Cara Membuat Salad Buah dan Sayur yang Enak bin Segar!

Salad adalah makanan yang sangat bagus untuk memelihara kesehatan tubuh. Selain segar, aman, dan menyehatkan, salad ini biasanya menjadi menu favorit untuk diet.

Salad buah bakal lebih enak dan nikmat kalau dimakan selagi dingin. Kamu juga bisa memilih sendiri buah yang kamu suka dengan cara bikin salad sendiri di rumah. Cara bikinnya gampang banget lho.

Selain salad buah segar, salad sayur juga nggak kalah populer. Salad sayur yang paling sederhana bisa kamu tiru dan temukan dari makan makanan Jepang. Banyak kok restoran ala Jepang yang membuat menu nasi, lauk, dan salad sebagai sayurnya.

Beruntung karena tidak ada satu pun negara yang mengklaim hidangan salad sebagai hidangan khasnya. Kecuali jika ada penyajian lain seperti potato salad yang diklaim khas Jerman atau gado-gado yang merupakan masakan khas Indonesia.

Mau diapain aja, salad selalu enak dan sehat. Simak yuk cara membuat salad yang paling mudah, hemat, sehat, dan nikmat seperti berikut ini!

Cara Membuat Salad Buah

cara membuat salad buah
Cara membuat salad buah | via: liputan6.com

Bahan:

Apel segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
Melon segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
Semangka 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Mangga segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
Pepaya segar 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Anggur segar 200 g, belah jadi dua dan buang bijinya
Stroberi segar 20 g, belah jadi empat
Jelly atau pudding kemasan 1 pcs, buat lalu dinginkan
Mayonaise 150 ml
Keju parut
Kental manis vanila 1 kaleng
Jeruk nipis (opsional)

Langkah pembuatan:

  1. Potong semua buah lalu masukkan dalam kulkas agar menjadi lebih segar dan dingin
  2. Campurkan buah-buahan dalam satu wadah
  3. Campur mayonaise, kental manis, dan air perasan jeruk nipis agar lebih segar
  4. Keluarkan salad dari kulkas
  5. Tuang saus salad dengan mayonaise, madu, atau saus rasa lain kesukaan
  6. Taburi parutan keju sesuai dengan selera
  7. Salad buah siap disajikan

Cara Membuat Salad Sayur

Cara Membuat Salad Sayur
Cara Membuat Salad Sayur | via arenamesin.com

Bahan:

Kentang 2 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Wortel 2 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Buncis 10 batang, potong 2 cm
Mentimun, potong tipis-tipis
Tomat merah 2 buah, buang bijinya, potong dadu
Daun selada secukupnya, robek kecil-kecil
Jagung manis 2 buah, cuci lalu serut
Mayonaise 150 ml
Keju parut
Kental manis vanila 1 kaleng
Jeruk nipis (opsional)

Langkah pembuatan:

  1. Kukus semua sayur kecuali selada hingga matang
  2. Setelah matang, dinginkan dahulu semua sayur dengan memasukkannya ke dalam kulkas
  3. Campurkan sayuran dalam satu wadah
  4. Campurkan mayonaise dan kental manis, air perasan jeruk nipis juga agar lebih segar
  5. Keluarkan salad dari kulkas
  6. Tuang saus salad
  7. Taburi parutan keju sesuai dengan selera
  8. Salad sayur siap disajikan

Cara Membuat Mayonaise Untuk Salad

Bahan:

Saus mustard 2 sdm
Minyak zaitun 300 ml
Kuning telur 2 buah
Air perasan jeruk nipis 1 sdm
Garam 1 sdt

Langkah pembuatan:

  1. Siapkan wadah, masukkan kuning telur dan saus mustard
  2. Kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah atau spatula hingga lembut dan tercampur rata
  3. Masukkan garam lalu kocok lagi
  4. Tuang minyak zaitun sedikit demi sedikit sembari terus dikocok
  5. Setelah adonan menjadi agak kaku atau mengental, tuang jeruk nipis. Kocok lagi.
    Jika dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan air
  6. Saus mayonaise buatan sendiri untuk salad buah dan sayur siap dikonsumsi

Tuh kan, apa Kita Muda bilang, emang gampang banget kan cara bikinnya? Cus deh buruan belanja bahan-bahan salad lalu bikin salad sendiri di rumah.

Lebih asyik lagi kalau kamu bisa jadikan ini sebagai bisnis. Banyak lho bisnis salad rumahan yang cukup berhasil. Eh tapi, daripada kejauhan mikir bisnis mending nikmati dulu aja deh saladnya.

Selamat makan, Kawan Muda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *