Terang bulan atau martabak manis adalah salah satu jajanan populer di Indonesia. Kue berbentuk bulat dengan aneka pilihan toping di atasnya ini memiliki rasa yang manis dan tekstur unik. Rasanya yang nikmat membuat cocok untuk dijadikan teman bersantai di sore atau malam hari. Apalagi kalau ada teh, kopi, atau cokelat hangat. Heemm,  nikmaaat!

Buat pecinta terang bulan garis keras, kamu pasti pusing ya kalau harus mengeluarkan uang tiap harinya buat beli terang bulan. Biar bisa hemat, lebih baik bikin terang bulan sendiri di rumah. Tenang, bikin terang bulan sendiri tuh mudah, kok. Kalau enggak punya cetakan terang bulan, Kawan Muda bisa pakai teflon.

Nah, kali ini Kita Muda bakal membagikan resep terang bulan rumahan super mudah yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, intip!

1. Enggak perlu pusing mencari cetakan terang bulan, resep terang bulan teflon ini kan membantumu membuat terang bulan istimewa dengan menggunakan teflon.

Resep terang bulan teflon | via: resepkoki.co

Bahan Adonan :

  • 250 gr tepung terigu
  • 200 ml susu cair hangat
  • 2 btr telur
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt vanilla extract

Topping (opsional) :

  • Keju
  • Meses
  • Butter
  • Susu Kental Manis

Cara Membuat :

  1. Kocok lepas 2 butir telur, sisihkan.
  2. Dalam wadah lain, masukkan tepung, gula dan garam, aduk rata, kemudian masukkan kocokan telur kedalam adonan tepung tadi, aduk rata. Anda bisa menggunakan Hand Mixer untuk mengocoknya agar adonan tercampur rata dengan sempurna.
  3. Tambahkan 1 sdt vanilla kedalam susu hangat cair, aduk rata. Kemudian susu hangat tadi masukkan kedalam wadah adonan tepung, aduk hingga semua bahan tercampur.
  4. Setelah tercampur semua, cek adonan agar tidak terlalu cair tapi cukup kental. Diamkan Adonan selama 30-45 menit dan tutup dengan serbet. Setelah 45 menit tambahkan soda kue, dan aduk rata.
  5. Panaskan loyang teflon diatas api kecil, tunggu sampai panas lalu masukkan adonan terang bulan tadi. Pastikan teflon Anda tidak ada goresan agar terang bulan tidak lengket nantinya.
  6. Bila adonan mulai berlubang lubang kecil, beri taburan sedikit gula pasir. Lalu lanjutkan masak dengan api kecil dan tutup.
  7. Setelah matang, keluarkan terang bulan dari teflon dan beri olesan butter atau mentega di permukaan dalamnya. Lalu beri taburan messes, keju dan susu kental manis. Untuk taburan isi terang bulan ini bebas ya, jika Anda suka dengan kacang, boleh diberi taburan kacang ataupun bisa memakai selai buah-buahan.
  8. Belah terang bulan jadi 2 bagian. Lalu olesi bagian permukaan luar terang bulan dengan mentega lagi supaya lebih lembut dan lezat. Potong-potong sesuai selera dan terang bulan siap disajikan.

2. Resep terang bulan spesial untuk teman ngopi atau ngeteh. Paling nikmat kalau kejunya dibanyakin. Yummy!

Resep terang bulan spesial | via: priangantimur.com

Bahan untuk bagian kulit kue:

  • Tepung terigu berprotein dengan 250 gr.
  • Gula pasir 150 gr.
  • Telur ayam 2 butir.
  • Santan hangat 350 ml.
  • Ragi Instan 1 sdt.
  • Baking soda 1/4 sdt.

Bahan untuk bagian toping kue:

  • Susu Kental Manis Coklat.
  • Susu Kental Manis Putih.
  • Keju parut, secukupnya.
  • Meises coklat.
  • Selai buah.
  • Kacang tanah, di kupas, sangrai dan cincang halus.
  • Atau toping sesuai dengan selera kamu.

Cara  membuatnya:

  1. Pertama-tama masukan ragi instan ke dalam santan kelapa hangat, lalu aduk-aduk hingga ragi menjadi larut dan berbuih, setelah itu sisihkan.
  2. Selanjutnya campurkan tepung terigu dan gula pasir, buat cekungan di tengah adonan lalu masukkan telur. Uleni adonan sambil di tuangkan santan hangat tadi hingga gula menjadi larut.
  3. Setelah itu tambahkan soda kue dan aduk-aduk hingga semua adonan tercampur secara merata.
  4. Terus diamkan adonan kurang lebih selama 20 menitan, hingga adonan mengembang.
  5. Siapkan cetakan kue terang bulan, lalu panaskan dengan api kecil dan olesi dengan mentega.
  6. Tuangkan adonan kue terang bulan, tunggu sampai mengembang, memadat dan pada bagian bawah terlihat kecoklatan, lalu angkat.
  7. Setelah di angkat, olesi bagian atas dengan topping yang kamu sukai, (susu, selai, buah) dan taburi kacang tanah bubuk atau dengan meises coklat. Lalu potong separuh bagian kue, dan tumpuk menjadi satu.

3. Kalau makan terang bulan dengan potongan besar bikin cepat enek, kamu bisa coba resep terang bulan mini ini.

Resep terang bulan mini | via: cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 250 gr Tepung Terigu
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sdt garam halus
  • 70 gr gula pasir
  • 350 cc air matang / susu cair
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt soda kue

Cara membuat:

  1. Aduk semua bahan jadi satu, kecuali soda kue dimasukkan saat adonan mau dipanggang.
  2. Mixer adonan sampe tercampur rata. Diamkan selama 1 jam.
  3. Panaskan panggangan, masukkan soda kue ke adonan, aduk2 adonan.
  4. Tuang adonan ke dalam panggangan terang bulan mini, lalu tekan adonan dalam panggangan dengan punggung sendok hingga terbentuk pinggiran tipis di sisi pinggirnya.
  5. Tunggu sampai adonan berlubang2, tabur gula pasir sesuai selera. Tutup panggangan. Panggang hingga matang.
  6. Angkat dari panggangan, olesi mentega, lalu beri topping sesuai selera.

4. Terang bulan adalah makanan khas Pulau Bangka yang dibuat oleh warga keturunan Tionghoa. Aslinya bernama Hok Lo Pan. Buat yang penasaran resep terang bulan Bangka asli, nih Kita Muda kasih contekannya.

Resep terang bulan Bangka | via: hungrydash.com

Bahan:

  • Mentega tawar, untuk olesan wajan dan olesan akhir

Kulit (bahan 1), ayak:

  • 500 g tepung terigu protein tinggi
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue

Kulit (bahan 2):

  • 2 butir telur ayam
  • 150 g gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 550 ml air
  • 2 sdm mentega tawar, lelehkan

Isi:

  • 100 g gula pasir
  • 150 g mentega tawar
  • 100 g margarine
  • 150 g meises
  • 150 g keju cheddar, parut
  • 100 g kacang tanah, panggang, cincang kasar
  • 50 g wijen putih, sangria
  • 200 ml susu kental manis

Cara Membuat:

  1. Kulit: Campur bahan kering, telur, gula, dan garam. Tuang air sambil dikocok menggunakan mixer hingga lembut. Masukkan mentega leleh, aduk rata.
  2. Tutup adonan dengan kain basah. Diamkan di suhu ruang hingga adonan mengembang dan mengental (± 3 – 5 jam).
  3. Panaskan wajan martabak di atas api kecil hingga benar-benar panas. Olesi sedikit mentega.
  4. Tuang 1/3 bagian adonan. Ratakan dengan punggung sendok. Saat mulai berpori, taburi dengan gula pasir. Tutup, masak hingga matang dan gula meleleh (± 10 menit). Angkat.
  5. Penyelesaian: Selagi panas, olesi martabak dengan mentega dan margarin. Belah membujur di tengah martabak menjadi 2 bagian.
  6. Taburi meises, keju, kacang, dan wijen, diikuti siraman susu kental manis. Lipat.
  7. Olesi permukaan martabak dengan 1 sdm mentega tawar. Potong-potong.
  8. Ulangi langkah yang sama pada sisa bahan. Sajikan.

5. Resep terang bulan pandan sederhana dan masaknya pake teflon saja. Aduh, jadi ngebayangin wangi pandan dan margarinnya deh :”)

Resep terang bulan pandan | via: sashylittlekitchen.com

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • 350 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt baking soda
  • mentega secukupnya
  • pasta pandan secukupnya
  • topping sesuai selera (keju atau meises atau selai sesuai keinginan)

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah dan campur tepung, gula, dan garam sampai rata.
  2. Tambahkan telur lalu mixer sampai rata.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus dimixer.
  4. Masukkan pasta pandan secukupnya dan aduk terus sampai rata.
  5. Panaskan wajan teflon.
  6. Masukkan baking soda dalam adonan aduk cepat, dan tuang adonan ke dalam teflon setelah teflon panas.
  7. Tutup teflon sampai adonan bergelembung, tambahkan sedikit gula dan tutup lagi.
  8. Setelah adonan memadat matikan api dan angkat terang bulan.
  9. Olesi permukaan dengan mentega dan tambahkan topping sesuai selera.

6. Buat pecinta green tea, resep terang bulan green tea ini dijamin bikin ketagihan.

Resep terang bulan green tea | via: cookpad.com

Bahan Resep Martabak Green Tea :

  • Siapkan 400 gr tepung terigu protein tinggi
  • Siapkan 3 butir telur ayam, kocok lepas
  • Siapkan 100 gr gula pasir
  • Siapkan 2 sdt green tea bubuk
  • Siapkan 2 sdt baking powder
  • Siapkan ½ sdt garam
  • Siapkan 800 ml susu cair
  • Siapkan 3 sdm gula pasir
  • Siapkan ½ sdt soda kue, larutkan dalam 1 sdm air
  • Siapkan 2 sdm mentega tawar

Topping Untuk Resep Martabak Green Tea :

  • Siapkan keju secukupnya
  • Siapkan coklat messes secukupnya
  • Siapkan Kitkat Green Tea secukupnya

Cara Membuat Resep Martabak Green Tea :

  1. Langkah pertama membuat adonan martabak: Aduk rata semua bahan, kecuali soda kue dan mentega. Tutup dengan lap lembap. Diamkan hingga berbuih (± 5 jam).
  2. Setelah itu kemudian tambahkan larutan soda kue, aduk rata.
  3. Selanjutnya panaskan wajan martabak di atas api sedang hingga benar-benar panas. Olesi ½ sdm mentega hingga rata. Kecilkan api.
  4. Tuang ½ sendok sayur adonan. Ratakan ke bagian tepi. Tutup, masak hingga adonan berpori dan matang. Angkat.
  5. Belah martabak menjadi 2 bagian sama rata. Olesi dengan sisa mentega, taburi bahan isi atau topping (tata rapi). Lipat martabak, potong-potong. Sajikan hangat.

7. Makan terang bulan yang tebel bikin cepat kenyang dan parahnya sih enek. Nah, resep terang bulan tipis kering ini bisa jadi alternatif biar cepat enek kalau makan terang bulan.

Resep terang bulan tipis kering | via: qraved.com

Bahan:

Kulit:

  • 200 g tepung terigu serbaguna
  • 25 g gula pasir
  • ½ sdt baking powder
  • 325 ml santan kental, dari ½ butir kelapa parut
  • 2 kuning telur ayam
  • 4 sdm air
  • ½ sdt soda kue
  • ¼ sdt garam
  • margarin, untuk mengoles

Isi:

  • 100 g meses
  • 100 g kacang tanah, sangrai, cincang
  • 200 g keju cheddar, parut
  • 100 g susu kental manis

Cara Membuat:

  1. Kulit: Aduk rata tepung, gula, dan baking powder. Tuang santan sambil diaduk hingga rata. Tutup dengan kain lembap. Diamkan selama ± 30 menit. Sisihkan.
  2. Kocok rata kuning telur, air, soda kue, dan garam menggunakan whisk. Masukkan ke dalam adonan tepung sambil diaduk perlahan hingga merata.
  3. Panaskan wajan martabak diameter 22 cm di atas api kecil hingga benar-benar panas. Olesi dengan sedikit margarin. Tuang 1 sendok sayur (± 100ml) adonan kulit. Ratakan adonan ke sekeliling dinding wajan menggunakan punggung sendok.
  4. Masak hingga adonan berpori atau setengah matang. Keruk permukaannya menggunakan sutil hingga tipis merata.
  5. Taburi permukaannya dengan meses, keju, kacang tanah, dan susu kental manis secara merata. Angkat.
  6. Letakkan martabak panas di atas talenan, belah 2 bagian, lipat. Potong-potong. Ulangi proses yang sama pada sisa bahan. Sajikan hangat.

8. Selanjutnya ada resep terang bulan kekinian. Yup, resep terang bulan red velvet! Ternyata bikinnya enggak ribet, lho. Warna merahnya bisa didapatkan dari buah bit.

Resep terang bulan red velvet | via: dealjava.com

Bahan:

  • Mentega tawar, untuk olesan wajan dan olesan akhir

Kulit:

  • 500 g tepung terigu protein tinggi, ayak
  • 150 g gula pasir
  • 150 ml susu cair
  • 30 g (½ buah) bit, rebus, kupas, haluskan
  • 2 sdm mentega tawar, lelehkan
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sdt baking powder, ayak
  • ½ sdt garam

Isi:

  • 150 g mentega tawar
  • 100 g margarin
  • 200 keping biskuit kelapa, gerus kasar
  • 150 g keju cheddar, parut
  • 150 g stroberi, iris
  • 200 ml susu kental manis
  • 300 ml es krim rasa stroberi

Cara Membuat:

  1. Kulit: Kocok semua bahan menggunakan mixer hingga rata. Tutup dengan kain basah. Diamkan di suhu ruang hingga adonan mengembang dan mengental (± 1 jam).
  2. Panaskan wajan martabak di atas api kecil hingga benar-benar panas. Olesi sedikit mentega.
  3. Tuang 1/6 bagian adonan. Ratakan dengan punggung sendok. Tutup. Saat mulai berpori, taburi dengan gula pasir. Tutup kembali, masak hingga matang (± 10 menit). Angkat.
  4. Penyelesaian: Selagi panas, olesi mentega dan margarin. Taburi biskuit, keju, stroberi, diikuti siraman susu kental manis. Tambahkan es krim stroberi. Sajikan.
  5. Ulangi langkah yang sama pada sisa bahan. Sajikan.

9. Selain red velvet, resep terang bulan kekinian dengan topping cokelat dan marshmallow ini juga menarik untuk dicoba.

Resep terang bulan cokelat dan marshmallow | via: sajiansedap.grid.id

Bahan:

  • Mentega, untuk olesan wajan dan olesan akhir

Kulit (bahan 1), ayak:

  • 300 g tepung terigu serbaguna
  • 200 g tepung gandum
  • 1 sdt baking powder

Kulit (bahan 2):

  • 2 butir telur ayam
  • 150 g gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 650 ml air
  • 2 sdm mentega tawar, lelehkan

Isi:

  • 150 g mentega tawar
  • 100 g margarin
  • 50 g meises
  • 50 g kacang mete, sangrai, cincang kasar
  • 20 g wijen putih, sangrai
  • 150 g keju cheddar, parut
  • 300 g marshmallow

Cara Membuat:

  1. Kulit: Campur bahan kering, telur, gula, dan garam. Secara bertahap, tuang air sambil dikocok menggunakan mixer hingga lembut. Masukkan mentega leleh, aduk rata.
  2. Tutup adonan dengan kain basah. Diamkan di suhu ruang hingga adonan mengembang dan mengental (± 3 – 5 jam).
  3. Panaskan wajan martabak di atas api kecil hingga benar-benar panas. Olesi sedikit mentega.
  4. Tuang adonan. Ratakan dengan punggung sendok. Saat mulai berpori, taburi dengan gula. Tutup, masak hingga matang (± 10 menit). Angkat.
  5. Penyelesaian: Selagi panas, olesi mentega dan margarin. Taburi meises, kacang, wijen, dan keju, diikuti siraman susu kental manis.
  6. Akhiri dengan marshmallow, bakar menggunakan blow torch hingga kecokelatan.
  7. Ulangi langkah yang sama pada sisa bahan. Sajikan.

Itulah beberapa resep terang bulan rumahan empuk dan antigagal yang bisa Kawan Muda praktikkan di rumah. Yuk, masak