Kumpulan Resep Nasi Goreng Enak dan Spesial

3.521 views

Nasi goreng, siapa sih yang enggak suka makanan yang satu ini? Rasanya enggak pernah bosan, ya, makan nasi goreng. Mau itu buat sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam. Menu yang satu ini memang enggak pernah mengecewakan.

Tak heran jika pada tahun 2017 lalu, nasi goreng menduduki peringkat ke-14 dalam daftar 50 makanan terenak sedunia versi situs berita CNN.

Nah, selain terkenal karena kelezatan rasanya, membuat nasi goreng juga terbilang praktis dan ekonomis. Kamu enggak membutuhkan waktu lama untuk membuat sepiring nasi goreng lezat. Bahan-bahannya pun bisa divariasikan sesuai selera.

Di artikel resep masakan kali ini, Kita Muda bakal kasih beberapa resep nasi goreng, mulai dari resep nasi goreng sederhana hingga nasi goreng. Tenang, meski namanya kelihatan susah, cara membuatnya benar-benar gampang kok. Yuk intip!

1. Bikin nasi goreng enak ala restoran ternyata enggak serumit yang dibayangkan. Bahan-bahannya juga mudah dicari. Nih, coba deh intip resep nasi goreng spesial ala restoran di bawah ini. Paling cuma butuh 15 menit doang bikinnya :)

Resep nasi goreng enak ala restoran
Resep nasi goreng enak ala restoran | via: tribunnews.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 piring nasi putih dingin
  • 3 siung bawang putih (geprek lalu dicincang halus)
  • Sosis sapi sesuai selera
  • 1 butir telur ayam
  • Bakso sapi sesuai selera
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Daun bawang secukupnya saja
  • 2 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok makan kaldu jamur
  • Lada putih bubuk seperlunya
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bagaimana cara membuatnya?

  1. Panaskan minyak goreng. Biasanya sebentar saja sudah siap masak. Setelah itu, masukkan bawang putih yang sudah dicincang tadi. Setelah keluar aroma, masukkan telur ayam. Kemudian di orak-arik
  2. Sosis yang sudah dipotong masukkan saja sesuai resep. Masukkan pula bakso sapi. Bolak-balik sampai aromanya keluar semua. Setelah itu baru campurkan nasi dan goreng dengan cara diaduk menyeluruh biar bumbu bisa meresap.
  3. Tambahkan minyak wijen, kecap asin, kecap manis, kaldu jamur (untuk pengganti penyedap rasa), garam sedikit saja, dan lada. Aduk-aduk mereka sampai berbaur menjadi satu.
  4. Jangan lupa cek rasa dan tingkat kematangannya. Kalau sudah pas, baru diangkat. Sajikan di piring yang lebar dan putih. Kalau bisa piring yang artistik seperti piring segi empat atau lainnya biar mirip restoran sungguhan.

2. Nasi goreng Jawa biasanya identik dengan rasa manis dan gurih. Buat yang penasaran, mending cobain resep nasi goreng Jawa yang satu ini.

Resep nasi goreng Jawa
Resep nasi goreng Jawa | via: plukme.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 piring nasi putih dingin
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai rawit
  • 1 tomat matang ukuran besar
  • 1 sendok teh terasi
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Bagaimana cara membuatnya?        

  1. Haluskan semua bumbu di atas, kecuali nasi, minyak goreng, kecap, dan daun jeruk purut. Kamu bisa menghaluskan mereka pakai blender ataupun diulek di atas cobek. Setelah itu, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tumis mereka sampai aromanya tercium. Tapi harap jangan sampai terlalu kering. Nanti kurang meresap di nasinya.
  3. Masukkan nasi yang sudah disiapkan. Aduk-aduk mereka sampai tercampur rata. Cek dulu apakah sudah pas atau belum.
  4. Cara selanjutnya tambahkan daun jeruk purut. Biar bisa membuat rasa nasi goreng khas Jawa jadi lebih kuat dan alami. Tapi kalau enggak suka aroma daun jerk, lewatkan langkah ini juga tidak mengapa.
  5. Setelah masakan nasi goreng hampir matang, tambahkan kecap manis secukupnya. Tidak terlalu manis maupun tidak terlalu sedikit. Aduk kembali dan cicipi apakah sudah pas atau belum.
  6. Sajikan di piring yang besar. Tidak apa-apa kalau hasil nasi gorengnya sedikit. Kan di restoran kebanyakan begitu. Nasi seuprit tapi piringnya besar. Yang penting rasa nasi gorengnya nikmat. Itu saja sudah cukup.

3. Buat yang enggak mau ribet masak buat sarapan, resep nasi goreng sederhana ini bisa jadi penyelamat.

Resep nasi goreng sederhana
Resep nasi goreng sederhana | via: viva.co.id

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 piring nasi putih dingin
  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 cabai rawit
  • Irisan mentimun secukupnya untuk hiasan
  • 5 lembar daun bayam
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh minyak goreng
  • 1 sendok teh penuh kecap manis

Bagaimana cara membuatnya?

  1. Iris tipis bawang putih, cabai rawit, dan bawang merah. Jangan lupa cuci daun bayam terlebih dahulu, kemudian diiris tipis.
  2. Masukkan minyak goreng dan panaskan di atas wajan sebentar saja. Setelah itu, masukkan irisan bawang merah. Tumis hingga berwarna kecokelatan. Sisihkan di tepian minyak biar kering.
  3. Selama bawang merah disisihkan, masukkan irisan bawang putih, irisan cabai, dan juga garam. Tumis mereka bersamaan. Setelah aroma keluar, baru campurkan kembali tumisan bawang merah tadi. Aduk beberapa detik saja.
  4. Setelah itu, masukkan nasi. Aduk-aduk hingga bumbu tumis tadi tercampur rata. Tambahkan irisan daun bayam. Aduk kembali hingga daun bayam hancur dan menyatu ke dalam nasi.
  5. Tambakan kecap manis agar rasa nasi goreng sederhana khas rumah terasa ala restoran-restoran. Cara memasukkannya menyebar saja di seluruh bagian. Aduk-aduk kembali hingga membuat mereka matang sempurna.
  6. Angkat dan masukkan ke piring kalau sudah matang. Jangan lupa, susun irisan mentimun di tepian nasi goreng. Yay! Akhirnya nasi goreng bikinan Anda selesai juga. Selamat menikmati.

4. Resep nasi goreng biasa yang satu ini benar-benar mudaaaah banget. Anak kost-an banget lah pokoknya, hihi.

Resep nasi goreng biasa
Resep nasi goreng biasa | via: merdeka.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 piring nasi
  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Garam secukupnya
  • 1 cabai rawit
  • Minyak goreng secukupnya

Bagaimana cara membuatnya?

  1. Ulek bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan garam di atas cobek. Usahakan sampai selembut mungkin agar nanti mudah tercampur dengan nasi.
  2. Panaskan minyak goreng sebentar saja. Masukkan bumbu resep nasi goreng yang sudah diulek. Aduk-aduk sebentar hingga tercium aroma.
  3. Masukkan nasi. Kalau ada yang masih menggumpal, cacah-cacah saja biar menyebar. Goreng dan aduk-aduk hingga matang. Meski resep di atas tampak sederhana dan khas rumahan yang minim bumbu, tapi hasilnya tetap jos!

5. Mana suaranya yang suka nasi goreng kambing? Bikin sendiri yuk di rumah, contek resep nasi goreng kambing di bawah ini. Dijamin maknyuuuuz!

Resep nasi goreng kambing
Resep nasi goreng kambing | via: balilanjo.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram nasi putih dingin
  • 100 gram daging kambing
  • 3 siung bawang putih yang sudah dicincang
  • 2 batang daun bawang yang sudah diiris
  • 3 buah cabai keriting diiris sampai halus
  • ½ sendok teh lada hitam bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Kerupuk emping (untuk hiasan)

Bagaimana cara membuatnya?

  1. Rebus daging kambing terlebih dahulu. Setelah cukup empuk, baru dipotong kecil-kecil. Sisihkan saja dulu.
  2. Karena bumbu sudah siap, maka tinggal panaskan minyak goreng. Tumis bawang dan cabai hingga beraroma sedap. Setelah mereka layu, masukkan potongan daging kambing dan lada. Aduk-aduk sekitar 3 menitan.
  3. Masukkan nasi dan aduk-aduk hingga tercampur dengan bumbu. Masukkan garam dan aduk kembali. Setelah itu, tambahkan daun bawang yang sudah diiris. Jangan lupa cicipi. Sudah pas atau belum, biar rasanya tidak tersesat.
  4. Setelah matang, angkat dan suguhkan di atas piring. Taburkan kerupuk emping di atasnya untuk hiasan. Dijamin rasanya mantap dan tidak kalah dengan nasi goreng di restoran yang terkenal :”)

6. Makan nasi goreng kalau enggak pedas tuh kayak kurang. Resep nasi goreng pedas ini kayaknya cocok buat kamu yang ngaku penggila pedas.

Resep nasi goreng pedas
Resep nasi goreng pedas | via: Vemale.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 3 centong nasi
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • Masako rasa sapi secukupnya
  • ½ sendok teh garam
  • 17 cabai rawit
  • 5 kembang kol
  • 5 batang daun bawang

Bagaimana cara membuatnya?

  1. Cara pertama, ulek bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan garam. Ulek sampai halus. Ini  fungsinya agar nanti nasi goreng yang kamu bikin lebih meresap bumbunya.
  2. Panaskan minyak goreng. Setelah cukup tua, masukkan bumbu tadi dan tumis hingga keluar aroma yang sedap.
  3. Tambahkan nasi dan aduk bersama bumbu sesuai resep. Goreng dan aduk-aduk terus hingga aroma yang khas keluar. Cara selanjutnya adalah tambahkan irisan daun bawang untuk membuat rasanya lebih gurih.
  4. Aduk kembali sebentar saja. Setelah semuanya hampir matang, taburkan masako rasa sapi di atasnya. Baru disusul dengan menambahkan irisan kembang kol agar tampilan lebih alami.
  5. Angkat dan sajikan di atas piring.

7.  Kalau kamu penggemar seafood, Kita Muda punya nih resep nasi goreng seafood yang mudah banget dibikinnya dan dijamin nagih!

Resep nasi goreng seafood
Resep nasi goreng seafood | via: thekitchn.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 2 piring nasi putih
  • 1 genggam udang goreng
  • Seikat sawi hijau yang sudah dipotong
  • Saos tiram secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 bawang putih
  • 3 bawang merah
  • 1 biji kemiri
  • 2 cabai rawit
  • 3 cabai merah
  • Terasi secukupnya
  • Garam secukupnya

Bagaimana cara membuatnya?

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, terasi, garam, cabai, dan kemiri. Bisa dihaluskan dengan blender atau bisa pula dengan ulekan di atas cobek. Yang penting tidak melenceng dari resep nasi goreng yang sudah ditetapkan.
  2. Panaskan minyak goreng. Masukkan bumbu halus. Tumis hingga baunya terasa di hidung. Setelah itu baru masukkan nasi. Setelah teraduk merata, masukkan potongan sawi dan udang goreng. Aduk kembali hingga terasa baunya yang khas makanan laut.
  3. Biar lebih enak, tambahkan resep saus tiram dan kecap manis. Cukup 1 kali saja menjelang nasi goreng matang sempurna. Setelah matang, sajikan dalam dua porsi.

Resep nasi goreng di atas menjadi bukti kalau makanan yang enak itu enggak selalu sulit dibuat. Nah, Kawan Muda kira-kira mau mengeksekusi resep nasi goreng yang mana dulu, nih?