Pisang nugget atau banana nugget adalah versi kekinian dari pisang goreng, dan setahun terakhir penganan ini menjadi camilan yang hits di kalangan millenial. Pisang nugget sebenarnya mirip-mirip dengan pisang goreng biasa, tapi diolah seperti nugget dan disajikan dengan berbagai topping nikmat  di atasnya.

Pisang nugget memiliki tekstur yang halus karena buah pisangnya yang dilumatkan terlebih dahulu, baru dicampur dengan tepung. Bukan cuma itu, tambahan tepung roti di bagian luar kulitnya membuat teksturnya semakin renyah. Apalagi bila ditambah dengan balutan cokelat lembut yang lumer di mulut. Yummm!

Nah, selain membelinya, Kawan Muda bisa, lho, membuat pisang nugget kekinian sendiri di rumah. Cara membuat pisang nugget kekinian sebenarnya simple dan mudah banget, lho! Biar enggak penasaran, intip yuk resep pisang nugget kekinian di bawah ini.

1. Resep pisang nugget kekinian ternyata enggak seribet yang dibayangkan. Contek nih resep yang satu ini, dijamin mudah dan bikin ketagihan 😉

Resep pisang nugget kekinian ternyata enggak seribet yang dibayangkan | via: palmia.co.id

Bahan :

  • Pisang raja, ambon, kepok atau cavendish yang sudah benar benar matang dan dilumatkan kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 125 gram.
  • Gula pasir kalau suka manis sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 45 gram.
  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 pcs.
  • Garam sesuai selera atau kurang lebih sejumput saja.
  • Tepung panir sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 25 gram saja.

Bahan pelapis:

  • Tepung roti, bradcrumb atau tepung panir secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara membuat pisang nugget kekinian:

  1. Pertama ambil wadah kemudian masukkan pisang lembut, tepung terigu, tepung panir dan semua bahan adonan.
  2. Aduk aduk adonan tadi sampai tercampur rata dan agak lembek ya supaya tepung panirnya bisa melekat. Kalau terlalu lembek bisa dimasukkan sebentar ke lemari pendingin atau kulkas sebentar.
  3. Ambil adonan secukupnya kemudian bentuk lalu gulirkan ke bahan pelapisnya sampai rata dan ulangi sampai habis.
  4. Panaskan minyak dan goreng seperti biasa sampai matang dan berwarna kecoklatan.

2. Pisang nugget tuh paling nikmat kalau benar-benar crispy atau kriuk renyah. Buat yang penasaran gimana sih biar pisang nugget kriuk terus, inilah resep pisang nugget crispy yang bisa kamu coba di rumah.

Resep pisang nugget crispy | via: jawapos.com

Bahan pertama:

  • Pertama pisang raja atau kepok yang sudah matang dan dihaluskan kurang lebih sebanyak 1/2 kg saja.
  • Telur ayam ukuran sedang besar yang sudah di kocok di luar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 100 gram.
  • Gula pasir sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 15 gram atau sesuai selera.
  • Susu bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 30 gram supaya lembut teksturnya.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil.
  • Vanili supaya lebih wangi saat digoreng sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.

Bahan kedua:

  • Telur ayam ukuran sedang yang sudah di aduk atau kocok sebanyak 2 pcs. Bisa diganti air biasa tetapi kurang crispy nantinya.
  • Tepung terigu secukupnya atau kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  • Tepung panir atau roti secukupnya sesuai kebutuhan nantinya.

Cara membuat pisang nugget  crispy:

  1. Pertama ambil wadah kemudian masukkan pisang halus, susu bubuk, garam, vanili, tepung terigu dan telur yang sudah dikocok kemudian aduk aduk sampai benar benar tercampur rata semua bahan tadi.
  2. Masukkan adonan yang sudah diaduk tadi kedalam loyang yang sudah dipersiapkan dan diolesi dengan sedikit minyak dan diberi kertas baking.
  3. Masak atau kukus adonan pisang nugget tadi sampai matang dengan api sedang kurang lebih selama 25 menit sampai 1/2 jam.
  4. Keluarkan dan dinginkan terlebih dahulu lalu potong potong nugget pisang kukus tadi sesuai selera.
  5. Siapkan wajan dengan minyak secukupnya dan api sedang.
  6. Masukkan potongan nugget pisang dan gulirkan ke wadah berisi tepung terigu lalu celupkan ke kocokan telur terakhir balurkan atau gulingkan ke tepung panir.
  7. Ulangi sampai habis kemudian goreng di minyak panas sampai berubah warna dan matang, lalu siap untuk disajikan.

3. Resep pisang nungget tanpa telur ini benar-benar praktis, lho. Gimana cara membuatnya agar resep pisang nugget kriuk? Yuk, intip!

Resep pisang nungget tanpa telur | via: resepkuekomplit.com

Bahan:

  • Pisang raja atau kepok yang sudah dilumatkan sampai halus kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  • Gula paisr sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 10 sendok makan saja.
  • Susu bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Vanili bubuk kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Garam dapur beryodium kalau suka sedikit saja atau bisa dihilangkan.

Bahan pencelup:

  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebnayak 5 sendok makan.
  • Tepung terigu kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • Tepung panir atau breadcrumb secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara membuat pisang nugget kekinian tanpa telur:

  1. Masukkan pisang halus bersama tepung, gula dan bahan lainnya kemudian aduk aduk sampai halus.
  2. Siapkan loyang dengan dilapisi sedikit minyak dan kertas roti lalu masukkan adonan pisang nugget diatas.
  3. Masak dan kukus sampai matang atau kurang lebih selama 1/2 jam.
  4. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu kemudian potong potong persegi panjang atau kotak sesuai selera.
  5. Campurkan dan aduk semua bahan pencelup sampai rata.
  6. Masukkan potongan nugget kukus kedalam pencelup kemudian angkat dan gulir atau gulingkan ke dalam tepung panir sampai rata. Ulangi sampai habis.
  7. Masukkan di minyak yang sudha panas dan goreng sampai matang.
  8. Tiriskan dan bisa langsung disajikan atau diberi topping coklat, meisis atau lainnya sesuai selera.

Resepnya gampang banget ya buat dicoba. Siapa sih yang gak ngiler baca resepnya? Buruan bikin yuk!