Tak hanya memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, Bandung juga terkenal sebagai surganya kuliner. Kalau Kawan Muda liburan ke Bandung tapi enggak kulineran, beuh, mending enggak usah ngaku-ngaku pernah liburan ke Bandung deh! Wisata kuliner di Bandung itu sudah jadi satu paket wisata lengkap kalau kamu liburan ke Bandung.

Nah, berbicara tentang kuliner Bandung, Bandung termasuk salah satu kota yang masih menjaga kuliner tradisional dan legendarisnya. Jadi kalau Kawan Muda mampir ke Bandung, sok atuh nyobain kuliner legendaris atau kuliner jadul yang ada di Bandung.

Biar pada tahu kuliner Bandung legendaris mana atau tempat makan di Bandung mana yang tersohor dan selalu jadi jujukan para pecinta kuliner, Kita Muda sudah merangkum beberapa di antaranya, spesial buat Kawan Muda. Yuk, intip!

1. Cuanki Serayu

Lokasi: Jln. Serayu No.2, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung | via: myfunfoodiary.com

Hawa di Bandung kan sejuk-sejuk gimana gitu, paling mantap kalau makan yang berkuah, hangat-hangat, dan pedas. Kita Muda langsung kebayang semangkuk cuanki serayu. Yup, kuliner yang satu ini tersohor banget di Bandung. Kalau mau makan harus antre, kalau rame banget antreannya sampai ke tepi jalan :”)

Buat Kawan Muda yang belum tahu apa itu cuanki, sepintas makanan ini mirip dengan bakso Malang, isinya ada tahu putih yang dikasih isian aci, siomay bakso, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng. Terus diatasnya disiram kuah yang gurih dan diberi taburan daun bawang. Whoa, ini sedap banget, Kawan Muda wajib coba!

2. Batagor Kingsley

Lokasi: Jln. Veteran No.25, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung | via: ngiderngiler.com

Kamu memang bisa menemukan penjual batagor dengan mudah di Bandung, tapi enggak ada salahnya nih buat menjajal batagor yang udah legendaries. Yup, batagor kingsley! Kawan Muda mungkin berpikir semua batagor rasanya, ya, sama! Namun batagor legendaries yang satu ini memang punya citarasa tersendiri dikalangan pecinta batagor di Bandung.

Rasa batagor Kingsley ini agak sedikit berbeda dengan yang lain. Tahunya terasa lembut dan adonan acinya juga lezat, meskipun digoreng tapi rasanya tetap kenyal. Dipadu dengan bumbu kacangnya yang manis dan agak pedas, dijamin membuat lidah kamu bergoyang, hehe. Kalau kamu belum bisa move on dari batagor ini, jangan lupa beli batagor setengah matangnya buat oleh-oleh 😉

3. Bakmi Linggarjati

Lokasi: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Regol, Kota Bandung | via: eatinguntildiee.blogspot.com

Kuliner Bandung legendaris yang satu ini memang terletak di sebuah jalan sempit dan kalau dilihat sepintas, enggak ada yang spesial sih dengan kedainya yang tampak tua. Namun jangan salah, Kedai Bakmi Linggarjati ini menjual seporsi bakmi yang lembut, kenyal, tipis, dan porsinya besar!

Saking enaknya, orang bahkan rela, lho, parkir dan jalan jauh dari jalan raya demi menyantap seporsi bakmi dan bakso dengan kuah yang begitu gurih. Maknyos deh pokoknya! Kita Muda berani taruhan kalau kamu bakal ketagihan! Oh ya, selain bakminya, jangan lupa nyobain es alpukatnya yang sudah terkenal kelezatannya seantero Bandung!

4. Bubur Ayam Gibbas

Lokasi: Jln. Kebon Jati No.187, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung | via: myeatandtravelstory.wordpress.com

Hal yang terlintas di kepala saat menyantap seporsi bubur ayam di Bubur Ayam Gibbas adalah: ini bubur dengan taburan ayam atau ayam dengan taburan bubur? Hehe, bubur yang satu ini memang porsinya besar dan suwiran ayamnya melimpah bangets! Soal harga juga murah meriah, enggak heran kalau kedai bubur ini selalu ramai :”)

Banyak orang mengatakan bahwa bubur Gibbas ini merupakan bubur terenak di kota yang di Bandung. Selain karena porsinya besar dan taburan ayamnya enggak pelit, beras yang digunakan untuk membuat bubur adalah beras kebon jati yang kualitasnya bagus. Nah, ini bikin buburnya enak dinikmati meski enggak ditambahin bumbu. YUUM

5. Lotek Kalipah Apo

Lokasi: Jln. Kalipah Apo No. 42 Bandung | via: garnesia.com

Lotek adalah kuliner Bandung legendaris yang masih bertahan hingga sekarang. Kalau Kawan Muda pengin nyobain lotek Bandung yang enak, coba mampir ke Lotek Kalipah Apo yang terletak di Jalan Kalipah Apo. Lotek ini sudah terkenal sejak zaman baheula dan bahkan mungkin usianya lebih tua dari Kawan Muda, hehehe…

Lotek ini hampor mirip dengan gado-gado; isiannya sayuran dengan siraman bumbu kacang dan kerupuk udang sebagai pelengkap. Nah, selain lotek, kamu bisa memesan makanan lain seperti gado-gado, asinan sayur, asinan buah, rujak buah, dan rujak banci. Wuidiiih, menunya segar-segar semua, jadi kepengin deh….

6. Kedai Es Sekoteng Bungsu 29

Lokasi: Jln. Veteran No. 29, Kb. Pisang Sumur, Kota Bandung | via: tribunnews.com

Makan sekoteng kan biasanya panas atau hangat, kalau dingin, sudah nyobain belum? Penasaran kan gimana rasanya sekoteng kalau dikasih es batu? Kamu datang saja langsung ke Kedai Es Sekoteng Bungsu 29, yang merupakan pelopor sajian es skoteng di Bandung sejak 1960an.

Rasa sekoteng yang disajikan dingin ini ternyata enggak kalah enak dengan sekoteng yang hangat. Karena keunikan dan kelezatan rasanya, kedai sekoteng legendaris yang terletak di Jalan Veteran ini beberapa kali dikunjungi selebriti ternama ibu kota saat akhir pekan.

7. Roti Gempol Bandung

Lokasi: Jln. Gempol Wetan No.14, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung | via: satyawinnie.com

Roti Bakar Bandung memang ada di mana-mana, tapi kurang afdhol rasanya kalau enggak nyobain roti bakar yang dibikin di Bandung beneran! Kali saja rasanya ada yang beda, iya enggak?

Nah, kalau Kawan Muda pengin nyobain roti bakar legendaris di Bandung, hayuk merapat ke Roti Gempol. Kedai roti yang sudah berdiri sejak 1958 ini dibuat dengan resep turun temurun rotinya. Beberapa menu yang ditawarkan seperti Roti Bakar Manis, Roti Bakar Asin Keju + Telor, Roti Bakar Spesial (daging + telur / daging + keju), Roti Bakar Komplit (daging + telur + keju), Roti Isi dengan berbagai pilihan rasa, Roti Tawar, Pancake.

Nah, kamu bisa milih rotinya mau riti biasa atau roti gandum, dan porsinya pun bisa dibuat perseorangan atau rame-rame. Mantep, kan?

8. Nasi Bistik Astana Anyar

Lokasi: Jln. Astanaanyar, Nyengseret, Astanaanyar, Kota Bandung | via: dosenkuliner.com

Dilihat dari namanya seperti makanan yang dijajakan di restoran  mewah. Hehe, kamu ketipu kalau berpikir begitu. Nyatanya, Nasi Bistik Istana Anyar yang menjual menu nasi goreng spesial dengan daging bistik ini adalah kuliner kaki lima Bandung. Meski kuliner yang dijual dengan harga kaki lima, rasanya seperti hidangan hotel bintang lima, lho!

Rasa nasi gorengnya nendang, bistik ayamnya renyah, saus barbecue-nya jempolan, pokoknya ajib bangetlah . Selain nasi goreng bistik, ada menu yang enggak kalah nendang lainnya, seperti nasi cah jamur, nasi fuyunghai, nasi capcay, nasi kuluyuk, mie kuah, kwetiaw goreng, dan bihun goreng. Langsung bungkus yang banyak!

Itulah daftar kuliner Bandung legendaris yang banyak diburu wisatawan. Gimana, enggak sabar kan buat mencicipi satu per satu tempat makan di Bandung di atas? Buruan agendakan liburanmu ke Bandung, biar enggak kebawa mimpi makanannya :”)