8 Kuliner Unik dengan Tema Hari Kemerdekaan Indonesia

17 Agustus tahun ’45, itulah Hari Kemerdekaan kita. Hari merdeka, nusa dan bangsa, hari lahirnya Bangsa Indonesia. Mer de ka!

Yey! Alhamdulillah umur Indonesia sudah 74 tahun. Kalau setara dengan umur manusia pada umumnya, Indonesia sudah beruban nih.

Semarak kemerdekaan biasanya diawali dengan upacara kemerdekaan untuk mengenang jasa para pahlawan. Hari-hari di Bulan Agustus juga banyak diisi dengan berbagai macam lomba agustusan. Nggak ketinggalan, ada acara syukuran di setiap RT atau RW untuk memeriahkan perayaan ini.

Nggak cukup sampai di situ, ada nih beberapa menu kuliner dengan tema merah putih yang ikut meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia.

 

1. Tumpeng, selalu ada di setiap syukuran kemerdekaan. Kalau biasanya pakai nasi kuning, ini ada pakai nasi warna merah dan putih. Nasi merahnya dibuat dari campuran buah bit. Sehat, cerah, mengenyangkan!

tumpeng merah putih
Tumpeng merah putih | via aremafood.com

2. Kue Tart, dengan kombinasi warna merah dan putih kamu sudah bisa membuat kue dengan tema kemerdekaan. Tambahkan bunga mawar sebagai hiasan, biar makin ramai.

kue tart
Kue Tart Merah Putih | via cintaihidup.com

3. Klepon, jajanan tradisional ini juga bisa dibikin warna merah di hari spesialnya Indonesia. Bahan dasarnya untuk kulit tetap daun pandan, filling tetap gula merah, dan selimut tetap kelapa. Yang bikin beda, ditambah setetes pewarna merah cair khusus kue. Gemesin!

klepon merah putih
Klepon Merah Putih | via endeus.tv

4. Cupcake, kue manis yang berukuran mini ini juga bisa diproduksi secara tematik berwarna merah putih. Buat bahan bolu rasa red velvet, lalu kasih topping whipped cream. Penampilan cantik, rasanya pun manis.

cupcake merah putih
cupcake merah putih | via kitchme.com

asd

5. Pudding, dessert favorit sejuta umat ini turut meramaikan menu merah putih yang bisa kamu bikin untuk syukuran kemerdekaan. Cara bikinnya gampang banget, tinggal pakai perasa dari buah dan gelatin. Sisipkan buah strawberry di atasnya sebagai pemanis. Nyesss~ bikin seger-seger adem.

pudding
Pudding Merah Putih | via ncc-indonesia.com

6. Jus strawberry leci. Jus jambu sirsak. Atau jus apapun yang berasal dari buah warna merah dan buah warna putih bisa kamu padu padankan untuk menyambut 17 Agustus. Ngelihatnya aja udah bikin haus ya!

jus strawberry
Jus Merah Putih | via prfmnews.com

7. Martabak manis warna merah putih biasanya hanya dijual spesial di Hari Kemerdekaan. Dijualnya terbatas, biar berasa Agustusan-nya. Kombinasi rasa red velvet dan keju sudah membuatnya merah putih. Udah pernah coba?

martabak merah putih
martabak merah putih | via martabak-olala.com

8. Nyadar nggak kalau balado telur juga warna merah-putih? Iya! Kalau ada lomba bikin menu merah putih untuk Agustusan, bikin balado telur aja. Balado telur, masakan rumahan yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

telur balado
Telur Balado | via harianmu.com

Itu dia 8 menu merah putih yang turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kalau kamu nemu menu lain bertemakan merah putih, bisa langsung tambahin di kolom komentar yah!

Melalui artikel ini, Kita Muda juga mau mengucapkan:

Selamat Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. Dirgahayu. Semoga makin aman, jaya, sentosa. Masyarakatnya makin makmur, damai, dan sejahtera. Aamiinn!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *