5 Olahan Lezat Daging Qurban di Hari Raya Idul Adha

608 views
gule
gule | via primarasa.co.id

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H, buat kamu Kawan Muda yang sedang merayakan!

Hari Raya di mana nih? Mudik ke kampung halaman, tetap di perantauan, atau… tahun ini kali pertama hari raya di rumah mertua?

Di manapun kamu, semoga kebahagiaan Hari Raya Idul Adha selalu menyertaimu ya.

Baiklah, kali ini Kita Muda bakal kasih rekomendasi beberapa menu olahan daging qurban. Jangan cuma disimpan di kulkas sampai berhari-hari karena bingung mau diapain!

Kamu bisa mengolahnya menjadi menu-menu favorit seperti berikut yang pastinya kamu sudah nggak asing lagi. Yuk, scrolling down!

1. Sate

sate kambing
sate kambing | via food.detik.com

Satenya tuh di sini di dalam hatiku, satenya tuh di sini pas kena hatiku~

Eh, kok jadi ketularan Mang Saswi ya?

Okay, sate adalah menu favorit keluarga Indonesia. Kalau lagi musim qurban, sate kambing bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Yaiyalah, bikin sendiri gitu.

Bikin sate waktu Idul Qurban juga bisa mempererat tali persaudaraan. Soalnya, kamu dan keluarga saling membagi tugas dalam membuat sate.

Ada yang bagian memotong daging kambing, meletakkan daging pada tusuk sate, membuat bumbu, membakar, dan nggak ketinggalan, biasanya pasti ada aja nih yang tugasnya tinggal makan doang :p

Sate kambing paling enak dibumbu kecap. Jangan lupa pakai bawang merah di tepinya ya. Bawang merah itu berguna untuk menetralisir efek samping dari daging kambing. Mengurangi kadar kolesterolnya, memperlezat rasa, hingga menurunkan hipertensi.

2. Krengsengan

Menu krengsengan sebutannya bisa beda di tiap daerah. Krengsengan atau tongseng adalah olahan daging baik kambing maupun sapi yang dipotong dadu. Setelah itu diberi bumbu bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, dan kecap manis.

Krengsengan memiliki rasa yang cenderung ke manis dan makanannya garingan alias tanpa kuah. Digoreng hingga air meresap penuh ke daging bersama dengan kecapnya. Mantap dengan nasi putih hangat.

Krengsengan cocok untuk segala timing makan. Mau itu sarapan, makan siang, makan malam, atau yang paling enak adalah saat kamu lapar. Hmm yummy!

3. Bakso

bakso
bakso | via freepik.com

Kepikiran nggak kalau daging sapi yang kamu dapatkan dari hasil qurban bisa dibikin jadi bakso?

Tentu, ini isiannya tergantung selera ya. Mau polosan cuma pentol bakso aja pakai kuah boleh. Tambah bihun seperti bakso solo boleh. Atau lengkap dengan gorengan, paru, mie, siomay, usus, dan lain-lainnya hingga komplit seperti bakso malang juga enak banget!

Caranya memang daging harus digiling terlebih dahulu. Kalau kamu punya alat masak yang serba lengkap dengan alat penggilingan, langsung giling aja. Kalau enggak, kamu bisa ke pasar induk terdekat dan cari jasa giling daging. Biasanya dihitung per kilogram serta ada tambahan biaya untuk tambahan bumbu dan telur.

Bakso kuah dimakan pas sore-sore, apalagi kalau pas dingin, apalagi kalau pas hujan. Hmm mantapp!

4. Gulai

Gulai adalah masakan khas Indonesia dengan daging sapi atau daging kambing sebagai bahan bakunya. Gulai merupakan makanan daging berkuah. Biasanya dimakan bareng sama sate.

Hidangan asal Sumatera ini menggunakan santan sebagai kuahnya. Rempah-rempah juga cukup komplit. Rasanya gurih-gurih pedas. Selera lidah Indonesia!

5. Rendang

rendang
rendang | via travistory.com

Last but not least, kamu bisa memasak daging qurban dengan menu makanan asli Indonesia yang sudah terkenal di seantero jagat raya ini. Yup, rendang.

Rendang dinobatkan sebagai makanan terlezat asal Indonesia. Masakan ini menggunakan rempah-rempah yang beraneka macam. Asalnya kalau menurut Wikipedia sih dari Minangkabau. Tapi kamu juga bisa membuat rendang enak dengan resep dari ibu di rumah.

Rendang daging merupakan makanan yang bisa awet sampai kurang lebih 3 hari. Asal kamu benar menyimpannya. Yakni disimpan di wadah tertutup kedap udara.

 

Itulah 5 masakan populer untuk daging qurban. Jadi kamu mau masak yang mana dulu nih, Kawan Muda?

Again, selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H ya. Semoga berkah untuk kita semua 😀