Onde-onde, mengulik kisah unik si bulat kenyal bertabur wijen

2.708 views
via: vemale.com

Indonesia memiliki beraneka ragam kue tradisional, semuanya sangat enak dan sungguh menggugah selera. Salah satunya onde-onde, hemm…siapa sih yang enggak tahu kue bulat kenyal bertabur wijen ini?!

Meskipun populer sebagai makanan tradisional Indonesia, tapi tahukah kamu bahwa onde-onde sebenarnya bukan berasal dari Indonesia??? Hayo…belum pada tahu ya?!


BACA JUGA :


Selain fakta bahwa onde-onde bukan asli Indonesia, masih terdapat fakta unik dan menarik lainnya lho di balik kenikmatan onde-onde. Penasaran apa saja? Yuk, kita cari tahu sama-sama.

Meskipun enggak banyak sumber tertulis yang menjelaskan asal-usul onde-onde, kue ini sebenarnya berasal dari Tiongkok. Onde-onde atau jian dui,  pertama kali dibuat di masa kekuasaan Dinasti Zhou sekitar 1045 – 256 SM!

via: theepochtimes.com

Ada juga yang menyebutkan bahwa kue ini sudah ada sejak masa Dinasti Tang yaitu sekitar 600–900 M. Whoa, sudah eksis ribuan tahun nih! 

Kue ini adalah lambang keselamatan dan kebersamaan. Dulunya dibuat untuk tukang kayu dan tukang batu yang sedang membangun istana kaisar. 

via: pinterest.com

Seiring migrasi warga Tiongkok, onde-onde akhirnya menyebar ke wilayah Asia lainnya termasuk Indonesia. Jadi jangan heran ya kalau kamu nemu kue semacam onde-onde di Malaysia, Filipina, atau Vietnam.

via: rotinrice.com

Konon, onde-onde masuk ke Indonesia sejak zaman Kerajaan Majapahit. Nah, salah satu kota bekas Kerajaan Majapahit, Mojokerto, memang dikenal sebagai kota onde-onde hingga sekarang. Hehe, jadi tahu kan alasannya kenapa?!

via: chinasichuanfood.com

Kalau versi aslinya nih, onde-onde hanya berisi pasta gula merah yang berwarna kecoklatan. Di Indonesia isinya lebih bervariasi, ada original (kacang hijau lembut), coklat, keju hingga green tea.

via: perutgendut.com

Bentuk onde-onde yang bulat dan permukaan berwarna kekuningan (karena dilaburi wijen) melambangkan suatu keberuntungan. Sementara bentuk onde-onde yang mekar saat digoreng melambangkan harapan.

via: beritatagar.id

Meski menjadi jajanan khas Mojokerto, onde-onde mudah dijumpai di berbagai tempat di Indonesia. Kamu pun bisa menjumpai versi mininya dijual di pinggir jalan.

via: kompasiana.com

Nah itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang onde-onde. Hemm…. Jadi pengin makan onde-onde pakai teh anget deh. Kalau Kawan Muda biasanya makan onde-onde ditemani apa atau sama siapa nih 🙂