Resep Donat Kentang Maha Lezat dengan Aneka Topping

249 views
donat kentang
via unileverfoodsolutions.co.id

Donat kentang merupakan donat yang berbahan kentang. Donat kentang mulai marak di pasaran sejak 7 tahun belakangan. Sebelum orang beramai-ramai menjual donat kentang, jajan donat pun sudah menjadi favorit bagi banyak orang.

Donat tidak hanya dijual di pasar bersandingan dengan jajan pasar yang murah-murah. Tapi juga sampai ada toko sendiri khusus menjual donat. Sebut saja Dunkin Donuts, Jco, Mokko Factory, dan lain-lain.

Sejarah donat

Sebelum membahas tentang resep donat kentang, ada baiknya Kita Muda ingatkan lagi nih soal sejarah donat yang mungkin belum kamu tahu.

Seperti pada umumnya, sejarah donat pun terbagi menjadi beberapa versi. National Dunking Association of Amerika (NDAA) mengesahkan penemuan donat didaulat oleh Hanson Crocket Gregory. Namun suku Indian juga mengklaim bahwa bangsa mereka lah yang kali pertama menemukan donat.

Ada dua cerita tentang Hanson Gregory dalam perjalanannya menemukan donat.

Pertama, Hanson yang merupakan seorang kapten kapal berkebangsaan Jerman tidak sengaja memasukkan kue ke roda ke roda kapal. Saat terjadi badai, ia mengambil alih nahkoda kapalnya lalu kue tersebut yang menjadi perbekalan ditusukkannya ke bagian roda kemudi sehingga tengahnya menjadi bolong. Jadilah donat.

Kedua, Hanson disebut pernah mencungkil bagian tengah kue yang belum matang dengan pisau sehingga berlubang. Kala itu Hanson masih berusia 15 tahun. Kebiasaan ini berlanjut sampai ia dewasa menjadi kapten kapal. Kue buatannya ini pun menyebar ke seluruh dunia, yang kemudian dikenal dengan nama donat.

Nah, sudah cukup kan wawasanmu tentang sejarah donat. Sekarang, yuk bahas resep donat kentang maha lezat dengan aneka topping. Simak terus ya!

 

resep donat kentang
via rumahmesin.com

Resep Donat Original

Bahan Adonan:
500 gr tepung terigu serbaguna
75 gr margarin
200 gr kentang yang sudah dikupas, dikukus, dan didinginkan
4 butir kuning telur
100 ml air dingin
100 gr gula halus
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
¼ sdt garam

Langkah:
1. Campurkan tepung terigu, ragi, dan gula halus ke dalam satu wadah. Aduk sebentar hingga ketiga bahan tersebut tercampur. Lalu masukkan kentang dan kuning telur ke dalam adonan tersebut.
2. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diuleni. Lakukan langkah ini sampai air dingin habis dan adonan menjadi kalis.
3. Setelah adonan sudah kalis, tambahkan margarin dan garam. Uleni kembali agar semua bahan tercampur rata. Tutup wadah berisi adonan dengan kain lap bersih dan diamkan selama 20 hingga 30 menit.
4. Ketika adonan donat sudah mengembang. Kempiskan adonan donat tersebut lalu cetaklah dengan cetakan khusus donat. Diamkan kembali adonan donat yang sudah dicetak selama 20 menit.
5. Jika sudah lewat 20 menit, adonan donat yang sudah dicetak pun siap digoreng.
6. Panaskan wajan berisi minyak goreng dengan api kecil.
7. Saat minyak sudah panas, masukkan donat ke dalam wajan. Jangan masukan donat terlalu banyak supaya temperatur minyak goreng tidak turun drastis.
8. Goreng donat hingga kedua sisinya matang dan berwarna cokelat keemasan.
9. Angkat dan tiriskan donat yang sudah matang. Diamkan sejenak agar uap panasnya hilang.
10. Tambahkan topping sesuai selera.
11. Donat kentang pun siap disajikan.

Resep Donat Kentang Rasa Cokelat

Bahan adonan dan langkah-langkah sama dengan resep dasar membuat donat kentang.

Bahan topping:
Gula halus secukupnya
250 gr dark cooking chocolate yang sudah dipotong lalu dilel

Langkah:
1. Untuk membuat lelehan cokelat, rebus air lalu letakkan potongan cokelat di dalam wadah tahan panas dan taruh mangkuk di atas panci.
2. Panaskan cokelat hingga meleleh.
3. Matikan api dan diamkan sebentar
4. Oleskan topping cokelat pada adonan donat yang sudah jadi
5. Taburi atau gulingkan donat di dalam wadah yang berisi gula halus ke seluruh permukaan donat jika ingin
6. Donat kentang rasa cokelat siap disajikan

Resep Donat Kentang Aneka Rasa

Resep ini juga berlaku untuk topping lainnya. Kamu dapat memilih topping sesuai selera kamu. Berikut adalah rekomendasi topping yang sering digunakan untuk adonan donat:

1. Meses cokelat atau warna
2. Keju
3. Greentea
4. Marble
5. Kopi
6. Red velvet
7. Strawberry
8. Vanilla
9. Madu
10. Blueberry
11. Mangga
12. Biskuit
13. Kacang
14. Lemon
15. Ice cream

Gampang banget kan cara bikinnya? Sisanya, selamat berkreasi ya, Kawan Muda!