ibu nih, ajak anak ke sini pasti seneng banget. Ada arena mainan anak dan sesuai namanya, banyak patung super hero dipajang di taman ini. Ada Gatotkaca, Superman, dan Batman.

9. Pet park

Buat kamu yang punya hewan peliharaan, boleh banget nih jalan-jalan ke sini. Kalau belum punya pun, juga nggak dilarang ke sini. Di taman ini ada fasilitas yang dikhususkan untuk hewan peliharaan.

10. Taman Dewi Sartika

Taman ini memiliki dekorasi mirip Stonehedge, ada aneka bunga dan trotoar luas untuk berjalan kaki. Sungai Cikapayang menjadi area terfavorit di sini untuk bermain air. Pengunjung biasanya mencelupkan kaki ke sungai dangkal ini agar makin menikmati santainya di taman ini.

11. Taman Teras Cikapundung

Berada di daerah Babakan Siliwangi. Taman ini memiliki tiga zona yakni zona wisata, zona air, dan ampitheatre untuk pertunjukan musik. Aliran Sungai Cikapundung di sini juga bisa digunakan untuk rafting.

12. Cikapundung River Spot

cikapundung river spot
via destinasibandung.co.id

Taman ini berada di Jalan Braga. Selalu ramai dengan pemuda pemudi. Ada air mancur lengkap dengan lampunya yang menyala saat malam hari. Serta disediakan tempat duduk untuk bersantai.

13. Taman Pustaka Bunga Cilaki

Suasana sejuk dan asri pasti kamu dapati kalau ke sini. Bunga cantik berbagai jenis bermekaran. Ingat, kalau ke sini kamu harus mematuhi aturan ya: jangan bawa makanan, minuman, dan hewan peliharaan.

14. Taman Cibeunying

Mulanya hutan kota, namun taman ini berubah fungsi menjadi taman dan banyak digemari oleh komunitas fotografi untuk berkumpul. Sekedar foto atau bahkan menjadi spot prewedding favorit di Bandung.

15. Taman Gesit

Gerak lebih gesit di Taman Gesit. Taman ini cantik banget dengan aneka fasilitas yang membuat kamu senang beraktivitas outdoor. Serba putih hijau. Teduh dan menyenangkan.

16. Taman Lalu Lintas

Taman ini menyerupai rambu-rambu lalu lintas. Sebagai sarana belajar untuk anak sambil bermain.

17. Taman Cempaka

Taman Cempaka alias taman foto. Merupakan taman lainnya yang digemari untuk mereka yang suka seni fotografi.

18. Taman Sejarah

Taman tematik yang satu ini cukup terkenal. Sesuai namanya, taman sejarah menyajikan sejarah Kota Bandung. Ada urutan walikota serta foto-foto para pahlawan dalam kaca akrilik.

19. Alun-alun Kota Bandung

Alun-alun Bandung
Alun-alun Bandung | via eljohnnews.com

Terakhir sebelum Bandung membangun taman-taman keren lainnya, tempat yang satu ini nggak boleh dilupakan. Alun-alun Kota Bandung merupakan taman paling terkenal yang berada di tengah kota Bandung. Menggunakan hamparan rumput sintesis, kamu bisa membaca buku, bergulingan, dan bersantai bersama teman-teman di sini.

Buat kamu yang mau main ke Bandung, selain explore keindahan alam dan tempat wisata populer di Bandung jangan lupa sesekali cobain nyore di taman ya. Asli, asik banget apalagi pas cuaca Bandung lagi adem-ademnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *