Salah satu sayur dengan kuah santan yang bisa bikin selera makan meningkat adalah sayur lodeh. Bumbu sayur lodeh yang enaknya kebangetan, ditambah isian nangka, kacang panjang, dan kadang diberi tahu juga, benar-benar menyatu sempurna dilidah.

Kalau yang suka pedas tinggal ditambah rawit di dalamnya atau bikin sambal terasi atau sambal tomat sendiri. Maknyuuus!

Mungkin Kawan Muda berpikir bikin sayur lodeh itu susah karena harus pakai santan. Namun sebenarnya bumbu sayur lodeh tuh enggak susah-susah banget, kok, dibikinnya. Apalagi sayur lodeh juga bisa tahan lama, jadi kalau sisa bisa dikulkas dan dihangatkan lagi. Buat anak kost sebenarnya membantu banget, sih, hehe.

Nah, kali ini Kita Muda bakal kasih tahu resep sayur lodeh rumahan yang bisa Kawan Muda coba di rumah. Yuk, langsung kita lihat resepnya 🙂

1. Sayur lodeh nangka atau sayur lodeh tewel komplet memang menggoda selera, ya. Penasaran bahan apa saja yang diperlukan dan bumbu sayur lodeh tewelnya? Berikut resep sayur lodeh tewel komplet yang bisa kamu coba di rumah!

Bumbu sayur lodeh tewel | via: Merdeka.com

Bahan:

  • 2000 cc santan dari 2 butir kelapa
  • 300 gram labu siam, potong
  • 200 gram nangka muda, potong
  • 100 gram daun melinjo muda
  • 8 kacang panjang yang dipotong-potong
  • 3 cm lengkuas
  • 3 buah cabai hijau, iris
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok makan garam
  • 2 sendok teh gula merah sisir (bisa diganti gula pasir)
  • 1 buah terong, potong

Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 2 cm kencur
  • 1/2 sendok teh terasi goreng
  • 1/2 sendok teh ketumbar

Cara membuat:

  1. Rebus santan, bumbu halus, daun salam dan lengkuas sampai harum.
  2. Masukkan nangka muda, gula merah, serta garam. kemudian rebus hingga matang.
  3. Masukkan labu siam, terong, kacang panjang, cabai hijau, dan daun melinjo. Masak hingga lodeh matang.

2. Selain berbahan dasar nangka muda alias tewel, Kawan Muda bisa menggantinya dengan labu siam atau manisa. Soal bumbu sebenarnya hampir sama sih dengan bumbu sayur lodeh Jawa pada umumnya.  Biar bisa langsung bikin, yuk intip resepnya di bawah ini.

Bumbu sayur lodeh manisa | via: vemale.com

Bahan (untuk 4 porsi):

  • 30 ml santan kental
  • 5 buah ceker ayam
  • 4 buah udang kupas
  • 4 cabai rawit, biarkan utuh
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 buah labu siam ukuran besar, potong korek api
  • 1/2 papan tempe, potong dadu, goreng setengah matang
  • 1/2 papan tahu, potong dadu, goreng setengah matang
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri
  • 1/2 ruas jari kunyit
  • 1 cabai merah

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit.
  2. Panaskan sedikit minyak, kemudian tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan serai, daun salam, dan cabai rawit, kemudian tumis sampai harum.
  3. Masukkan udang, kemudian tumis sampai berubah warna. Tambahkan air matang dan santan, lalu bumbui dengan gula dan garam secukupnya.
  4. Masak lodeh sampai ceker cukup empuk, kemudian masukkan labu siam. Tunggu sampai labu siam matang, kemudian angkat.

3. Selanjutnya ada resep sayur lodeh Jawa Timur. Biasanya, sayur lodeh Jawa Timur tuh bumbunya banyak dan pake beragam rempah. Oh ya, ada kerecek dan pete juga di dalamnya. Yuuum!

Bumbu sayur lodeh Jawa Timur | via: cookpad.com

Bahan:

  • 1200 ml air
  • 300 gram kerecek basah, potong serasi
  • 250 ml santan
  • 200 gram nangka muda, potong
  • 100 gram kacang panjang potong setelunjuk
  • 100 gram tempe potong dadu
  • 10 buah petai, belah dua
  • 8 lembar daun melinjo
  • 4 buah cabai hijau diiris menyerong
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 sendok teh gula pasir
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 buah cabai merah besar
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 ruas jari kunyit

Cara membuat:

  1. Panaskan air, kemudian rebus kerecek, daun salam, lengkuas, jahe, berikut garam dan gula sampai empuk.
  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan petai. Setelah petai layu, masukkan tumisan plus petai ke dalam rebusan.
  3. Masukkan nangka muda, kemudian masak hingga empuk. Terakhir tuangkan santan dan masak sampai mendidih.

4. Pernah nyobain sayur lodeh dengan bahan dasar rebung? Rasanya enggak kalah enak dari sayur lodeh tewel atau sayur lodeh manisa. Yuklah kita lihat apa saja bahan-bahan dan gimana cara pembuatan sayur lodeh rebung pedas berikut ini.

Bumbu sayur lodeh rebung pedas | via: vemale.com

Bahan:

  • 100 ml santan kental
  • 1/2 kg rebung, cuci bersih, rendam semalaman
  • 1/2 ikat kacang panjang
  • 2 biji daun jeruk
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 1 buah cabai merah
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/2 jempol kunyit

Cara membuat:

  1. Rebus rebung selama 10 menit, kemudian tiriskan airnya.
  2. Didihkan air kurang lebih 500 ml. Tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum, kemudian tuangkan ke rebusan air. Bumbui dengan gula dan garam.
  3. Masukan kacang panjang dan santan. Aduk hingga mendidih agar santan tidak pecah.
  4. Setelah kacang panjang matang, sayur lodeh siap dihidangkan.

Waduh, jadi kelaparan kan lihat resepnya saja? Yuk, masak!