Menjelajah 6 kuliner nikmat dan legendaris di kawasan Cikini. Benar-benar legenda, gak bohong nikmatnya!

Sebagai tempat berbaurnya budaya nusantara, Jakarta bisa dibilang surga kuliner yang sesungguhnya, kenapa? Karena berbagai masakan atau makanan ada di wilayah tersebut misalkan saja masakan khas Betawi, Padang, Sunda, dan beberapa makanan khas Indonesia lainnya.

Setiap sudut Kota Jakarta pun memiliki tempat makan yang menawarkan menu menarik yang siap menggoyang lidah dan memanjakan perut. Dan lewat artikel ini, Kita Muda akan mengajak Kawan Muda menelusuri kuliner legendaris Jakarta  yang ada di kawasan Cikini. Daripada berlama-lama, yuk ah langsung disimak saja di bawah ini 🙂


BACA JUGA : Ke Bali tak hanya memanjakan mata, lidah dan perut juga bahagia kalau wiskul ke 10 tempat makan murah meriah ini


1. RM. Soto Betawi H. Ma’ruf

via: nibble.id

Warung soto yang sudah berdiri sejak tahun 1940 ini memang menjadi salah satu tempat favorit buat makan soto Betawi.  Salah satu ciri khas soto Betawi adalah menggunakan daging dan jerohan sapi – bukan kambing. Daging dan jerohan sapi ini harus digoreng terlebih dahulu, kecuali babat dan usus. Duh bikin ngiler, pokoknya rasa soto Betawi di sini benar-benar melegenda deh.

Selain soto Betawi, ada menu lain yang ditawarkan seperti laksa Betawi, ayam goreng, sate sapi, sate kambing, dan sate ayam. Untuk harga sesuailah dengan kenikmatannya sekitar Rp 18.000—38.000. RM Soto Betawi H. Ma’ruf buka setiap hari dari pukul 09.00—22.00.

Lokasi: Komplek Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Gado-Gado Bonbin

via: adasatu.com

Rasa gado-gado ini terkenal enak dan legendaris. Bahkan, tokoh-tokoh penting pernah jadi pelanggan setia di warung ini seperti Gus Dur dan Taufik Kiemas. Nah, nama bonbin berasal dari singkatan “Kebon Binatang”, mengingat dulu Jalan Cikini IV itu namanya Jalan Bonbin III, dan Gado-Gado Bonbin ini sudah ada sejak tahun 1970an, lho, Kawan Muda.

Untuk menikmati seporsi gado-gado legendaris ini Kawan Muda harus merogoh kocek yang cukup dalam sekitar Rp 32.000. Tapi serius, gak bakal nyesel deh setelah kamu mencobanya. Gado-Gado Bonbin buka setiap hari dari pukul 10.00—17.00.

Lokasi: Jalan Cikini IV No.5, Cikini, Menteng, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

3. Nasi Uduk Gondagdia

via: gastronomy-aficionado.com

Nasi uduk yang sudah ada sejak 1993 ini letaknya cukup menyelinap di antara perumahan dan dekat dengan Stasiun Gondangdia (persis di samping bawah rel kereta api). Nasi Uduk Gondangdia sudah cukup terkenal pagi pecinta Nasi Uduk di Jakarta.

Gak heran sih, karena tekstur nasinya yang pulen dan rasa santannya yang gurih tuh bikin nagih. Sambal ulek dan sambal kacangnya juga nampol, juara pokoknya! Oh ya, nasi uduk di sini cukup unik karena nasinya dibungkus pakai daun pisang. Warung nasi uduk ini buka setiap harinya dari pukul 10.00—24.00.

Lokasi: Jalan Cikini IV No.12, Menteng, Cikini, Jakarta Pusat.


BACA JUGA : 10 kuliner mblusuk yang paling dicari dan digandrungi traveler di Yogyakarta. Wiskul, yuk!


4. Mie Ayam Gondangdia

via: foody.id

Persis di sebelah Nasi Uduk Gondangdia ada warung Mie Ayam Gondangdia. Kawan Muda harus melipir sekalian kalau kebetulan ada di sana. Yang membuat mie ayam di sini jadi favorit adalah kekenyalan dan kehalusan mie-nya.

Rasa kaldunya yang gurih, dengan daging ayam dan jamur, serta bakso di atasnya juga nagih. Bikin Kawan Muda pengin nambah terus deh, hehe. Mie Ayam Gondangdia buka setiap hari dari pukul 10.00—24.00.

Lokasi: Jalan Cikini IV No.12A, Menteng, Cikini, Jakarta Pusat.

5. Bubur Cikini

via: nibble.id

Di sekitar Jalan Raya Cikini tepatnya sebelum Stasiun Cikini terdapat sebuah kedai bubur yang sudah tersohor namanya yaitu Bubur Cikini (Burcik) H.R. Suleman. Bubur ini sebenarnya bubur khas Cirebon, tapi masyarakat lebih sering mengenalnya dengan sebutan Burcik.

Semangkuk burcik dengan potongan cakwe, suiran ayam, dan emping ini cukup mengenyangkan kok Kawan Muda. Bubur Cikini buka setiap hari dari pukul 07.00—11.00 dan 17.00—02.00.

Lokasi: Jalan Cisadane No.121, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

6. Pempek Megaria

via: goodindonesianfood.com

Kuliner legendaris terakhir adalah Pempek Megaria. Sesuai namanya, pempek ini berada di foodcourt Bioskop Megaria alias Metropole 21. Yang istimewa dari Pempek Megaria adalah ukurannya dan kuahnya yang nikmat.

Pempek Megaria buka setiap harinya dari pukul 12.00—21.00. Ehm tapi hati-hati, biasanya masih pukul 7 malam pempek-nya sudah habis terjual habis. Untuk harga cukup terjangkau kok, minuman dijual dengan harga sekitar Rp 3.000—15.000 dan untuk makanan sekitar Rp 2.000-25.000.

Lokasi: Metropole 21, Jl. Pegangsaan Timur No. 21, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.


BACA JUGA : Yuk, masak! 2 resep nasi goreng ini pas banget buat kamu yang suka masak, cepat dan mudah pula!


Gimana Kawan Muda, sudah puas berkeliling tempat makan legendaris di Cikini? Kalau ada tempat makan legendaris yang recommended tapi belum disebutkan dalam daftar, jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komentar, ya 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *