Dari keripik buah hingga strudel, ini lho 8 oleh-oleh khas Malang yang siap bikin lidahmu bergoyang!

4.041 views
malang strudel
Foto : ulinulin.com

Malang dan sekitarnya kini menjadi salah satu ikon wisata Jawa Timur sekaligus tujuan wisata favorit di Indonesia. Nah, kalau liburan ke Malang, kurang afdhol dong kalau kita enggak bawa oleh-oleh khas Malang.

Hemm…tapi oleh-oleh khas Malang yang recommended kira-kira apa saja ya? Buat Kawan Muda yang masih bertanya-tanya dan pengin nge-list titipan saudara-saudara, yuk simak 8 oleh-oleh khas Malang berikut ini.


BACA JUGA :


1. Keripik buah

via: bukalapak.com

Kalau liburan ke Malang, jangan sampai lupa memborong aneka keripik buah. Enggak hanya keripik apel saja, lho! Kawan Muda juga bisa menemukan keripik nangka, melon, mangga, salak, bahkan semangka! Nah, keripik buah ini bisa didapatkan di hampir semua toko oleh-oleh. Harganya pun bervariasi dan cukup terjangkau, mulai dari Rp 11.000—14.000.

2. Pia Mangkok

via: oleholehmalangonline.wordpress.com

Enggak hanya Yogyakarta yang punya bakpia, Malang juga punya. Beda dengan bakpia pathok yang punya kulit tipis dan isi yang lembut, Pia Mangkok khas malang memiliki tekstur kulit yang kering renyah, tapi lembut bagian isinya. Nah, untuk varian rasa juga bermacam-macam nih ada original (kacang hijau), cokelat, durian, kopi, keju, dan tangkwe.

3. Keripik tempe

via: republika.co.id

Selain terkenal dengan keripik buahnya, Malang juga terkenal dengan keripik tempenya. Nah, salah satu tempat di Malang yang terkenal dengan keripik tempenya adalah Kampung Sanan. Keripik tempe Sanan cukup unik Kawan Muda, karena mereka punya banyak varian rasa seperti pizza, barbeque, jagung manis, rumput laut, keju, dan lain-lain. Hemm…kriuk-kriuknya dijamin bikin kamu ketagihan deh…

4. Keripik ceker

via: wisataterindah.net

Masih berhubungan dengan keripik, ada lagi nih keripik unik khas malang yaitu keripik ceker. Keripik ceker khas Malang ini memiliki rasa yang gurih nikmat dan renyah. Enggak hanya enak, keripik ceker ini pun bergizi karena mengandung asam amino, kolagen, dan kalsium. Wew, cemilan sehat ya! Keripik ceker bisa didapatkan di berbagai pusat oleh-oleh Malang.

5. Bakso beku President

via: wisataterindah.net

Bakso Malang memang paling top, tapi kalau enggak asli dari Malang rasanya kadang beda. Setuju enggak? Eits tenang, sekarang kamu bisa lho beli frozen bakso atau bakso beku di salah satu kedai bakso terkenal di Malang, Bakso President. Bakso beku ini bisa bertahan hingga beberapa bulan selama disimpan di lemari es. Untuk menikmatinya, kamu tinggal merebusnya kembali. Oh ya, Bakso President juga menjual bumbunya, lho! Hemm, enak dan praktis banget kan? Kalau kangen bakso Malang tinggal bikin saja langsung di rumah 🙂

6. Aneka olahan telo di Repoeblik Telo

via: repoebliktelo.com

Oleh-oleh khas Malang selanjutnya adalah aneka olahan yang terbuat dari telo alias ubi. Biar puas nih lihat jenis-jenisnya, kamu bisa mengunjungi pusat oleh-oleh Repoeblik Telo di Jl. Raya Purwodadi No. 1, Lawang – Malang. Nah, di sini kamu bakal menemukan olahan telo mulai dari bakpau telo, bakpia telo, brownies telo kukus, ice cream telo, pizza tello, nugget tello, dan masih banyak lainnya. Tapi kalau enggak sempat ke Repoeblik Telo, kamu bisa kok mendapatkan bakpia telo di beberapa pusat oleh-oleh.

7. Minuman sari apel

via: wisataterindah.net

Kayaknya dari tadi kita ngomongin cemilan atau makanan melulu. Kira-kira Malang punya enggak ya minuman khas yang bisa dijadikan oleh-oleh? Ya, kayak sirup markisa khas Medan gitu. Weits, ada dong! Malang punya lho minuman sari apel. Kalau kamu bosan nih dengan olahan keripik atau makan apel begitu doang, minuman sari apel ini bisa jadi alternatif. Rasa manis asamnya bakal bikin kamu pengin tambah terus deh. Kalau diminum dingin pake es batu, wuih, makin segar! Minuman sari apel bisa ditemukan dengan mudahnya di pusat oleh-oleh khas Malang.

8. Malang Strudel

via: malangstrudel.com

Oleh-oleh khas Malang selanjutnya adalah strudel. Malang strudel adalah jajanan atau oleh-oleh kekinian yang lagi hits nih di Malang. Buat yang belum pernah tahu, strudel adalah pastry berlapis yang biasanya diisi dengan buah-buahan. Nah, di Malang Strudel ada beberapa variant filling buah mulai dari apel, stroberi, pisang coklat, nanas, durian, dan mix fruit. Oh ya, ada juga rasa kekinian seperti keju, red velvet, dan green tea. Kalau soal rasa sih mirip-mirip bolen Bandung lah untuk rasa pisang coklat. Untuk rasa yang lain sepertinya Kawan Muda harus mencobanya sendiri biar enggak penasaran, hihi 🙂

Itulah 8 oleh-oleh khas Malang yang wajib masuk dalam list. Oh ya, selain makanan, sebenarnya ada juga lho oleh-oleh berupa souvenir seperti keramik Dinoyo dan Topeng Malangan. Mungkin bisa dijadikan alternatif oleh-oleh yang enggak biasa untuk kerabat dekat yang suka koleksi barang-barang seni.

Hemm, dari 8 oleh-oleh khas Malang di atas, mana nih yang jadi favorit Kawan Muda? Atau mungkin ada oleh-oleh favorit Kawan Muda yang belum disebutkan di atas? Jangan ragu ya buat menambahkannya di kolom komentar 🙂